Upaya Guru dalam Menanamkan Akhlakul Karimah pada Anak Didik di TK Tahfidzul Qur’an Al Hikmah Sawah Sanggrahan Kecamatan Grogol Kabupaten Sukoharjo Tahun 2022
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui program penanaman akhlakul karimah, upaya guru dalam menanamkan akhlak sopan santun, serta upaya guru memilih metode dalam menanamkan akhlakul karimah pada anak didik TK Tahfidzul Qur’an Al Hikmah Sawah Sanggrahan Kecamatan Grogol Kabupaten Sukoharjo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dimana data diperoleh dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dan informan dalam penelitian ini adalah Kepala TK Tahfidzul Qur’an Al Hikmah, Guru, dan anak didik. Sumber data penelitian ini berasal dari dokumen arsip TU TK Tahfidzul Qur’an Al Hikmah. Teknik analisis data dilakukan melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik analisis data yang diterapkan melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa 1) Program penanaman akhlakul karimah pada anak didik TK Tahfidzul Qur’an Al Hikmah Sawah Sanggrahan Kecamatan Grogol Kabupaten Sukoharjo Tahun 2022 meliputi program pembiasaan, keteladanan, dan tolong menolong. 2) Upaya guru dalam menanamkan akhlak sopan santun pada anak didik TK Tahfidzul Qur’an Al Hikmah Sawah Sanggrahan Kecamatan Grogol Kabupaten Sukoharjo Tahun 2022 meliputi upaya membiasakan anak mengucapkan dan membalas salam, membiasakan diri berperilaku baik, membiasakan anak bertutur kata baik, serta mengucapkan doa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu. 3) Upaya guru memilih metode dalam menanamkan akhlakul karimah pada anak didik TK Tahfidzul Qur’an Sawah Sanggrahan kecamatan Grogol Kabupaten Sukoharjo Tahun 2022 meliputi metode bercerita dan ceramah, metode demonstrasi, metode pemberian tugas, serta metode tanya jawab.
Downloads
Referensi
Ahmadi, Abu dan Salimi, Noor. (2004). Dasar-dasar Pendidikan Agama Islam. Jakarta: PT Bumi Aksara
Al Maghribi bin Said Al Maghribi. (2004). Begini Seharusnya Mendidik Anak, Bandung: Darul Haq
Ali, Mohammad. (2006). Pendidikan Agama Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Alim, Muhammad. (2006). Pendidikan Agama Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
A R, Zahrudin, dan Hasanudin Sinaga. (2005). Pengantar Studi Akhlak. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Barmawie, Umary. (2005). Materi Akhlak. Solo: Ramadhani
Departemen Agama RI. (2005). Al-Qur’an dan Terjemahannya, Edisi Khat Madinah. Bandung: Syamil Cipta Media
Djamarah, Syaiful Bahri. (2010). Guru dan Anak Didik dalam Intraksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta
Hamka. (1990). Tasawuf Modern. Jakarta: Pustaka Panjimas
http:www.//id.shvoong.com/humanities/philosophy/2131075-pengertian-penalaran-induktif-deduktif. Diakses pada 1 April 2022. Pukul 20.00 WIB
Husain Usman, dan Purnomo Setiady Akbar. (2003) Metode Penelitian Sosial. Jakarta: Bumi Aksara
Mahfudz dan Rusmini. (2014). Budaya Santun yang Semakin Dilupakan. Tersedia dalam Ejournal. Unlam.ac.id/index.php/pkn/article/download/332/290. Diakses Pada 3 April 2022. Pukul 04.33
Muhaimin Darajad (05410060). (2009) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembinaan Akhlak Siswa-siswi SD Negeri Ungaran 1 Jogjakarta. Jogjakarta: Perpustakaan FITK UIN Sunan Kalijaga.
Muhammad. (2011). Metode Penelitian Bahasa. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media
M. Quraish Shihab. (2014). Tafsir Al-Misbah: Pesan, Kesan dan Keserasian Al-Qur’an. Jakarta: Lentera Hati
Nana Syaodih Sukamadinata. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosda Karya
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta
Suharsimi Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Rineka Cipta.
Sutrisno Hadi. (2004). Metodologi Research Jilid 2. Yogyakarta: Andi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.