Hubungan Penggunaan Media Pembelajaran P3Q dengan Minat Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN Nongkojajar I

  • Wasilatur Rizkiyah Putri Sholihah Universitas Yudharta Pasuruan, Jawa Timur
  • Muhammad Abdullah Universitas Yudharta Pasuruan, Jawa Timur
Kata kunci: Media Pembelajaran P3Q, Minat Belajar, Pendidikan Agama Islam

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan penggunaan media pembelajaran P3Q dengan minat belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI di SDN Nongkojajar I. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Metode pengambilan data melalui observasi dan penyebaran angket. Teknik analisis yang digunakan adalah uji korelasi yang berbantuan SPSS 23. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan positif dan signifikan antara penggunaan media pembelajaran P3Q dengan minat belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI di SDN Nongkojajar I. Hasil uji korelasi menunjukkan lebih besar dari 0,820 > 0,334. Kemudian dalam uji signifikansi menunjukkan nilai signifikansi 0,000 <  0,05.

Downloads

Download data is not yet available.

Referensi

Adawiyah, S. S. R., & Fahri, M. (2017). Hubungan penggunaan media pembelajaran dengan minat belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas IV MI al madani tajur Halang kab. Bogor. Attadib: Journal of Elementary Education, 1(2).
Amma, T., Setiyanto, A., & Fauzi, M. (2021). Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Peserta Didik. Edification Journal: Pendidikan Agama Islam, 3(2).
Handoko, D. (2016). Hubungan Antara Penggunaan Media KIT IPA Dengan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas 4 SD Negeri Se-Gugus III Pengasih Kulon Progo (Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta).
https://journal.student.uny.ac.id/index.p hp/pgsd/article/view/4992.
Hudaya, A. (2018). Pengaruh Gadget Terhadap Sikap Disiplin Dan Minat Belajar Peserta Didik. Research and Development Journal of Education, 4(2). https://doi.org/10.30998/rdje.v4i2.3380
Kusumastuti, A., Ahmad Mustamil Khoiron, M. P., & Taofan Ali Achmadi, M. P. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif. Deepublish. https://books.google.co.id/books?id=Zw8REAAAQBAJ
Payadnya, I. P. A. A. dan I. G. A. N. T. J. (2018). Panduan Penelitian Eksperimen Beserta Analisis Statistik Dengan SPSS. 1st ed.). Deepublish.
Rahmat, P. S. (2021). Psikologi Pendidikan. Bumi Aksara.
https://books.google.com/books?id=bo0mEAAAQBAJ
Ratnawati, D., Abidin, A. Z., & Zulfikar, E. (2020). Problematika Pembelajaran Al-Qur’an Di Era Industri Dalam Konteks Indonesia. Potensia: Jurnal Kependidikan Islam, 6(1).
Supriyono, S. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sd. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1).
Wardhani, L. K., Situmorang, R., & Kustandi, C. (2018). Pengembangan KIT Media untuk Merangsang Kreativitas Anak Kelas 4 SD. Jurnal Pembelajaran Inovatif, 1(2).
https://doi.org/10.21009/jpi.012.04
Diterbitkan
2023-06-26
Bentuk Sitasi
Putri Sholihah, Wasilatur, and Muhammad Abdullah. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 10, no. 2 (June 26, 2023): 291-300. Accessed October 4, 2023. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/1749.
Section
Articles