Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Komik untuk Meningkatkan Kreatifitas Anak di SD IT Al-Anshar Tanjung Pura
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pengembangan pada bahan ajar komik untuk meningkatkan kreatifitas pada anak kelas III di SD IT Al Anhar Tanjung Pura. Jenis penelitian yang digunakan adalah pengembangan (Research and Development) yang menggunakan model desain pengembangan ADDIE. Model ini disusun secara terprogram dengan urutan-urutan kegiatan yang sistematis sebagai upaya pemecahan masalah belajar yang berkaitan dengan sumber belajar yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik peserta didik. Desain pengembangan model ini memiliki 5 langkah pengembangan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa produk bahan ajar berbasis media komik ini layak untuk digunakan dan efektif dalam meningkatkan kreatifitas siswa, secara khusus pada mata pelajaran Tematik Tema 7 Materi Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi.
Downloads
Referensi
Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Bonnef, M. (1998). Komik Indonesia. Penerbit KPG.
Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–42. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124
Cresswell, JW (2015). Educational research Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. New York: Pearson Education
Giyanti, G. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Untuk 115 Peserta Didik Tunarungu SMP-LB Pada Materi Gerak Dan Gaya (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
Hughes,Arthur. (1989). Testing for Language Teacher. Cambridge: Cambridge University Press.
Kusrianto, A. (2007). Pengantar Desain Komunikasi Visual. Penerbit Andy.
Maharsi, I. (2010). Komik Dunia Kreatif Tanpa Batas. Penerbit Kata Buku.
McCloud, S. (2002). Understanding Comics. Penerbit KPG.
Negara, H. S. (2014). Penggunaan Komik Sebagai Media Pembelajaran Terhdp Upaya Meningkatkan Minat Matematika Sswa Sekolah Dasar (SD/MI). Terampil: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 1(2), 250–259.
Nisa, Titin Faridatun dan Yulias Wulani Fajar. 2016. Strategi Pengembangan Kreativitas Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Pembelajaran. PG-PAUD Trunojoyo. 3(1): 118-127.
Riduwan. (2015). Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.
Saputro, A. D., Sebagai, K., & Pembelajaran, M. (2015). Aplikasi komik sebagai media pembelajaran. 05(01), 1–19.
Seno Gumira Ajidarma. (2002). Sastra Film Dalam Komik Teguh Santosa. Kompas.Setiadi. (2013). Konsep dan Praktik Penulisan Riset Keperawatan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Soedarso, N. (n.d.). KOMIK : KARYA SASTRA BERGAMBAR. 6(9), 496–506.
Subroto, E. N., & Qohar, A. (2020). Efektivitas Pemanfaatan Komik sebagai Media Pembelajaran Matematika. 2006, 135–141.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.
Waluyanto, H. D., Desain, D., & Visual, K. (n.d.). KOMIK SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI VISUAL. 45–55.
Yogyakarta, U. N. (2015). Jurnal Prima Edukasia, Volume 3 - Nomor 1, 2015. 3, 84–96.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.