Peningkatan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) di Kelas IV MIN Sunggal

  • Neliwati Neliwati Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan
  • Rolin Fadilah Hasibuan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan
  • Adinda Suciyandhani Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan
Kata kunci: Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW), Hasil Belajar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di Kelas IV MIN Sunggal Kabupaten Kota Medan sebelum penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW). Untuk  peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di Kelas IV MIN MIN Sunggal Kabupaten Kota Medan, Sesudah penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 Siklus yang setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi.

Berdasarkan hasil penelitian dapat di ambil kesimpulan bahwa Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di Kelas IV MIN MIN Sunggal Kabupaten Kota Medan sebelum penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) diketahui pada pra siklus tindakan  diperoleh rata-rata 46,5. Dengan siswa yang tuntas sejumlah 4 siswa (20,00%) dan tidak tuntas 16 siswa (80,00%). (2)  Hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di Kelas IV MIN Sunggal Kabupaten Kota Medan Sesudah penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW). Diketahui pada tindakan siklus I  diperoleh rata-rata 58.5. Dengan siswa yang tuntas sejumlah 7 siswa (35,00%) dan tidak tuntas 13 siswa (65,00%), tindakan siklus II diperoleh rata-rata 76.5. Dengan siswa yang tuntas sejumlah 18 siswa (90,00%) dan tidak tuntas 2 siswa (10,00%). Berdasarkan data yang diperoleh tersebut maka dapat dijelaskan bahwa siswa Kelas IV MIN Sunggal Kabupaten Kota Medan memperoleh hasil belajar yang meningkat.

Downloads

Download data is not yet available.

Referensi

Abdul Majid, Model Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya. 2014.
Abudin Nata, Ilmu Pendidikan Islam. Cet. II Jakarta: Kencana 2012 .
Ahmad Susanto, Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2013.
Aqib, Zainal, Penelitian Tindakan Kelas. Bandung : CV. Yrama Widya, 2009.
Eva Ratnawati, Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar IPA Melalui Strategi Think Talk Write (TTW) pada Siswa Kelas IV B MIN Andong Tahun Pelajaran 2011/2012, Skipsi, (Fakultas Kegururuan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2012.
I Ketut Suparya, Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) Terhadap Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar.
Istarani, 50 Tipe Pembelajaran Kooperatif. Medan: CV Medan Persada, 2014.
Kementrian Agama, Al-Qur’an, Surah dan Terjemahnya. Cet. V; Februari, 2013.
Kunandar, Langkah Mudah PTK Sebagai Pengembang Profesi Guru. Jakarta:Rajawali Pers,2011.
Miftahul Huda, Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2014)
Nana Sudjana, Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru, 2013.
Rosma, Hartini Sam`s, Model Penelitian Tindakan Kelas (teknik bermain konstruktif untuk meningkatkan hasil belajar matematika), Yogyakarta : Teras, 2010
Rusman, Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru Cet. VI Jakarta: Rajawali Pers 2016.
Aqib, Zainal, Penelitian Tindakan Kelas, (Bandung : CV. Yrama Widya, 2009)
Suharsimi Arikunto, et.al., Penelitian Tindakan Kelas, (Jakarta : PT. Bumi Aksara, 2007
Ahmad Susanto, Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar, (Jakarta, Kencana, 2016)
Diterbitkan
2023-09-28
Bentuk Sitasi
Neliwati, Neliwati, Rolin Hasibuan, and Adinda Suciyandhani. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 10, no. 3 (September 28, 2023): 631-640. Accessed April 24, 2024. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/1786.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)