Penerapan Strategi Small Group Discussion Berbantuan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa Kelas V Sekolah Dasar

  • Putri Islami Sunarsi Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Rizki Ananda Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Yenni Fitra Surya Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • M. Syahrul Rizal Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Iis Aprinawati Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
Kata kunci: Strategi Small group discussion, Media Audio Visual, Keterampilan Sosial

Abstrak

Penelitian ini dilaterbelakangi oleh rendahnya keterampilan sosial siswa kelas V SDN 004 Pulau Terap. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa kelas V UPT SD Negeri 004 Pulau Terap yang berjumlah 15 peserta didik. Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus pembelajaran. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dan empat tahap pembelajaran yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Waktu penelitian dilaksanakan pada bulan Juni 2023. Teknik pengumpulan data berupa dokumentasi, observasi dan tes. Sedangkan tekhnik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuntitatif. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil keterampilan sosial siswa kelas V UPT SD Negeri 004 Pulau Terap pada pratindakan dengan persentase ketuntasan belajar 33,33%. Pada siklus 1 pertemuan I dengan persentase ketuntasan belajar 40% dan pada siklus 1 Pertemuan II mengalami peningkatan dengan persentase ketuntasan belajar 60%. Pada siklus 2 pertemuan I mengalami peningkatan juga dengan persentase ketuntasan belajar 66,67%, dan pada siklus 2 pertemuan II mengalami peningkatan lagi dengan persentase ketuntasan belajar 86,67%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan strategi small group discussion berbantuan media audio visual dapat meningkatkan keterampilan sosial siswa kelas V SDN 004 Pulau Terap.

Downloads

Download data is not yet available.

Referensi

Alwansyah, A., Purnomo, E., & Pargito, P. (2015). Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa Dengan Menggunakan Model Simulasi. Jurnal Studi Sosial/Journal of Social Studies, 3(1).
Ananda, R. (2017). Penerapan Pendekatan Problem Solving untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas IV SD. Jurnal Sekolah, 1(2), 66-75.
Aprinawati, I. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Story Telling Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 1(2), 42-51.
Arikunto, S., Suhardjono., & Suparni. (2017). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta:PT Bumi Aksara.
Bakhtiar, M. I. (2015). Pengembangan Video Ice Breaking Sebagai Media Bimbingan Konseling dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial. Jurnal Psikologi Pendidikan & Konseling, 1(2), 150-162.
Dewi, S., Sumarmi, S., & Amirudin, A. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Keterampilan Sosial Siswa Kelas V SDN Tangkil 01 Wlingi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(3), 281–288.
Fahri, M. (2016). Pengaruh Penggunaan Media audio visual Terhadap Peningkatan Hasil Belajar IPA di MIN Kroya Cirebon. Al ibtida, 3(1).
Halidin. (2020). Pengaruh Strategi Pembelajaran Small Group Discussion Terhadap Hasil Belajar Matematika. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(2), 248-257.
Iswaningtyas, V. (2017). Penerapan Metode Bermain Peran untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Anak. Jurnal Efektor.
Kunandar. (2013). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Kariwari. Jurnal Pendidikan Agama Katolik Dan Pastoral, 2(2), 3–106.
Maryen, R. (2017). Penerapan Model Inkuiri Sosial Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS. Basic Education, 6(8), 817–823.
Nurlaelasari, V. S., & Rosidah, A. (2020). Model Pembelajaran Small Group Discussion Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPA. Seminar Nasional Pendidikan, 5(3), 26-32.
Lasmawan, W. (2014). Menelisik Pendidikan IPS dalam Perspektif Kontekstual-Empiris. 381.
Supriyanto, D. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Small Group Discussion Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Materi Dunia Tumbuhan dan Dunia Hewan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 2(1), 298-305.
Suriani, A. I., & Nenowati, S. (2020). Penerapan Strategi Pembelajaran Small Group Discussion Dampaknya Terhadap Hasil Belajar Terhadap Ilmu Pengetahuan Sosial Studi Pada Murid Kelas V SD Negeri Sungguminasa III Kabupaten Gowa. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 5(1), 51-60.
Surya, Y. F. (2018). Penerapan Model Number Head Together untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Kelas IV SD. Jurnal Basicedu, 2(1), 135-139.
Ummah, N. A. (2018). Penerapan Strategi Small Group Discussion untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas IV. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar (JPGSD), 6(3), 322-331.
Zubaidah, Putra, R. S., & Fithriani. (2020). Lightening The Learning Climate Sebagai Upaya Mewujudkan Pembelajaran yang Menyenangkan bagi Mahasiswa Program Studi Ilmu Perpustakaan UIN Ar-Raniry pada Mata Kuliah Bahasa Inggris dengan Menggunakan Aplikasi Zoom. Indonesian Journal of Library and Information Science, 1(1), 52-62.
Diterbitkan
2023-09-28
Bentuk Sitasi
Sunarsi, Putri, Rizki Ananda, Yenni Surya, M. Rizal, and Iis Aprinawati. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 10, no. 3 (September 28, 2023): 555-568. Accessed October 14, 2024. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/1766.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>