Peningkatan Hasil Belajar PPKn melalui Model Problem Based Learning Berbasis Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar
Abstrak
Rendahnya hasil belajar peserta didikĀ telah menjadi masalah di Kelas IV SD Negeri 102/II Sungai Kerjan. Itulah sebabnya penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didikĀ dengan menerapkan Problem Based Learning sebagai model pembelajaran berdasarkan kurikulum merdeka. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, dengan tahapan penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian yaitu peserta didik kelas IV SD Negeri 102/II Sungai Kerjan dengan 22 orang peserta didik. Data penelitian mengindikasikan bahwa hasil belajar peserta didik siklus I pada aspek pengetahuan dan keterampilan diperoleh rata-rata 79,01 (C) meningkat pada siklus II menjadi 90,39 (SB). Terlihat jelas bahwa terjadi peningkatan yang signifikan pada hasil belajar peserta didik. Hal ini menjadi bukti bahwa penerapan model Problem Based Learning berdasarkan kurikulum merdeka dapat efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.
Downloads
Referensi
Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Model Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.
Houtman, H. (2021). Pelatihan Penyusunan Proposal Penelitian Tindakan Kelas Di Man 1 Musi Banyuasin. KENDURI: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(1), 16-21.
Kurniawan, I. K., Parmiti, D., & Kusmariyatni, N. (2020). Pembelajaran IPA Dengan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Audio Visual Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 80-92. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28959
Kusumawati, I. T., Soebagyo, J., & Nuriadin, I. (2022). Studi Kepustakaan Kemampuan Berpikir Kritis Dengan Penerapan Model PBL Pada Pendekatan Teori Konstruktivisme. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 5(1), 13-18. https://doi.org/10.37081/mathedu.v5i1.3415
Mubaroq, M. H., Salam, R., & Hamkah, M. (2022). Peningkatan Hasil Belajar PPKn Melalui Model Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Pinisi Journal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 2(1),
Partini, P. (2021). Problem Based Learning in Civic Learning in First Grade Elementary. In Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series, 4(6), 1125-1132. https://doi.org/10.20961/shes.v4i6.70439
Pujiastuti, E. (2022). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn Di Kelas IV SD Negeri Labuang Baji 1 Makassar. Makassar: UMM.
Rahmi, R., & Erita, Y. (2022). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Kelas V Sekolah Dasar. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 2929-2943. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i2.617
Sari, R. R. (2016). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran PPKn (Penelitian Tindakan Kelas pada Materi Kasus Pelanggaran HAM Kelas X IIS II SMA PGRI 1 Bandung) (Doctoral dissertation, FKIP UNPAS).
Sihotang, H. (2020). Peningkatan Profesionalitas Guru Di Era Revolusi Industri 4.0 Dengan Character Building Dan Higher Order Thinking Skills (Studi Kasus Sekolah Di Kabupaten Nias Selatan). Jurnal Dinamika Pendidikan, 13(1), 68-78. https://doi.org/10.51212/jdp.v13i1.1370
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sukaptiyah, S. (2015). Peningkatan hasil belajar PKN melalui model problem based learning pada siswa kelas VI SD Negeri 1 Mongkrong, Wonosegoro. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 5(1), 114-121. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2015.v5.i1.p114-121
Sumarsih, I., Marliyani, T., Hadiyansah, Y., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8248-8258.https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3216
Yulistiana, Y., & Setyawan, A. (2020). Analisis Pemecahan Masalah Pembelajaran IPA menggunakan Model Problem Based Learning SDN Banyuajuh 9. Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 1(1).

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.