Evaluasi Pembelajaran Fiqih melalui Media Monopoli Win or Challenge MTS Darul Istiqomah Ketilengsingolelo

  • Diah Hestina Pratiwi Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
  • Ahmad Saefudin Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
Kata kunci: Evaluasi Pembelajaran, media Monopoli Win or Challenge, Pembelajaran Fiqih, Penelitian Pengembangan (R&D), Model ADDIE

Abstrak

Evaluasi merupakan salah satu komponen yang sangat penting dalam proses pembelajaran karena dapat mengukur tingkat pencapaian tujuan pembelajaran oleh peserta didik. Sehingga dengan adanya evaluasi maka tujuan pembelajaran akan terlihat secara akurat. Proses evaluasi pembelajaran yang selama ini dilakukan oleh guru mata pelajaran Fiqih di MTs Darul Istiqomah adalah hanya menggunakan tes tertulis saja. Dengan demikian, Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan memodifikasi media permainan Monopoli Win or Challenge sebagai sarana evaluasi pembelajaran Fiqih yang lebih menarik, komunikatif, dan menyenangkan di MTs Darul Istiqomah Ketilengsingolelo. Berdasarkan banyaknya penelitian terkait monopoli sebagai media pembelajaran, peneliti tertarik memodifikasi Monopoli Win or Challenge yang dirancang sebagai media evaluasi pembelajaran, agar kegiatan evaluasi lebih menarik dan peserta didik mampu berpikir lebih luas. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Hasil uji validitas menunjukkan bahwa media Monopoli Win or Challenge layak digunakan dengan rerata skor keseluruhan mencapai 0,80 yang mengindikasikan bahwa media ini sangat layak digunakan. Implementasi media ini dalam evaluasi pembelajaran Fiqih menunjukkan peningkatan kualitas an keterlibatan peserta didik.

Evaluation is a very important component in the learning process because it can measure the level of achievement of learning objectives by students. So that with the evaluation, the learning objectives will be seen accurately. The learning evaluation process that has been carried out by Fiqh subject teachers at MTs Darul Istiqomah is only using written tests and also practical tests. Thus, this study aims to develop and modify the Monopoly Win or Challenge game media as a means of evaluating Fiqh learning that is more interesting, communicative, and fun at MTs Darul Istiqomah Ketilengsingolelo. Based on the many studies related to monopoly as a learning media, researchers are interested in modifying Monopoly Win or Challenge designed as a learning evaluation media, so that evaluation activities are more interesting and students are able to think more broadly. This research uses the Research and Development (R&D) method with the ADDIE model which consists of five stages, namely Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. The validity test results show that the Monopoly Win or Challenge media is feasible to use with an average overall score of 0.80 which indicates that this media is very feasible to use. The implementation of this media in the evaluation of Fiqh learning shows an increase in the quality and involvement of students

Downloads

Download data is not yet available.

Referensi

Abidin, A. Q. (2023). Korelasi Pemahaman Fiqih Taharah terhadap Kemampuan Praktik Taharah. Prosiding Seminar Nasional Kefarmasian Ke-3, 2, 75–80.
Adilah, A. N., & Minsih, M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Monokebu pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 5076–5085. doi:10.31004/basicedu.v6i3.3026
Akmalia, R., Oktapia, D., Hasibuan, E. E., Hasibuan, I. T., Azzahra, N., & Harahap, T. S. A. (2023). Pentingnya Evaluasi Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(1), 4089–4092. Retrieved from https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/11661/8945
Al Arif Hidayatullah, P., Wayan Widana, I., & Ketut Suar Adnyana, I. (2022). Pengembangan Media JESSTAR Sebagai Media Pembelajaran Tematik Tema 9 Kelas VI SD. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 10(1), 74–87. doi:10.22219/jp2sd.v10i1.20476
Almada, I. K. B. A., I Gede Suwiwa, & Hafidz Almada. (2020). Pengembangan Media Inovatif Board Game Monopoli Materi Kesehatan Pada Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga), 5(2), 66–71. doi:10.36526/kejaora.v5i2.931
Andriyani, F., Saraswati, R. R., Melasari, D., Putri, A., & Sumardani, D. (2020). Monopoly Learning Media: Education Media in Structure and Function of Plant Tissue Theory. Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus, 6(1), 81–87. doi:10.36987/jpbn.v6i1.1559
Arahab, N. E. (2024). Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam ( PAI ) DI SMPN Satu Atap 2 Jatiagung. Unisan Journal: JurnalManajemen Dan Pendidikan, 03(1), 639–648.
Aslam, A., Ninawati, M., & Noviani, A. (2021). Pengembangan Media Monopoli Berbasis Kontekstual Pada Materi Jenis-Jenis Usaha Dan Kegiatan Ekonomi Mata Pelajaran Ips Siswa Kelas Tinggi. Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education, 4(1), 35–43. doi:10.15575/al-aulad.v4i1.10156
Ayunda, Y., Rahayu, T. R., & Sopyan, A. (2024). Pentingnya Evaluasi Pembelajaran Untuk Siswa Di MIS Al-Iftiros Tanjungsiang, 1(2), 46–50.
Choirunnisa, M., & Arini, N. W. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Polysoc (Monopoly Social) Untuk Pembelajaran IPS Kelas V Sekolah Dasar. Research and Development Journal of Education, 9(2), 788. doi:10.30998/rdje.v9i2.19232
Dewinta, D. Y. P., Santosa, A. B., & Nugroho, W. (2022). Pengembangan Media Permainan Monopoli Proklamasi Kemerdekaan Sebagai Evaluasi Pembelajaran Kelas V Sekolah Dasar. TANGGAP : Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Dasar, 2(2), 110–121. doi:10.55933/tjripd.v2i2.185
Elsola, D. A. N., & Nisa, A. F. (2023). Pembelajaran Diferensiasi Menggunakan Media Monas Rumbel (Monopoli Nasionalisme Dan Rumah Belajar) untuk Mewujudkan Merdeka Belajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 1(1), 46–56.
Fadilah, A., Nurzakiyah, K. R., Kanya, N. A., Hidayat, S. P., & Setiawan, U. (2023). Pengertian Media, Tujuan, Fungsi, Manfaat dan Urgensi Media Pembelajaran. Journal of Student Research (JSR), 1(2), 4.
Fajriah, N., Rahayu, B., Wulan, S., Dewi, G. K., Sidoarjo, S. P., Kemiri, J., & Sidoarjo, B. (n.d.). Pengembangan Media Politema ( Moopoli Tematik ) Pada Tema Tempat Tinggal Ku Di Kelas IV Sekola Dasar.
Fatih, M., & Alfi, C. (2021). Pengembangan Monopoli Karakter BerbasisPermainan Simulasi sebagai Upaya Peningkatan Kecerdasan Sosioemosi Siswa Sekolah Dasar di Kota Blitar. Jurnal Pendidikan : Riset Dan Konseptual, 5(1), 51. Retrieved from http://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/315
Fatzuarni, M. (2022). Pentingnya Evaluasi Dalam Proses Pembelajaran. OSF Preprints Jurnal, 1–10. Retrieved from https://osf.io/preprints/osf/g8h3p
Fayrus, & Slamet, A. (2022). Model Penelitian Pengembangan (R n D). (Rindra Risdiantoro, Ed.). Malang: Institut Agama Islam Sunan Kalijogo Malang. Retrieved from https://perpustakaan.iaiskjmalang.ac.id/wp-content/uploads/2023/09/64-Model-Penelitian-Pengembanagn-RD.pdf
Fikry, M., Arsyad, M. N., & Sunuyeko, N. (2024). Pengembangan Media Monopoli dalam Meningkatkan Motivasi serta Minat pada Mata Pelajaran IPS Kelas 7 SMP. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(3), 1574–1582. doi:10.51169/ideguru.v9i3.987
Fuadiy, M. R. (2021). Evaluasi Pembelajaran Sebagai Sebuah Studi Literatur. DIMAR: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 173–197. doi:10.58577/dimar.v3i1.83
Handayani, I., Wahab, R., & Saparuddin. (2024). Strategi Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Pembelajaran Fiqih Peserta Didik Di MA Pondok Pesantren Al-Wahid. REFERENSI | Kajian Manajemen Dan Pendidikan Corresponding Author, 2(1), 1–10.
Handayani, S., Imswatama, A., & Agustiani, N. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Visual Berbentuk Permainan Monopoli Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa. Asimetris: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 2(1), 31–35. doi:10.51179/asimetris.2.1.31-35
Ina Magdalena, Hadana Nur Fauzi, & Raafiza Putri. (2020). Pentingnya Evaluasi Dalam Pembelajaran Dan Akibat Memanipulasinya. Bintang : Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2(1), 249–261. doi:10.30640/dewantara.v2i1.722
Kismiati, D. A. (2020). Pengembangan Media Evaluasi Hearsmon Berbasis SEL (Social Emotional Learning) dalam Pembelajaran IPA Materi Sistem Pendengaran Bagi Siswa SD. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(01), 1. doi:10.30742/tpd.v2i01.848
Kurniawan, D. A. (2020). Penggunaan Media Belajar Monopoli Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 3(1), 10–15. doi:10.31004/jrpp.v3i1.720
Kurniawati, E. (2021). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Permainan Monopoli Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar PPKn. Pedagogi : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 1–5. doi:10.56393/pedagogi.v1i1.74
Kusuma, L. A. S., Tahir, M., & Sobri3, M. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Engklek Monopoli Berbasis Etnopedagogi Sasak Dalam Pembelajaran IPAS Kelas IV Di Sekolah Dasar Negeri 5 Banyumulek, 5(3).
Latif, M., Retnoingsih, D. A. Y. U., Dialektika, J., & Pgsd, J. (2020). Kata kunci: JURNAL DIALEKTIKA JURUSAN PGSD, 10(2).
Lestari, K. I., Dewi, N. K., & Hasanah, N. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Monopoli pada Tema Perkembangan Teknologi untuk Siswa Kelas III di SDN 8 Sokong. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(3), 275–282. doi:10.29303/jipp.v6i3.219
Linda Fibriya Hardiyanti, Rian Damariswara, & Susi Damayanti. (2023). Pengembangan Media Mosi ( Monopoli Puisi ) Materi Isi dan Amanat Puisi Kelas IV SDN Ngasemlemahbang. DIAJAR: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(4), 494–500. doi:10.54259/diajar.v2i4.2015
Mahrum, M., Fahrurrozi, F., & Ramdhani, D. (2023). Implementasi Pembelajaran Fiqih Ibadah Dalam Meningkatkan Kesadaran Ibadah Shalat Fardu Peserta Didik (Studi Kasus Di MTs NW Ijobalit) Kecamatan Labuhan Haji Kabupaten Lombok Timur. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(1), 701–715. doi:10.58258/jime.v9i1.4764
Maqfiroh, D. N. M., Khutobah, K., & Budyawati, L. P. I. (2020). Pengembangan Media Motif (Monopoli Edukatif) Dalam Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligence Pada Anak Tk Kelompok B. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 11(1), 65–74. doi:10.17509/cd.v11i1.24230
Mariana, N., Relita, D. T., & Marganingsih, A. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Monopoli Pada Mata Pelajaran Ips Di Smp Panca Setya 1 Sintang. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JURKAMI), 9(1), 99–109. doi:10.31932/jpe.v9i1.3302
Marini, K., & Silalahi, B. R. (2022). Pengembangan Media Monopoli Tematik Pada Subtema Keberagaman Budaya Bangsa Di Sd. EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan, 01(2), 159–167.
Mtd, N. P., Butarbutar, M. I., Sinulingga, S. A. B., Marpaung, J. R., & Harahap, R. M. (2023). Pentingnya Evaluasi dalam Proses Pembelajaran dan Akibat Memanipulasinya. Masaliq, 3(5), 810–823. doi:10.58578/masaliq.v3i5.1379
Ningtyas, S. I. (2023). Penggunaan Board Game Sebagai Media Pembelajaran Untuk Melatih Berpikir Kreatif Siswa. Research and Development Journal of Education, 9(2), 871. doi:10.30998/rdje.v9i2.19392
Nurhasanudin, M. R., & Syah, E. F. (2022). Pengaruh Media Monopoli Pada Karangan Deskripsi Di Kelas V SDN Cikupa 4 Tangerang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4, 1230–1239. Retrieved from https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/4769
Nursinta, W. T., Ayubi, A. Al, & Khairunnisa, N. (2024). IJM : Indonesian Journal of Multidisciplinary Strategi Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Batik 1 Surakarta. Indonesian Journal of Multidisiciplinary, 2(1), 289–298. Retrieved from https://journal.csspublishing.com/index.php/ijm/article/view/561/375
Oktaviani, Y., & Mandasari, N. (2022). Pengembangan Media Monopolitika Berbasis Active Learning Untuk Pembelajaran Matematika Siswa Kelas V SD Negeri Wukirsari. Silampari Sains and Education. Retrieved from http://jurnal.lp3mkil.or.id/index.php/SSE/article/view/331
Parsianti, I., Rosiyanti, H., & Muthmainnah, R. N. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Monopoli Aritmatika (Monika) Pada Pembelajaran Matematika. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6(2), 133. doi:10.24853/fbc.6.2.133-140
Phafiandita, A. N., Permadani, A., Pradani, A. S., & Wahyudi, M. I. (2022). Urgensi Evaluasi Pembelajaran di Kelas. JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, 3(2), 111–121. doi:10.47387/jira.v3i2.262
Putra, M. R., Valen, A., & Egok, A. S. (2020). Pengembangan Media Monopoly Game Pada Pembelajaran Sains Berbasis Kearifan Lokal Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1246–1256. doi:10.31004/basicedu.v4i4.529
Putri Amelia, P., Suryani, D. I., & Kurniasih, S. (2023). Pengembangan Media Monopoli Pada Tema Makananku Untuk Menumbuhkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas VIII di SMP Cilegon. PENDIPA Journal of Science Education, 7(3), 386–392. doi:10.33369/pendipa.7.3.386-392
Rahmadani, A., Ariyanto, A., Shofia Rohmah, N. N., Maftuhah Hidayati, Y., & Desstya, A. (2023). Model Problem Based Learning Berbasis Media Permainan Monopoli Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 10(1), 127–141. doi:10.38048/jipcb.v10i1.1415
Renggani, S. A., & Priyanto, W. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas 4 SD. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 11(1), 233–241. doi:10.24269/dpp.v11i1.8115
Saiful Bahri, M. (2023). Problematika Evaluasi Pembelajaran Dalam Mencapai Tujuan Pendidikan Di Masa Merdeka Belajar. JIIP: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(4), 2871–2880. Retrieved from http://jiip.stkipyapisdompu.ac.id
Salsabila, I. A. V., & Ariyanto, R. D. (2022). Permainan MONIKA ( Monopoli Efikasi Diri ) sebagai Strategi Permainan Edukatif untuk Meningkatkan Efikasi Diri Siswa SMP. Semdikjar 5, 681–689.
Sari, E. P., Fantiro, F. A., & Utami, I. W. P. (2024). Pengembangan Media Smart Box Berbasis Permainan Monopoli Dalam Kalimat Transitif Dan Kalimat Intransitif Peserta Didik Kelas 4 Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09.
Septia, T., Rizki, U., Pertiwi, E. K. C. A., & Kiromi, M. M. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Monopoli Matematika Bernuansa Islami pada Materi Aljabar. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(3), 469–478. doi:10.31980/plusminus.v3i3.1509
Soesana, A., Subakti, H., Salamun, S., Tasrim, I. W., Karwanto, K., Falani, I., … Pasaribu, A. N. (2023). Metodologi Penelitian Kualitatif. (A. Karim & D. D. Pratama, Eds.). Riau: Yayasan Kita Menulis. Retrieved from https://repository.unugiri.ac.id:8443/4881/1/Anisa Buku Metodologi Penelitian Kuantitatif.pdf
Station, P. (2022). Prosiding Seminar Nasional Sains Pengembangan Media Pembelajaran Monopoly Physic Station Pada Materi Pengukuran Untuk Siswa SMA / MA, 3(1), 127–132.
Suardipa, I. P., & Primayana, K. H. (2023). Peran Penggunaan Desain Evaluasi Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Ilma Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 158–171. doi:10.58569/ilma.v1i2.587
Tawakal, G., Ihsan, M., Islam, A., & Palopo, N. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Permainan Monopoli pada Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTsN Palopo Pendahuluan, 13(1), 125–134.
Wardhana, L. A., & Alawiyah, Y. T. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Monopoli Berbasis Tematik Pada Tema 4 (Hidup Bersih Dan Sehat) Kelas Ii Sdn Sumbersuko Kabupaten Probolinggo. Pedagogy : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(1), 23–26. doi:10.51747/jp.v8i1.700
Diterbitkan
2024-12-12
Bentuk Sitasi
Pratiwi, Diah, and Ahmad Saefudin. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 11, no. 4 (December 12, 2024): 61-84. Accessed February 17, 2025. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2601.
Section
Articles