Dampak Penggunaan Gadget terhadap Nilai Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VII B Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Matesih Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2022/2023
Abstrak
Artikel ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana dampak yang ditimbulkan dari penggunaan gadget pada hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa kelas VII B. Penelitian yang digunakan dalam artikel ini dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Tempat penelitian di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Matesih, Karanganyar dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subyek penelitian adalah siswa kelas VII B Sekolah Menengah Negeri 2 Matesih, Karanganyar yang berjumlah 5 orang. Penelitian ini dilatarbelakangi fakta semenjak adanya sistem pembelajaran dari rumah dengan menggunakan gadget yang dirasa mengalami peningkatan sangat drastis, hal ini tidak terlepas diantaranya usia anak-anak yang juga diwajibkan menggunakan gadget dalam proses pembelajaran, dimana seharusnya gadget dapat mendukung dan menunjang proses pembelajaran dengan baik justru sebaliknya malah seringkali disalahgunakan oleh anak, sehingga menimbulkan dampak tersendiri bagi anak, baik positif maupun negatif yang tentunya dapat juga dapat berdampak pada hasil belajar anak terutama dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Hasil penelitian ini ditunjukan dengan banyaknya penggunaan gadget pada siswa kelas VII B memberikan pengaruh negatif kepada anak serta adanya perubahan hasil belajar anak dalam mata pelajaran PAI.
Downloads
Referensi
Depdiknas RI, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta: Balai Pustaka, 2002), h. 852
Nita Monita Rini, dkk, Dampak Penggunaan gadget terhadap Perilaku Sosial Anak Usia Sekolah Dasar, (Jurnal Educatio: Vol. 7 No. 3, 2021), h. 2
Ai Farida, dkk, Optimasi Gadget dan Implikasinya terhadap Pola Asuh Anak, (Jurnal Inovasi Penelitian: Vol. 1 No. 8, 2021), h. 1707
Cut Medika Zellatifanny dan Bambang Mudjiyanto, Tipe Penelitian Deskripsi dalam Ilmu Komunikasi, (Jurnal Diakom: Vol. 1 No. 2, 2018), h. 84
Abdurrahman Fatoni, Metodelogi Penelitian dan Teknik Penyusunan Skripsi, (Jakarta: Rineka Cipt, 2011), h. 105

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.