Pelibatan Orang Tua di Sekolah Dasar: Upaya Kepala Sekolah dan Guru dalam Mencapai Tujuan Pendidikan

  • Three Rahmadona Universitas Negeri Padang
  • Desyandri Desyandri
  • Irda Murni
Kata kunci: Pelibatan, Orang Tua, Sekolah Dasar, Tujuan Pendidikan

Abstrak

Banyak orang tua yang kurang aktif dalam mengikuti perkembangan pendidikan anaknya di sekolah sehingga kepala sekolah dan guru di sekolah dasar harus memiliki strategi yang efektif untuk melibatkan orang tua dalam proses pendidikan anak. Tujuan artikel ini adalah untuk menjelaskan upaya kepala sekolah dan guru dalam mencapai tujuan pendidikan dengan pelibatan orang tua di Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif-deskriptif dengan pendekatan wawancara pada lima orang guru. Penelitian ini memiliki tiga prosedur, yaitu: orientasi, reduksi, dan seleksi. Ada tiga tahap dalam menganalisis data, yaitu tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa upaya yang dapat dilakukan oleh kepala sekolah dan guru dalam melibatkan orang tua untuk mencapai tujuan pendidikan di antaranya: membuat program keterlibatan orang tua secara berkala, komunikasi yang efektif, melibatkan orang tua dalam proses pembelajaran, memperkuat kepercayaan, mempertimbangkan kebutuhan orang tua, menyediakan kesempatan untuk memberikan umpan balik, memanfaatkan teknologi. Diharapkan dengan kerja sama antara kepala sekolah, guru, dan orang tua, dapat meningkatkan kualitas pendidikan anak sehingga mampu mencapai tujuan pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

Referensi

Aguirre Munoz, Z., & Lopez, I. (2020). Parental Involvement and Academic Achievement in Primary Education: A Systematic Review. Revista Electrónica Educare, 24(1), e1295. https://doi.org/10.15359/ree.24-2.14
Anwar, A. M., Bahri, S., & Muhaeimin. (2021). Peran Orang Tua Dalam Memotivasi Belajar Anak di Sekolah Impian Kecamatan Manggala Kota Makassar [Universitas Negeri Makassar]. In Pinisi Journal Of Education. http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22992
Azizah, N. (2020). Peranan Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Sekolah Dasar di Masa Pandemi Covid-19. Pedagogia Jurnal Ilmu Pendidikan, 18(1), 1–12. http://ejournal.upi.edu/index.php/pedagogia
Chen, J., Chen, W., & Tung, W. (2020). The Influence of Parental Involvement on Academic Achievement: A Meta-Analysis of Research in Taiwan. Asia Pacific Education Review, 21(3), 375–386. https://doi.org/10.10071256402096683
Hero, H., & Sni, M. E. (2018). Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V Di Sekolah Dasar Inpres Iligetang. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 1(2), 129–139. https://doi.org/10.26618/jrpd.v1i2.1568
Hidayani, Supriadi, Rusani, I., Anwar, Z., & Budiarti, M. I. E. (2021). Peran Guru Dan Orang Tua Dalam Membangun Pendidikan Anak di Sekolah Dasar Negeri 5 Pulau Raam. Abdimas: Papua Journal of Community Service, 3(2), 7–11. https://doi.org/10.33506/pjcs.v1i2.1399
Hulwaniyah, S. A. (2020). Peran Partisipasi Orang Tua Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di Mi Islamiyah Sampang. Rabbani: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.19105/rjpai.v1i1.3003
Kaffi, Z., Neviyarni, & Irdamurmi. (2021). Analisis Perkembangan Sosial Anak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 2612–2616. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v5i2.1260
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Buku Saku Orang Tua dan Wali Murid. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Moleong, L. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. In Metodologi Penelitian Kualitatif. In Rake Sarasin (38th ed., Issue March). Remaja Rosda Karya. https://scholar.google.com/citations?user=O-B3eJYAAAAJ&hl=en
Muspita, N. C. (2019). Model Pengembangan Modal Sosial Melalui Peran dan Partisipasi POT (Paguyuban Orang Tua) untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Jurnal Translirera, 8(1), 35–48. https://doi.org/https://doi.org/10.35457/translitera.v8i01.597
Mustadi, A. (2020). Landasan Pendidikan Sekolah Dasar. 2, 1–47. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=WZsPEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=landasan+pendidikan&ots=BarvE36OaI&sig=bVe_oqhwpEE4xx5QnCqRU_YCsVA
Nurochmah, A., Sutisnawati, A., & Wardana, A. E. (2019). Pengelolaan Satuan Pendidikan Dalam Rangka Mencetak Insan Generasi Muda yang Unggul di Sekolah Dasar. Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD, 3(2), 73–80. https://doi.org/https://doi.org/10.24853/holistika.3.2.73-80
Pemerintah RI. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Pham, H. T. H., & Dong, T. T. N. (2021). Parental Involvement and Students’ Academic Achievement in Vietnam: A Multilevel Analysis. International Journal of Educational Development, 84(1), 102405. https://doi.org/10.1016/j.ijedudev.2021.102405
Prasmasiwi, S., & Hidayat, M. T. (2022). Peran Orang Tua dalam Menumbuhkan Bakat Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5847–5852. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3139
Pratiwi, N. K. S. P. (2018). Pentingnya Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Karakter Anak Usia Sekolah Dasar. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 83. https://doi.org/https://doi.org/10.25078/aw.v3i1.908
Ruli, E. (2020). Tugas dan Peran Orang Tua Dalam Mendidk Anak. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(1), hlm.143–146. https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/428
Sari, R. K. (2018). Peran Orang Tua dalam Penyelenggaraan Pendidikan di Sekolah Dasar Lab School UNNES. Universitas Negeri Semarang.
Septiani, M., & Yusufi, A. (2020). Peran Guru dan Orang Tua Dalam Penerapan Gerakan Literasi Sekolah di SD Negeri Winduaji 03. Jurnal Dialektika, 10(2).
Sholehah, F. E. N., Hasanah, S. W., Anggraeni, R. A., & Rusdiana, U. (2022). Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Karakter Peserta Didik Sekolah Dasar. Seminar Nasional N-ConferSE III 2022, 103–114. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/37152
Singh, K., & Hussain, M. (2018). Parental Involvement in Early Childhood Education: A Review of the Literature. International Journal of Educational Research and Development, 7(2), 23–35.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (4th ed.). Alfabeta.
Suryabrata, S. (2018). Psikologi Pendidikan. PT Raja Grafindo Persada.
Wahyu Nugroho. (2022). Peran Orang Tua dalam Penanaman Nilai Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Pasca Pandemic Covid-19. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(3), 853–862. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.2791
Wardani, K., & Dwiningrum, S. I. (2021). Studi Kasus: Peran Orang Tua dalam Pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar Seruma. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 5(1), 69. https://doi.org/10.30738/wa.v5i1.6409
Winataputra, U. S. (2018). Landasan Pendidikan Sekolah Dasar. Universitas Terbuka.
Yuliarti, N. (2021). Pelibatan Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 10(1), 23–31.
Diterbitkan
2023-06-26
Bentuk Sitasi
Rahmadona, Three, Desyandri Desyandri, and Irda Murni. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 10, no. 2 (June 26, 2023): 352-364. Accessed October 4, 2023. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/1640.
Section
Articles