Peningkatan Keterampilan Kerjasama Siswa dengan Menggunakan Model Decision Making Siswa Sekolah Dasar
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan kerjasama siswa pada pembelajaran IPS di kelas V SD Muhammadiyah 019 Bangkinang Kota, Kecamatan Bangkinang Kota, Kabupaten Kampar. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menggunakan model decision making. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan kerjasama siswa pada pembelajaran IPS letak geografis Indonesia menggunakan model decision making. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan dan empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Waktu penelitian dilaksanakan mulai bulan Mei 2023. Subjek penelitian adalah siswa kelas V yang berjumlah 28, yang terdiri dari 28 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data berupa dokumentasi dan observasi. Hal ini sebelum dilakukan tindakan kemampuan kerjasama siswa adalah 39, 28%. setelah dilakukan tindakan pada siklus I meningkat menjadi 60,71%. Sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 82,14%. Dengan demikian dapat disimpulkan dengan menggunakan model decision making dapat meningkatkan keterampilan kerjasama siswa pada pembelajaran IPS materi letak geografis Indonesia SD Muhammadiyah 019 Bangkinang Kota.
Downloads
Referensi
Angraini, L. (2019). Penerapan Model Example Non Example untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas V di SDN 64 Bengkulu Selatan.
Arikunto, S., Suhadjono, & Supardi. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Awaliyah, S. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Make A Match untuk Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Siswa pada Tema Kewajiban dan Hakku di Kelas III SDN 018 Kasikan Kecamatan Tapung Hulu Kabupaten Kampar.
Dewi, S. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Decision making Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA Kelas IV SD Inpres Tabbinjai Kecamatan Bontonompo Kabupaten Gowa.
Fauziyah, S., & Hendriani, A. (2019). Peningkatan Keterampilan Kerjasama Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Teams Games Tournament Kelas Iii Sekolah Dasar. Jpgsd, 4(2), 196–210. http://ejournal.upi.edu/index.php/jpgsd/index
Hadaina, N., Widiana, I. W., & Astawan, I. G. (2021). Pengembangan Instrumen Kemampuan Kerjasama Anak Kelompok B. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(1), 8–12. https://doi.org/10.23887/jlls.v4i1.31116
Indasah, U. (2022). Pengaruh Model Decision Making Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Matematis Ditinjau dari Kemampuan Computer Self Efficacy Di SMPN 1 Buay Bahuga.
L, D. P. F. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Decision making untuk Meningkatkan Sikap Sosial Kerjasama pada Pembelaaran IPS Peserta Didik Kleas IV SD Negeri Munggung 1 Surakarta Tahun Ajaran 2018/2019.
Latifah, U. (2017). Peningkatan Pemahaman Konsep IPS Melaui Penerapan Metode Active Learning Index Card Match pada Siswa Kelas VA Ngoto Tahun Pelajaran 2016/2017.
Marlina, Y. (2021). Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Model Guided Discovery Learning Dalam Materi Kerja Sama pada Siswa Kelas V SD Negeri 133 Halmahera Selatan. Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 53–61. http://jurnal.stkipkieraha.ac.id/index.php/pendas/article/view/192
Maysaroh, F. (2021). Penerapan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Sekolah Dasar.
Novia, A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Decision Making Berbantuan Poster pada Materi Biologi Terhadap kemampuan Berfikir Kreatif Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Al-Mukhlisin Batu Bara.
Nurhasanah. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Decision making untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kleas IV D Sekolah Dasar Negeri 42 Kecamatan Marpoyan Damai Pekanbaru.
Nursahira. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Take and Give untuk Meningkatkan Keterampilan Kerja Sama Siswa Sekolah Dasar.
Nurul, S., & Salmah, N. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Decision making Terhadap Kemampuan Menulis Teks Persuasi Siswa Kelas VII MTS Al-Ulum Tahun Pelajaran 2019/2020. 21(1).
Pratama, H. (2018). Penignkatan Hasil Belajar dan Kerja Sama Dalam Mata Pelajaran IPD Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Siswa Kleas III B SDN Condongcatur.
Prihatin, K. S. (2018). Penerapan Decision making untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Akuntansi. Progress: Jurnal Pendidikan, Akuntansi dan Keuangan, 1(1), 52–65. https://doi.org/10.47080/progress.v1i1.129
Puspitasari, M. (2022). Kerjasama Dalam Lembaga Pendidikan Berdasarkan Tafsir Al-Qur’an Surat Al-Maidah Ayat 2. LEARNING : Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(3), 209–221. https://doi.org/10.51878/learning.v2i3.1521
Satria, H., Nurmalina, & Kusuma, Y. Y. (2021). Penerapan Model Treasure Hunt Untuk Meninngkatkan Keterampilan Kerjasama Siswa Sekolah Dasar Kelas IV SDM 002 Penyasawan Kecamatan Kampar. IRJE : Indonesian Research Journal on Education, 1(1), 11–24.
Setiaji, B. (2022). Peningkatan Sikap Kerjasama Dalam Pembelajaran Tematik Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together Pada Siswa Kelas IV SD Tarbiyatul Islam Kortosari, Ponorogo.
Silvana, D. (2020). Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Bamboo Dancing Pada Murid Kelas IV SD Negeri 1 Lopok Kabupaten Sumbawa.
Surya, Y. F. (2018). Penerapan Model Number Head Together untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Kelas IV SD. Jurnal Basicedu, 2(1), 135-139.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.