Studi Korelasi Ilmu Jiwa dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
Abstrak
Ilmu jiwa, atau yang lazim disebut dengan psikologi yang membahas aspek pembelajaran disebut dengan psikologi pembelajaran. Psikologi wajib dipelajari dan dipahami oleh setiap pendidik. Hal ini dikarenakan setiap sisi pembelajaran selalu bersentuhan dengan kondisi kejiwaan siswa, hubungan antara guru dan siswa terdapat sikap emosional di dalamnya. Dan yang menjadi peranan penting dalam ilmu jiwa tersebut yaitu, sebagai alat dalam memahami siswa sebagai pelajar, yang meliputi perkembangan, tabiat, kemampuan, kecerdasan, motivasi, minat, fisik, pengalaman, serta kepribadian. Ruang linngkup atau kedudukan ilmu jiwa Agama dengan psikologi pendidikan agama Islam adalah sama, hanya saja psikologi agama Islam cakupannya berbasis keIslaman.
Downloads
Referensi
Muhamad Syarif Sumantri. 2015. Strategi Pembelajaran Teori dan Praktek di Tingkat Pendidikan Dasar. Jakatra: Raja Grafindo Persada
Winkel. 2004. Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi
Mulyasa. 2015. Guru Dalam Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya
Alamsyah Said dan Andi Budiman Jaya. 2015. 95 Strategi Mengajar Multiple Intelligences. Jakarta: Prenadamedia Group
Hamalik. 1992. Psikologi belajar dan mengajar. Bandung: Sinar Baru
Hamzah B. Uno. 2009. Mengelola Kecerdasan Dalam Pembelajaran. Jakatra: Bumi Aksara
Syah, M. 1996. Psikologi Pendidikan Suatu Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosda Karya.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.