Penerapan Metode Ummi dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Al-Qur’an bagi Anak Berkebutuhan Khusus di TK Muslimat NU VI Dasuk Pademau Pemekasan
Abstrak
Penelitian ini berfokus pada tiga hal yaitu: Bagaimana penerapan metode ummi dalam meningkatkan keterampilan membaca al-Qur’an bagi anak berkebutuhan khusus kedua, Bagaimana hasil penerapan metode ummi dalam meningkatkan keterampilan membaca al-Qur’an bagi anak berkebutuhan khusus, ketiga Apa saja factor penghambat dan pendukung penerapan metode ummi dalam meningkatkan keterampilan membaca al-Qur’an bagi anak berkebutuhan khusus.
Peneliti menggunakan metode dengan pendekatan kualitatif, Adapun jenis penelitiannya menggunakan jenis penelitian deskriptif, serta pengumpulan datanya dilakukan dengan cara observasi nonpartisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi terhadap sumber terkaipenerapan dalam pelaksanaan. Kedua, Tehnik- tehnik pelaksanan penerapan metode Ummi di di TK Muslimat NU VI Desuk Pamekasan berupa tehnik individu dan kelompok. Tehnik pelakasanaan berupa kunjungan kelas, pertemuan individu dan observasi dokumen sedangkan tehnik kelompok berupa kunjungan sekolah, rapat evaluasi dan demonstrasi mengajar. Ketiga, Factor pendukung dari penerapan metode Ummi di TK Muslimat NU VI Desuk Pamekasan adalah dukungan dari kepala sekolah dan orang tua yang mendorong supervisor untuk terus melakukan supervisi, keaktifan pengelola dan kesejahteraan guru serta fasilitas yang memadai. Factor penghambatnya adalah kurangnya waktu adalah minimnya pengajar yang tidak sebanding dengan banyakya kelompok yang ada. Factor pendukung pelaksanaan di TK Muslimat NU VI adalah kerjasama antar rekan mengajar yang kompak. Sedangkan factor penghambatnya adalah guru-guru yang sulit untuk dikasih pemahaman, kurangnya tenaga pengajar dan juga kurangnya fasilitas yang memadai.
Downloads
Referensi
Ali Muhsin, “Peran Guru Dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Baca Tulis AlQuran Di TPQ Miftahul Ulum Nglele Sumobito Jombang,” Jurnal Al-Murabbi 2, no. 2 (2017): 275–290.
Amir, Syafruddin. "Pancasila as integration philosophy of education and national character." International journal of scientific & technology research 2.1 (2013): 54-57.
Andi Prastowo, Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian (Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2012), 32.
Asri Indriani and others, “Perbandingan Hasil Penerapan Metode Ummi Dalam Pembelajaran Al-Qur’an Di Pondok Pesantren Darush Shalihat Dengan Asma Amanina Sleman Yogyakarta” (2018).
Basyar, Syaripudin. "Pemikiran Tokoh Pendidikan Islam." Riayah: Jurnal Sosial Dan Keagamaan 5.01 (2020): 96-102.
Burhan Bungin, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Jakarta: Raja Grafindo Persada,2003), 97.
Departemen Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahannya. (Bandung, Diponegoro, 2011)
Dewi, I. S. (2016). Bahasa Arab dan Urgensinya dalam Memahami Al-Qur’an. Kontemplasi: Jurnal Ilmu-ilmu Ushuluddin, 4(1), 39-50.
Didik Hernawan and Muthoifin Muthoifin, “Penerapan Metode Ummi Dalam Pembelajaran Al-Qur’an,” Profetika: Jurnal Studi Islam 19, no. 1 (2019): 27–35.
Eka Fitriani, Abdul Haris, and Moh Nur Hakim, “MODEL PEMBELAJARAN AL-QUR’AN BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS KATEGORI DISLEKSIA DI SD IT ABATA LOMBOK,” Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan 13, no. 1 (2022): 75–82.
Emzir, Analisis Data: Metodologi Penelitian Kualitatif, (Jakarta: Rajawali Press, 2012), 22-23.
Fuad Ihsan, Dasar-Dasar Pendidikan, (Jakarta: PT Rineka Cipta,1996), 2
H Abuddin Nata, Pendidikan Dalam Perspektif Al-Qur’an (Prenada Media, 2016).
Hafiz Mubarak, “Upaya Guru Al-Qur’an Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca Al-Qur’an Di Sdit Ukhuwah Banjarmasin,” Jurnal Studia Insania 1, no. 1 (2013): 39–51.
Ika Febrian Kristiana, Cosrie Ganes Widayanti, Buku Ajar Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus, (Semarang: UNDIP Press, 2016),16.
Irwan Saputra, “Peran Kepala Madrasah Sebagai Supervisor Di Mts Roudlotul Huda Purwosari” (Skripsi, UIN Raden Intan Lampung, 2018) 39
Jainul Aripin, “Peran Guru Pendidikan Al-Qur’an Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Dengan Metode Ummi Di Smp Al-Furqan” (Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember, 2015).
Jenilan, Jenilan. "Filsafat Pendidikan." EL-AFKAR: Jurnal Pemikiran Keislaman Dan Tafsir Hadis 7.1 (2018): 69-74.
Laili Faiqoti Alfaini, “Penerapan Metode Ummi Dalam Meningkatkan Kualitas Membaca Dan Menulis Al-Quran Santri Di TPQ Darul Karomah Malang” (Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, 2022).
Lexy J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2011),6.
Liza Duahyu Oktina, “Implementasi Metode Ummi Dalam Pembelajaran Tahfidz Di SMPIT Insan Kamil Kaur,” GUAU: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam 2, no. 8 (2022): 173–180.
M. Burhan Bungin, Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik dan Ilmu Sosial Lainnya (Jakarta: Kencana, 2014), 118.
Muhamad Sholeh, “Keefektifan Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru,” JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan) 1, no. 1 (2016): 41–54.
Nur Hayati, “Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca Al-Qur’an pada siswa kelas IX di SMPN Donri-Donri Kabupaten Soppeng” (Sulasena, Vol.9 Nomor 2 Tahun 2014), 121
Nur Ngarifatul Jannah and Safiruddin Al Baqi, “Peningkatan Kualitas Pembelajaran Al-Qur’an Dengan Metode Ummi Di Tpa Masjid Nurussolah Desa Semanding,” Prodimas: Prosiding Pengabdian Masyarakat 1 (2022): 79–98.
Nurdin, Encep Syarief. "The Policies on Civic Education in Developing National Character in Indonesia." International Education Studies 8.8 (2015): 199-209.
Rijali Ahmad, Analisis Data Kualitatif, (Jurnal Alhadharah, Vol. 17 No. 33 Januari – Juni 2018), 91.
Rukaiesih A. Maolani & Ucu Cahyana, Metodologi Penelitian Pendidikan, (Jakarta: Rajagrafindo Persada, 2015), 153.
Sita Nila Wahyuni and Nurul Aisyah, “Evaluasi Program Pembelajaran Metode Ummi Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Di SMP,” Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan 20, no. 2 (2020): 141–148.
Sri Belia Harahap, Strategi Penerapan Metode Ummi Dalam Pembelajaran Al-Qur’an (Scopindo Media Pustaka, 2020).
Sulastri Wulandari And Mahlil Ridwan, “Inovasi Bidang Ketenagakerjaan Pendidikan Upaya Peningkatan Kompetensi Guru Al-Qur’an Melalui Pelatihan Metode Ummi,” Manajerial: Jurnal Inovasi Manajemen Dan Supervisi Pendidikan 3, No. 1 (2023): 73–81.
Sumadi Suryabrata, Metodologi Penelitian (Jakarta: Rawajali Pers, 2013), 40.
Supardi, Kinerja Guru, (Depok: PT RajaGrafindo, 2014), hal 105.
Ummi Foundation, Modul Training of Trainer Metode Ummi (Tashih, Tahsin, Supervisi, Munaqasyah) (Surabaya: Ummi Foundation, 2017), 15
Yuli Agustiyani, Siti Aisyah, and others, Belajar Membaca Al-Qur’an Bagi Anak Berkebutuhan Khusus: Metode Dan Praktis (Bening Media Publishing, n.d.).

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.