Pengaruh Media Film Animasi Larva Terhadap Kemampuan Menulis Paragraf Argumentasi pada Siswa Kelas IV SD Hang Tuah I Belawan Tahun Pembelajaran 2023/2024
Abstrak
Writing is a skill that rarely gets attention from teachers, even though writing activities are an effective form of training to help students use and master Indonesian correctly. Factors that can support the successful delivery of information are the use of media that is displayed in a simple and easy way for students to understand. Digital media that can be used to convey information is the animated film "Larva". The aim of this research is to determine the impact of using the animated larva film media when writing argumentative paragraphs. The method is to make observations first (pre-test) before being given treatment (treatment) and then carry out measurements again (post-test). The research results showed that the post-test score was 77.04 in the experimental class and 60.75 in the control class. The improvement from the post-test results can be concluded that the use of Larva cartoon media influences the ability to write argumentative paragraphs of class IV students at SD Hang Tuah I Belawan for the 2023/2024 academic year.
Abstrak
Menulis merupakan keterampilan yang jarang mendapatkan perhatian oleh guru, meskipun kegiatan menulis merupakan bentuk pelatihan yang efektif untuk membantu siswa menggunakan dan menguasai bahasa Indonesia dengan benar. Faktor yang dapat mendukung keberhasilan penyampaian informasi yaitu penggunaan media yang ditampilkan dengan sederhana dan mudah untuk dipahami oleh siswa. Media digital yang dapat digunakan untuk menyampaikan informasi adalah film animasi “Larva”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak penggunaan media film animasi larva ketika menulis paragraf argumentatif. Caramya dengan melakukan observasi terlebih dahulu (pre-test) sebelum diberikan perlakuan (treathment) dan kemudian dilakukan pengukuran kembali (post-test). Hasil penelitian didapatkan nilai post-test sebesar 77,04 pada kelas eksperimen dan 60,75 pada kelas kontrol. Peningkatan dari hasil post-test dapat disimpulkan bahwa penggunaan media kartun Larva mempengaruhi kemampuan menulis paragraf argumentasi siswa kelas IV SD Hang Tuah I Belawan Tahun Pembelajaran 2023/2024.
Downloads
Referensi
Anggara, A. G. Pemanfaatan Teknologi Digital dalam Menulis Teks Argumentatif Kelas X SMA Negeri 10 Tanggerang Selatan Tahun Pembelajaran 2022/2023 (Bachelor’s thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Azizah, K. Analisis Retorika Pola Bottom-Up Dalam Teks Argumentatif Siswa Kelas X Ips Man 3 Banyuwangi (Doctoral dissertation, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember). Literasi, Jurnal Ilmiah Pend. Bahasa Indonesia dan Sastra.
Mailani, O., Nuraeni, I., Syakila, S A. dan Lazuardi, J. 2022. Bahasa sebagai alat komunikasi dalam kehidupan manusia. Jurnal Kampret, Vol.1 No. 2, hal. 1-10.
Murjani, M. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif. Cross-border, 5(1), 687-713.
Musyadad, VF., Hanafiah, H, Tanjung, R. dan Arifudin, O. 2022. Tinjauan akademik tentang peningkatan motivasi kerja guru dalam menciptakan perangkat pembelajaran. JIIP-Jurnal Ilmu Pendidikan, Volume 5, Nomor 6.
Natalia, D. S. 2014. Pengaruh Penguin Media Film Pendek Versi Eagle Awards Terhadap Penulisan Paragraf Argumentatif di Kelas X Sma Negeri 1 Pancurbatu Tahun pelajaran 2013/2014 (Doctoral dissertation, UNIMED).
Pujaastawa, Ida Bagus Gde, 2016. Teknik wawancara dan observasi untuk pengumpulan data. Bali: Universitas Udayana.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan RandD. Bandung: Abjad.
Tarigan, H. G. 2018. Menulis sebagai Keterampilan Berbahasa. Bandung: Penertbit Angkasa.
Yuhana, A. N., & Aminy, F. A. 2019. Optimalisasi peran guru pendidikan agama Islam sebagai konselor dalam mengatasi masalah belajar siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, [SL], Vol. 7, No. 1. pp 79-96

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.