Peningkatan Keterampilan Menulis Iklan dengan Menerapkan Model Pembelajaran Think Pair Share Berbantuan Media Pop Up Book Sekolah Dasar
Abstrak
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil keterampilan menulis iklan siswa kelas V tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis iklan siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 006 Karya Bhakti dengan model pembelajaran Think pair share. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 006 Karya Bhakti. Su
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil keterampilan menulis iklan siswa kelas V tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis iklan siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 006 Karya Bhakti dengan model pembelajaran Think pair share. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 006 Karya Bhakti. Subjek yang digunakan sebanyak 16 orang siswa yang terdiri dari 9 orang siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam dua siklus yang setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Instrumen pengumpulan data dilakukan dengan tes menulis iklan, lembar observasi guru dan siswa sebagai tingkat keterlaksanaan dan pencapaian dalam menggunakan model Pembelajaran Think pair share. Teknik analisis data dilakukan secara deskripsi kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui terdapat peningkatan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa pada muatan pelajaran Bahasa Indonesia. Data awal pratindakan ketuntasan belajar 35%, pada siklus I pertemuan I meningkat menjadi 38%, siklus I pertemuan II meningkat menjadi 44% kemudian pada siklus II pertemuan I meningkat menjadi 69%, dan siklus II pertemuan II meningkat lagi menjadi 81%. Dengan demikian dapat disimpulkan dengan model pembelajaran Think pair share dapat meningkatkan Keterampilan Menulis Iklan Siswa Kelas V SDN 006 Karya Bhakti.
bjek yang digunakan sebanyak 16 orang siswa yang terdiri dari 9 orang siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam dua siklus yang setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Instrumen pengumpulan data dilakukan dengan tes menulis iklan, lembar observasi guru dan siswa sebagai tingkat keterlaksanaan dan pencapaian dalam menggunakan model Pembelajaran Think pair share. Teknik analisis data dilakukan secara deskripsi kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui terdapat peningkatan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa pada muatan pelajaran Bahasa Indonesia. Data awal pratindakan ketuntasan belajar 35%, pada siklus I pertemuan I meningkat menjadi 38%, siklus I pertemuan II meningkat menjadi 44% kemudian pada siklus II pertemuan I meningkat menjadi 69%, dan siklus II pertemuan II meningkat lagi menjadi 81%. Dengan demikian dapat disimpulkan dengan model pembelajaran Think pair share dapat meningkatkan Keterampilan Menulis Iklan Siswa Kelas V SDN 006 Karya Bhakti.
Kata Kunci: Keterampilan Menulis Iklan, Model Pembelajaran Think pair share, dan Bahasa Indonesia.
Downloads
Referensi
Ananda, R. (2017). Penerapan Pendekatan Problem Solving untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas IV SD. Jurnal Sekolah, 1(2), 66-75.
Aprinawati, I. (2018). Penggunaan Model Peta Pikiran (Mind Mapping) untuk Meningkatkan Pemahaman Membaca Wacana Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 2(1), 140-147.
Arikunto, S., & Suhardjono. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Rineka Cipta.
Asori, I. (2018). Jejak Inovasi Pembelajaran IPS. Yogyakarta: Leutikaprio hlm 15.
Fauyan, Muchamad. (2018). “Implementasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Dalam Kurikulum 2013 Di Sd/Mi Kota Pekalongan.†Jurnal Komposisi 3(2): 96.
Rahmawati. (2014). Pengaruh media pop-up book terhadap penguasaan kosakata anak usia 5-6 tahun di TK Putera Harapan Surabaya. Paud Teratai, 3(1).
Rachmawati, Alifia, and Erwin Erwin. (2022). “Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Berbantuan Media Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar.†Jurnal Basicedu 6(4): 7637–43.
Santoso, Doni Anggoro Ari, Zumrotul Muniroh, and Nurul Akmaliah. (2019). “Pengaruh Penggunaan Media Gambar Terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris.†KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra 2(2): 181–94.
Surya, Y. F. (2018). Penerapan Model Number Head Together untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Kelas IV SD. Jurnal Basicedu, 2(1), 135-139.
Tarigan, H. G. (1993). Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Umi Hanifah, T. (2014). Pemanfaatan media pop-up book berbasis tematik untuk meningkatkan kecerdasan verbal-linguistik anak usia 4-5 tahun (studi eksperimen di TK negeri pembina bulu temanggung). BELIA: Early Childhood Education Papers, 3(2).
Pradani, Tatsa Galuh. 2022. “Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall Untuk Meningkatkan Minat Dan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar.†Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan 1(5): 452–57.
Yusita, Ni Ketut Pebry, Ni Wayan Rati, and Desak Putu Pajarastuti. (2021). “Model Problem Based Learning Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia.†Journal for Lesson and Learning Studies 4(2): 174–82.
gustin, M. (2017). Peningkatan Kemampuan Menulis Resensi Novel Menggunakan Strategi Pemodelan. Diksatrasia. Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(2), 273-275.
Ananda, R. (2017). Penerapan Pendekatan Problem Solving untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas IV SD. Jurnal Sekolah, 1(2), 66-75.
Aprinawati, I. (2018). Penggunaan Model Peta Pikiran (Mind Mapping) untuk Meningkatkan Pemahaman Membaca Wacana Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 2(1), 140-147.
Arikunto, S., & Suhardjono. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Rineka Cipta.
Asori, I. (2018). Jejak Inovasi Pembelajaran IPS. Yogyakarta: Leutikaprio hlm 15.
Fauyan, Muchamad. (2018). “Implementasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Dalam Kurikulum 2013 Di Sd/Mi Kota Pekalongan.†Jurnal Komposisi 3(2): 96.
Rahmawati. (2014). Pengaruh media pop-up book terhadap penguasaan kosakata anak usia 5-6 tahun di TK Putera Harapan Surabaya. Paud Teratai, 3(1).
Rachmawati, Alifia, and Erwin Erwin. (2022). “Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Berbantuan Media Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar.†Jurnal Basicedu 6(4): 7637–43.
Santoso, Doni Anggoro Ari, Zumrotul Muniroh, and Nurul Akmaliah. (2019). “Pengaruh Penggunaan Media Gambar Terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris.†KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra 2(2): 181–94.
Surya, Y. F. (2018). Penerapan Model Number Head Together untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Kelas IV SD. Jurnal Basicedu, 2(1), 135-139.
Tarigan, H. G. (1993). Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Umi Hanifah, T. (2014). Pemanfaatan media pop-up book berbasis tematik untuk meningkatkan kecerdasan verbal-linguistik anak usia 4-5 tahun (studi eksperimen di TK negeri pembina bulu temanggung). BELIA: Early Childhood Education Papers, 3(2).
Pradani, Tatsa Galuh. 2022. “Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall Untuk Meningkatkan Minat Dan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar.†Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan 1(5): 452–57.
Yusita, Ni Ketut Pebry, Ni Wayan Rati, and Desak Putu Pajarastuti. (2021). “Model Problem Based Learning Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia.†Journal for Lesson and Learning Studies 4(2): 174–82.
Agustin, M. (2017). Peningkatan Kemampuan Menulis Resensi Novel Menggunakan Strategi Pemodelan. Diksatrasia. Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(2), 273-275.
Ananda, R. (2017). Penerapan Pendekatan Problem Solving untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas IV SD. Jurnal Sekolah, 1(2), 66-75.
Aprinawati, I. (2018). Penggunaan Model Peta Pikiran (Mind Mapping) untuk Meningkatkan Pemahaman Membaca Wacana Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 2(1), 140-147.
Arikunto, S., & Suhardjono. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Rineka Cipta.
Asori, I. (2018). Jejak Inovasi Pembelajaran IPS. Yogyakarta: Leutikaprio hlm 15.
Fauyan, Muchamad. (2018). “Implementasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Dalam Kurikulum 2013 Di Sd/Mi Kota Pekalongan.†Jurnal Komposisi 3(2): 96.
Rahmawati. (2014). Pengaruh media pop-up book terhadap penguasaan kosakata anak usia 5-6 tahun di TK Putera Harapan Surabaya. Paud Teratai, 3(1).
Rachmawati, Alifia, and Erwin Erwin. (2022). “Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Berbantuan Media Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar.†Jurnal Basicedu 6(4): 7637–43.
Santoso, Doni Anggoro Ari, Zumrotul Muniroh, and Nurul Akmaliah. (2019). “Pengaruh Penggunaan Media Gambar Terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris.†KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra 2(2): 181–94.
Surya, Y. F. (2018). Penerapan Model Number Head Together untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Kelas IV SD. Jurnal Basicedu, 2(1), 135-139.
Tarigan, H. G. (1993). Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Umi Hanifah, T. (2014). Pemanfaatan media pop-up book berbasis tematik untuk meningkatkan kecerdasan verbal-linguistik anak usia 4-5 tahun (studi eksperimen di TK negeri pembina bulu temanggung). BELIA: Early Childhood Education Papers, 3(2).
Pradani, Tatsa Galuh. 2022. “Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall Untuk Meningkatkan Minat Dan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar.†Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan 1(5): 452–57.
Yusita, Ni Ketut Pebry, Ni Wayan Rati, and Desak Putu Pajarastuti. (2021). “Model Problem Based Learning Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia.†Journal for Lesson and Learning Studies 4(2): 174–82.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.