Booklet Berbasis Augmented Reality melalui Pembelajaran PBL Materi Keseimbangan Ekosistem untuk Meningkatkan Literasi Sains Kelas V SDN Sumberingin 04 Blitar

Authors

  • Putri Ana Sari Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
  • Mohamad Fatih Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
  • Cindya Alfi Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

DOI:

https://doi.org/10.69896/modeling.v11i2.2453

Keywords:

Media Booklet, Augmented Reality, Literasi Sains, Keseimbangan Ekosistem, Problem Based Learning

Abstract

This study developed an augmented reality (AR)-based booklet media for ecosystem balance material in grade V elementary school. The media was validated by material, media, and language experts and deemed very suitable for use based on teacher assessments. The media trial on students showed a significant increase in science literacy skills, with an N-Gain value of 0.83 (high category). This result indicates that the AR-based booklet media integrated with the Problem Based Learning (PBL) learning model is effective in improving students' science literacy.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfi, C. (2022). Alfi Cindya. dkk, 2022. Pengembangan Media Power Point Interaktif Berbasis Animasi pada Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Riset dan Konseptual. 6 (2). Jurnal Pendidika Riset.
Alfi, C., Fatih, M., & Islamiyah, K. I. (2022). Peingeimbangan Meidia Poweir Point Inteiraktif Beirbasis Animasi pada Peimbeilajaran IPA. Jurnal Peindidikan Riseit & Konseipt, 6(2), 351–357.
Alfi Cindya, Devrat Satria. 2023. Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) dengan Role Playing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di SMAN 2 Malang. JURNAL PENDIDIKAN: Riset & Konseptual, 7(4), 767-776.
Fatih, M. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Saintifik berbasis Multimedia melalui Model Discovery Learning (Studi pada Tema Selamatkan Mahkluk Hidup Kelas 6 SDN Kepanjenkidul 2 Kota Blitar). JURNAL PENDIDIKAN: Riset & Konseptual, 2(2), 137–149.
Fatih. 2020. Pengembangan Bahan Ajar Puzzle pada Matematika Berbasis Realistik Materi KPK dan FPB (Studi pada Kelas 5 SDN Bendogerit 1 Kota Blitar). Jurnal Riset dan Konseptual. 5(2), 348-361.
Fatih, M & Alfi, C (2021). Pengembangan Monopoli Karakter Berbasis Permainan Simulasi sebagai Upaya Peningkatan Kecerdasan Sosioemosi Siswa Sekolah Dasar di Kota Blitar. Jurnal Pendidikan: Riset dan Konseptual.5 (1)
Fatih Mohamad. 2023. Pengembangan Komik Narasi untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis dan Membaca Siswa Kelas V SDN Sananwetan 3 Kota Blitar. Jurnal Riset dan Konseptual. 8(3), 551-566.
Fatih, M., Alfi, C., & Muqtafa, M. A. (2024). Science Learning Game (SLG) Based on Augmented Reality Enhances Science Literacy and Critical Thinking Students Skills. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 10(2), 973–981. https://doi.org/10.29303/jppipa.v10i2.6107
Ananda, Retno Andhita dkk., (2022). Pengembangan Media Booklet Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Segibanyak. Jurnal Ilmiah Pendidikan. Vol 9 (3).
Asmorowati, Murni. (2021). Implementation of Problem Based Learning (PBL) in Indonesian Class 1 Elementary School. Workshop Penguatan Kompetensi Guru. SHEs: Conference Series, Vol. 4, No. 6 https://jurnal.uns.ac.id/shes.
Asyhari, A. (2015). Profil Peningkatan Kemampuan Literasi Sains Siswa Melalui Pembelajaran Saintifik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 4(2), 179. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v4i2.91.
Eismawati, Koesmawati, & Radia. (2019). Peningkatan hasil belajar matematika
Fatimah, C., & Puspaningtyas, N. D. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Pembelajaran Online Mata Pelajaran Matematika di MAN 1 Lampung Selatan. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung.
Fuad, Anis dan Kandung Sapto Nugroho. (2013). Panduan Praktis Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu kelas 4 SD. Jurnal Mercumatika, vol 3, no 2 ISSN: 2548-1819.
Hidayati, Anisa Nur. (2023). Pengembangan LKPD Berbasis Literasi Sains Tema Ekosistem Kelas V MI. Skripsi. Jakarta : Universitas Islam Negri Syarif Hidayatullah.
Imuel, Wiratma., dkk. (2022). Pengembangan Booklet dengan Pengndekatakn Saintifik Materi Siklus Hidup Hewan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas IV Pada Pelajaran IPA. Jurnal KAPEDAS Vol 1(2).
Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2023). LAPORAN PISA. https://www.oecd.org/pisa/
Novianti, Putri dan S. Syamsurizal. (2021). Booklet Sebagai Suplemen Bahan Ajar Materi Kingdom Animalia Untuk Peserta Didik Kelas X SMA/MA. Jurnal Eductech Undiksha Vol 9 (2)
Pangestu, D. A., I. Fitri., dan Fauziah. (2020). Augmented Reality Sebagai Media Pengenalan dan Promosi Universitas Nasional. Jurnal Teknologi Informasi. 4(1): 35-42.
Putri, N. N. (2020). Pengembangan Booklet sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran pengelolaan bisnis ritel materi perlindungan konsumen kelas xi BDP di SMKN Mojoagung. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 925-931.
Rahmadani. (2019). Metode Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL), Lantanida Journal, Vol 7, No.1, Hlm; 1-100
Rosmalia, Lia, Wahidin, Zaenal Abidin. (2023). “Media E-booklet Berbasis Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Literasi Sains Kelas V (Lima) Di MIN 6 Kuningan. Jurnal: PGSD, 9 (1), 17 - 27
Sarosa, Samiaji. (2017). Metodologi Pengembangan Sistem Informasi.Jakarta: Indeks Jakarta
Satmoko, S dan Astuti, H.T. (2006). Pengaruh Booklet pada Peningkatan Pengetahuan Peternakan Sapi Perah Tentang Inseminasi Buatan di Kelurahan Nongkosawit, Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang. Jurnal Penyuluhan. Vol 2 (2): 79.
Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alphabet.
Triyana. (2018). Skripsi. Analisis Kemampuan Literasi Saintifik Pada Aspek Kompetensi Dan Pengetahuan Calon Guru Fisika Pada Materi Gelombang Bunyi. Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan
Undang-undang No.3 Tahun 2017 Tentang Perbukuan
Verinsyah, O & Fitria, Y. (2020).Pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan berfikir kritis siswa sekolah dasar. Journal of Basic Education-ISSN:2656
Yosef Firman Narut, & Supardi, K. (2019). Literasi Sains Peserta Didik dalam Pembelajaran Ipa di Indonesia. JIPD (Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar), 3(1), 61-69. https://doi.org/10.36928/jipd.v3i1.214
Yuntoto, Singgih. (2015). Pengembangan Aplikasi Android Sebagai Media Pembelajaran Kompetensi Pengoperasian Sistem Pengendali Elektronik Pada Siswa Kelas XI SMKN 2 Pengasih, (Online), (https://eprints.uny.ac.id/21320/, diakses 10 Februari 2024
Yusup, F. (2018). Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif. Jurnal Tarbiyah?: Jurnal Ilmiah Kependidikan.

Downloads

Published

2024-06-26

Issue

Section

Articles

How to Cite

“Booklet Berbasis Augmented Reality Melalui Pembelajaran PBL Materi Keseimbangan Ekosistem Untuk Meningkatkan Literasi Sains Kelas V SDN Sumberingin 04 Blitar”. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 11, no. 2 (June 26, 2024): 380–393. Accessed June 15, 2025. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2453.