Konsep Pendidikan Multikultural dalam Pandangan James a Banks
Abstrak
James A. Banks, profesor kulit hitam pertama yang dipekerjakan oleh College of Education dikenal di seluruh dunia karena beasiswa perintisnya di bidang pendidikan multikultural. Menurut Banks ada 5 dimensi Pendidikan multikultural yang harus ada dalam Pendidikan multikultural. Pertama integrasi Pendidikan multikultural dalam kurikulum, kedua kontruksi ilmu pengetahuan. Ketiga pengurangan prasangka, keempat. An equity pedagogy (Pedagogi kesetaraan), kelima pemberdayaan budaya sekolah dan struktur social. Banks dengan lima dimensi tersebut membuka jalan terang dalam menjawab perdebatan barat soal disparitas dan pengelompokan sebuah etnis dan budaya. Pendidikan multikultural Banks sangat cocok diterapkan pada spirit pendidikan nasional di seluruh dunia.
Downloads
Referensi
Dede Rosyada, Pendidikan Multicultural di Indonesia sebuah Pandangan Konsepsional, Sosio Didaktika: Vol. 1, No. 1 Mei 2014).
Ema, penerapan pendidikan Islam multikultural berbasis kearifan lokal di Pondok Pesantren Babussalam Kalibening Mojoagung Jombang dan Pondok Pesantren Mambaul Qur’an, Disertasi (Malang: 2020).
Firmasyah, D, Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Minat Belajar Tehadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Unsika Vo.3 No.2, 2015.
Freire, Paulo, Implementasi Pendidikan Multikultural di Madrasah Inklusi Madrasah Aliyah Negeri Manguwoharjo, Yogyakarta: IAIN Surakarta: Februari 2016), Jurnal Penelitian, Vol.10 No.1.
H.A.R. Tilaar, Multikulturalisme: Tantangan-tantangan besar masa depan dalam tranformasi Pendidikan Nasional, Jakarta: Gramedia, 2004, 140.
James A. Bank & Cherry A. McGee Banks, Multikultural Education: Issues and Perspective, United State of America: Willey, 2010, 22.
Mufiqur Rahman, Internalisasi Nilai Kesetaraan dalam Pendidikan Pesantren Muadalah, (Malang: disertasi, UNISMA 2021), 40.
James A. Bank, Multicultural Education: Development, Dimensions, and Challenges, (The Phi Delta Kappan, Vol. 75, No. 1 (Sep., 1993), 22-28.
Kathleen Lynch dan John Baker, Equality in Education: An Equality of Condition Perspective (Equality Studies Centre, University College Dublin. 2005), 131.
Luciana Castellia, Serena Ragazzia & Alberto Crescentinia, International Conference on Education and Educational Psychology (ICEEPSY 2012) Equity in education: a general overview (Procedia - Social and Behavioral Sciences 69 ( 2012 ) 2243 – 2250.
Mufiqur Rahman, et al. Eksplorasi Nilai-nilai Kesetaraan dalam Pendidikan Pesantren Mu’adalah (Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol. 8. N0. 1. 2020), 40.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.