Implementasi Strategi Inkuiri Berbasis Metode Brainstorming pada Mata Pelajaran PAI di SMK PGRI Pandaan – Pasuruan
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi strategi inkuiri berbasis metode brainstorming pada mata pelajaran PAI di SMK PGRI Pandaan-Pasuruan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah penggunaan strategi inkuiri berbasis brainstorming dapat dikatakan berjalan dengan baik. Hal ini dibuktikan dengan observasi yang dilakukan peneliti langsung, dan hasil wawancara dengan guru PAI, waka kurikulum, serta peserta didik yang telah dilaksanakan oleh peneliti.
Downloads
Referensi
http://www2.irib.ir/worldservice/melayu
Dhamayanti, P. V. (2022). Systematic literature review: Pengaruh strategi pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Indonesian Journal of Educational Development, 3(2),.
https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/ijed/article/view/1966/1530
Erma, S. D. (2021). Implementasi Metode Brainstorming Dalam Meningkatkan Kemampuan Menyatakan Pendapat Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas X Man 1 Lampung Barat. UIN Raden Intan Lampung.
Fazila, S. (2017). Penerapan Metode Brainstorming Dalam Pembelajaran IPA Kritis Mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Almuslim Diterima 25 Juni 2017 / Disetujui 30 Agustus 2017. Jurnal JESBIO, 4(2).
Hamdani, R. H., & Islam, S. (2019). Inovasi Strategi Pembelajaran Inkuiri dalam Pembelajaran. Palapa, 7(1).
https://doi.org/10.36088/palapa.v7i1.180
Hendracipta, N., Syachruroji, A., & Hermawilda, H. (2017). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Antara Yang Menggunakan Srategi Inkuiri Dengan Strategi Ekspositori. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(1).
https://doi.org/10.30870/jpsd.v3i1.1137
Karim, A. (2017). Penerapan Metode Brainstorming Pada Matapelajaran Ips Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kelas VIII Di SMPN 4 Rumbio Jaya. Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi FKIP UIR, V(1).
Khaulani, F., Noviana, E., & Witri, G. (2019). Penerapan Metode Brainstorming Dengan Bantuan Media Gambar Grafis Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn Siswa Kelas V SD Negeri 009 Pulau Kecamatan Bangkinang Kabupaten Kampar. Jurnal Pajar (Pendidikan Dan Pengajaran), 3(1).
https://doi.org/10.33578/pjr.v3i1.6305
Luthfiyah, M. F. (2018). Metodologi penelitian: penelitian kualitatif, tindakan kelas & studi kasus. CV Jejak (Jejak Publisher).
https://books.google.co.id/books?id=UVRtDwAAQBAJ
Prasetiyo, M. B., & Rosy, B. (2020). Model Pembelajaran Inkuiri Sebagai Strategi Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(1). https://doi.org/10.26740/jpap.v9n1.
Sanjani, M. A. (2019). Pelaksanaan Strategi Pembelajaran Inkuiri. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 8(2).
Sunandar, D., & Effendi, E. (2018). Penerapan Metode Brainstormingpada Pembelajaran Fisika Materi Wujud Zat. JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika Dan Riset Ilmiah), 2(1), 38–42. https://doi.org/10.30599/jipfri.v2i1.209
Usman, F. (2021). Implementasi Pembelajaran Inkuiri Dalam Pembelajaran Fikih kelas VIII di Pondok Pesantren Al Urwatul Wutsqaa Sidrap. IAIN Parepare.
Warmi, A. (2016). Pengaruh Penggunaan Strategi Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematik Peserta Didik (Penelitian terhadap Peserta Didik Kelas V SDN Paturaman Desa Sukaratu Kecamatan Wanaraja Kabupaten Garut Tahun Pelajaran 2013/2014). Jurnal Cakrawala Pendas, 2(1).
Winanto, A., & Makahube, D. (2016). Implementasi Strategi Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas 5 Sd Negeri Kutowinangun 11 Kota Salatiga. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(2).
https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i2.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.