Supervisi Akademik Oleh Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SD Islam Elkatarie Lengkok Rejeng Sakra Timur

  • Lailatul Sakdiah Institut Elkatarie, Lombok Timur, NTB
Kata kunci: Supervisi Akademik, Kinerja Guru, Sekolah Dasar Islam

Abstrak

Penelitian ini merupakan hasil pengabdian Masyarakat penulis dalam hal ini mendampingi Sekolah Binaan yaitu SD Islam Elkatarie Lengkok Rejeng. Penelitian yang bersifat kualitatif mendapatkan data menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipan dan dokementasi. Pelaksanaan supervisi akademik oleh kepala sekolah dengan teknik individu dalam meningkatkan kinerja guru di SD ISLAM ELKATARIE LENGKOK REJENG yaitu menggunakan teknik orientasi bagi guru baru, classroom observation dan individual converence sudah dilakukan namun prakteknya masih belum berjalan secara optimal.

Downloads

Download data is not yet available.

Referensi

Arikunto, Suharsini & Lia Yuliana, 2009. Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Aditya media
Danim, sudarwan. 2010. Otonomi Manajemen Sekolah. Bandung: Alfabeta.
Depag RI. 1992. Al-Qur’an Dan Terjemahannya. Jakarta: Yayasan Penerbitan Kitab Suci Al- Qur’an
Departemen Pendidikan Nasional Tahun 2008. “pengolahan dan Analis Data Penelitian Peningkatan Mutu Pendidik Dan Tenaga Kependidikan.
Direktorat Tenaga Kependidikan Direktorat Jenderal.
Departemen Pendidikan Nasional Tahun 2008. “Penilaian Kinerja Guru” Peningkatan Mutu Pendidik Dan Tenaga Kependidikan. Direktorat Tenaga kependidikan Direktorat Jenderal.
Departemen Pendidikan Nasional Tahun 2007. “Supervisi Akademik dalam Peningkatan Profesionalisme Guru”. Peningkatan Mutu Pendidik Dan TenagaKependidikan. Direktorat Tenaga Kependidikan Direktorat Jenderal.
Daryanto, 2001. Administrasi Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah, Syaiful Bahri, 2000. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif, Jakarta: Rineka Cipta.
Fattah, Nanang, 1996. Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Indrafachrudi, Soekarto, 1993. Mangantar Bagaimana Memimpin Sekolah Yang Baik, Jakarta: Ghalia Indonesia.
Mangkunegara, AA. Anwar Prabu, 2001. Manajemen Sumber Daya Manusia, Bandung: PT. Rosda Karya.
Manuah, Binti, 2009. Supervisi Pendidikan Islam Teori dan Praktik. Yogyakarta: Teras.
Maeleong, Lexy J, 2000. Supervisi Pendidikan Yogyakarta: Teras.
Muhaimin, 2010. “Manajemen Pendidikan” Aplikasinya Dalam Penyusunan Rencana Pengembangan Sekolah /Madrasah. Jakarta: Kencana.
Mulyasa, 2004. Paradigma Pendidikan Demokratis. Jakarta: Prenada Media.
Sahertian, Piet A. 2008. Konsep Dasar & Teknik Supervisi Pendidikan Dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta.
Sanjaya, Wina, 2008. Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum berbasis Kompetensi. Jakarta: Kencana.
Sukadi, 2001. Guru Powerfull Guru Masa Depan, Bandung: Kholbu.
Sumiati dan Asra, 2008. Metode Pembelajaran. Bandung: CV, Wacana Prima.
Supriyanto, Didik. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 5, no. 1 (September 26, 2018): 112-129. Accessed January 7, 2024. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/313.
Suryo Subroto, 1997. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta
Tafsir, Ahmad. 2007. Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Tim Penulis Materi Diklat, 2008. Penilaian Kinerja Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Uhbiyanti, Nur, 2005. Ilmu Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia.
Ukas, Maman, 1999. Manajemen Konsep, Prinsip, dan Aplikasi. Bandung: Ossa Promo.
Usman, Moh. User, 2003. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Wahjosumidjo. 2002. Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Wibowo, Mungin Edy, 2008. Sertifikasi Profesi Pendidik. www.suara- merdeka.com.
Diterbitkan
2023-12-27
Bentuk Sitasi
Sakdiah, Lailatul. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 10, no. 4 (December 27, 2023): 729-741. Accessed September 7, 2024. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2116.
Section
Articles