Efektivitas Penggunaan Media Kartu Gambar Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Bilangan Siswa Kelas 1 Madrasah Ibtidaiyah Ta’mirul Islam Surakarta

  • Melin Ermawati Institut Islam Mamb’aul ‘Ulum Surakarta

Abstrak

Matematika adalah mata pelajaran yang wajib disetiap jenjang pendidikan. Karena mata pelajaran matematika merupakan ilmu pengetahuan  yang berkaitan dengan bilangan-bilangan, dan konsep-konsep yang bersifat abstrak. Tidak hanya sekedar berisi tentang hafalan rumus-rumus saja akan tetapi bisa diaplikasikan pada kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa efektiv atau tidaknya dalam penggunaan media kartu gambar pada pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, yakni data penelitian berupa angka-angka  yang akan diukur menggunakan statistik sebagai alat uji perhitungan, berkaitan dengan masalah yang diteliti untuk menarik kesimpulan. Dalam penelitian ini penulis menngunakan sampel 2 kelas dari 3 kelas yang ada, yang masing-masing berjumlah 25 siswa. Kelas Umar sebagai kelas konvensional dan kelas Ustman sebagai kelas eksprimen. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah penilaian ulangan harian kelas Umar dan Kelas Ustman. Sedangkan analisis data pada penelitian ini adalahh pemusatan data, deskripsi, uji stistik menggunakan program SPSS versi 26. Hasil penelitian di kelas 1 MI Ta’mirul Islam Surakarta Tahun Ajaran 2022/2023 menunjukkan bahwa media kartu gambar efektif terhadap hasil belajar matematika materi bilangan. Dengan menggunakan uji independent sample t test nilai sig (2-tailed) sebesar 0,013 > 0,05, sehingga terdapat signifikansi pada hasil belajar matematika materi bilangan menggunakan media kartu gambar.

Downloads

Download data is not yet available.

Referensi

Ananda. (2017). Inovasi Pendidikan Melejitkan Potensi Teknologi dan Inovasi Pendidikan. Medan: Widya Puspita.
Omar Hamalik, (2013). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Irmawati, D. A. (2020 ). Media Pembelajaran Matematika. Tulungangung: Pemeral Edukreatif.
Rosyid, M. Z., Mustajab, & Abdullah, A. R. (2019). Prestasi Belajar. Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: ALFABETA
Diterbitkan
2023-12-29
Bentuk Sitasi
Ermawati, Melin. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 10, no. 4 (December 29, 2023): 233-237. Accessed February 21, 2024. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2098.
Section
Articles