Interelasi Nilai Jawa dan Buddhisme dalam Tradisi Sedekah Bumi di Desa Ngawen Kecamatan Cluwak Kabupaten Pati Jawa Tengah

  • Muh Ganesa Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri Raden Wijaya
  • Tri Yatno Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri Raden Wijaya
  • Sudarto Sudarto Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri Raden Wijaya
Kata kunci: Tradisi, sedekah bumi, nilai-nilai bhuddisme

Abstrak

Tindakan memberikan sumbangan pada tanah merupakan adat istiadat masyarakat Jawa yang diwariskan secara turun temurun. Ini adalah salah satu tradisi yang diwariskan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menyajikan gambaran menyeluruh mengenai tradisi sedekah bumi yang dilakukan di Desa Ngawen, Kecamatan Cluwak, Kabupaten Pati, serta cita-cita umat Buddha yang menginspirasi praktik tradisi ini di kalangan umat Buddha dan alasan umat Buddha melakukan tradisi sedekah bumi tersebut. tradisi ini.

               Untuk tujuan penyelidikan ini, teknik deskriptif kualitatif digunakan. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan catatan tertulis. Metode triangulasi digunakan untuk menjamin keakuratan informasi yang diperoleh. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Ngawen yang terletak di Kecamatan Cluwak Kabupaten Pati. Bulan September 2023 dipilih sebagai waktu pelaksanaan investigasi tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tradisi Sedekah Bumi meliputi prosesi sebagai berikut: Kondangan, Penyembelihan Kerbau, Prosesi, Wayang Kulit, dan Penutupan.

Nilai-nilai Buddhisme yang terkandung dalam sedekah bumi adalah penghormatan kepada lelulur, hal ini berkaitan sutta dalam agama buddha yaitu Sigalovada sutta yang di lambangkan penghormatan anak kepada orang tua. Simbol penghormatan dalam tradisi sedekah bumi ini berkaitan dengan memberikan sesajian hasil bumi kepada para leluhur seperti halnya ritual sebelum dilakukan tradisi sedekah bumi yakni berdoa di Punden untuk mendoakan para leluhur.

Downloads

Download data is not yet available.

Referensi

Heri Susanto. 2021. Makna Simbolik Tradisi Sedekah Bumi Di Desa Medani Kecamatan Cluwak Kabupaten Pati. Jurnal Pariwisata dan Budaya.
Huda, Nurul. 2016. “Makna Tradisi Sedekah Bumi Dan Laut”. Skripsi, Fakultas Ushuludin Dan Humaniora. Universitas Islam Negeri Walisongo. Semarang.
Indriantoro, Nur dan Bambang Supomo. 2012. Metodologi Penelitian Bisnis (Untuk Akuntansi dan Manajemen). Yogyakarta, Edisi Pertama, BPFE – UGM.
Slamet et al. 2015. Pemanfaatan Ruang Telaga Pada Tradisi Sedekah Bumi Desa Cerme Kidul, Kecamatan Cerme, Kabupaten Gresik. Ruas. Vol 13 No 1.
Sugiyono, Agus. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Bandung:Elfabeta
Suseno, Magis F. 2001. Etika Jawa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Widya, Novianti. 2012. Makna Tradisi Sedekah Bumi Bagi Masyarakat Di Desa Lahar Pati. Publikasi online jurnal sosiologi fisip uns.
Zabda, S.S & Setyadi B.Y. 2007.Persepsi Dan Partisipasi Dalam Pelaksanaan Tradisi Pementasan Wayang Topeng Pada Upacara Sedekah Bumi Di Desa Soneyan Dan Dampaknya Bagi Masyarakat. Jurnal Penelitian Humaniora. Vol. 8, No. 2, 2007
Diterbitkan
2023-12-28
Bentuk Sitasi
Ganesa, Muh, Tri Yatno, and Sudarto Sudarto. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 10, no. 4 (December 28, 2023): 456-463. Accessed February 23, 2024. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/1947.
Section
Articles