Pengaruh Keagamaan Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Kelas XI Sekolah Menengah Atas Al Islam 1 Surakarta Tahun Ajaran 2023/2024
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Sikap keberagamaan siswa kelas XI di SMA Al Islam 1 Surakarta, 2) hasil belajar Pendidikan Agama Islam mata pelajaran Aqidah Akhlak siswa kelas XI di SMA Al Islam 1 Surakarta, 3) pengaruh keberagamaan terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam mata pelajaran Aqidah Akhlak kelas XI di SMA Al Islam 1 Surakarta. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 39 siswa kelas XI SMA Al Islam 1 Surakarta. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis menggunakan rumus pearson product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Sikap keberagamaan siswa kelas XI di SMA Al Islam 1 Surakarta tergolong “Baik†karena sebanyak 18 siswa dikategorikan sangat baik dan sebanyak 21 siswa dikategorikan baik di atas rata-rata. (2) Hasil Belajar Mata Pelajaran Aqidah Akhlak siswa kelas XI di SMA Al Islam 1 Surakarta tergolong “Baik†karena sebanyak 11 siswa dikategorikan sangat baik dan sebanyak 28 siswa dikategorikan baik di atas rata-rata. (3) Dari hasil perhitungan rxy dengan menggunakan rumus product moment diperoleh nilai rxy sebesar -317.247 yang artinya ada pengaruh yang signifikan antara sikap keberagamaan terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam mata pelajaran Aqidah Akhlak.
Downloads
Referensi
Agus, Suprijono. (2010). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Arikunto, Suharsimi. (1998). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Rineka Cipta
Khoerunnisa, K. (2017). Pengaruh Pengetahuan tentang Keberagamaan Terhadap Hasil Belajar PAI Siswa Kelas V di SDN 02 Pesucen Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang (Doctoral dissertation, UIN Walisongo).
Muliawan, Jasa Ungguh. (2005). Pendidikan Islam Integratif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.