Konsep Pendidikan Multikultural dalam Pandangan James a Banks

  • Dharma Ratna Purwasari Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
  • Waston Waston Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
  • Muh. Nur Rochim Maksum Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
Kata kunci: Konsep, Pendidikan, Multikultural

Abstrak

James A. Banks, profesor kulit hitam pertama yang dipekerjakan oleh College of Education dikenal di seluruh dunia karena beasiswa perintisnya di bidang pendidikan multikultural. Menurut Banks ada 5 dimensi Pendidikan multikultural yang harus ada dalam Pendidikan multikultural. Pertama integrasi Pendidikan multikultural dalam kurikulum, kedua kontruksi ilmu pengetahuan. Ketiga pengurangan prasangka, keempat. An equity pedagogy (Pedagogi kesetaraan), kelima pemberdayaan budaya sekolah dan struktur social. Banks dengan lima dimensi tersebut membuka jalan terang dalam menjawab perdebatan barat soal disparitas dan pengelompokan sebuah etnis dan budaya. Pendidikan multikultural Banks sangat cocok diterapkan pada spirit pendidikan nasional di seluruh dunia.

Downloads

Download data is not yet available.

Referensi

Azyumardi Azra, Pendidikan Multikultural; Membangun Kembali Indonesia Bhineka Tunggal Ika, dalam Tsaqafah, Vol. I, No. 2, 2003.
Dede Rosyada, Pendidikan Multicultural di Indonesia sebuah Pandangan Konsepsional, Sosio Didaktika: Vol. 1, No. 1 Mei 2014).
Ema, penerapan pendidikan Islam multikultural berbasis kearifan lokal di Pondok Pesantren Babussalam Kalibening Mojoagung Jombang dan Pondok Pesantren Mambaul Qur’an, Disertasi (Malang: 2020).
Firmasyah, D, Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Minat Belajar Tehadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Unsika Vo.3 No.2, 2015.
Freire, Paulo, Implementasi Pendidikan Multikultural di Madrasah Inklusi Madrasah Aliyah Negeri Manguwoharjo, Yogyakarta: IAIN Surakarta: Februari 2016), Jurnal Penelitian, Vol.10 No.1.
H.A.R. Tilaar, Multikulturalisme: Tantangan-tantangan besar masa depan dalam tranformasi Pendidikan Nasional, Jakarta: Gramedia, 2004, 140.
James A. Bank & Cherry A. McGee Banks, Multikultural Education: Issues and Perspective, United State of America: Willey, 2010, 22.
Mufiqur Rahman, Internalisasi Nilai Kesetaraan dalam Pendidikan Pesantren Muadalah, (Malang: disertasi, UNISMA 2021), 40.
James A. Bank, Multicultural Education: Development, Dimensions, and Challenges, (The Phi Delta Kappan, Vol. 75, No. 1 (Sep., 1993), 22-28.
Kathleen Lynch dan John Baker, Equality in Education: An Equality of Condition Perspective (Equality Studies Centre, University College Dublin. 2005), 131.
Luciana Castellia, Serena Ragazzia & Alberto Crescentinia, International Conference on Education and Educational Psychology (ICEEPSY 2012) Equity in education: a general overview (Procedia - Social and Behavioral Sciences 69 ( 2012 ) 2243 – 2250.
Mufiqur Rahman, et al. Eksplorasi Nilai-nilai Kesetaraan dalam Pendidikan Pesantren Mu’adalah (Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol. 8. N0. 1. 2020), 40.
Diterbitkan
2023-06-26
Bentuk Sitasi
Purwasari, Dharma, Waston Waston, and Muh. Rochim Maksum. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 10, no. 2 (June 26, 2023): 249-258. Accessed May 20, 2024. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/1746.
Section
Articles