Pengaruh Kecerdasan Interpersonal dan Kecerdasan Intrapersonal terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VI Al-Wahid di SD Islam Al-Alifah Palembang
Abstrak
Kecerdasan interpersonal adalah kecerdasan yang berhubungan dengan kemampuan untuk bersosialisasi dengan orang-orang sekitarnya. Kecerdasan intrapersonal berhubungan dengan kemampuan seseorang untuk tanggap terhadap perasaan yang ada dalam dirinya, orang yang memiliki kecerdasan intrapersonal yang baik akan memiliki kemampuan untuk mengenal baik kekuatan-kekuatan maupun kelemahan yang ada dalam dirinya. Pendidikan agama Islam adalah suatu usaha untuk membina dan mengasuh peserta didik agar senantiasa dapat memahami ajaran Islam secara menyeluruh. Lalu menghayati tujuan ajarannya yang pada akhirnya dapat mengamalkan serta menjadikan Islam sebagai pandangan hidup.
Tujuan penelitian ini, untuk mengetahui bagaimana pengaruh kecerdasan interpersonal dan kecerdasan intrapersonal siswa terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SD Islam Al-Alifah Jakabaring palembang, adakah pengaruh kecerdasan interpersonal dan kecerdasan intrapersonal terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam di SD Islam Al-Alifah Jakabaring Palembang. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif menggunakan teknik analisa statistik sederhana yaitu menggunakan rumus teknik analisis product moment dan analisis korelasi regresi linier berganda. Sampel dalam penelitian ini 23 siswa diambil dengan teknik sampel jenuh.
Hasil penelitian ini bisa dilihat pengaruh kecerdasan interpersonal dan kecerdasan intrapersonal terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas VI Al-Wahid di SD Islam Al-Alifah Jakabaring Palembang, pengaruh dilihat dari nilai Nilai kemudian dibandingkan dengan nilai pada taraf nyata α = 0,05 yaitu = = 2,07. Ternyata = 1,70 < 2,07 = dengan demikian maka model multipel signifikan.
Downloads
Referensi
Syarnubi. “Guru Yang Bermoral Dalam Konteks Sosial, Budaya, Ekonomi, Hukum dan Agama.” Jurnal PAI Raden Fatah 1, no. 1 (2019).
Yoanita Sandry Agustini. “Deskripsi Kecerdasan Intrapersonal Mahasiswa Semester Tiga Program studi Di Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sanata Dharma Tahun Ajaran 2007/2007 dan Implikasinya Terhadap Usulan Kegiatan Bimbingan Untuk Meningkatk.” Uiversitas Sanata Dharma Yogyakarta, 2007.
Zulhijra, Irja Putra Pratama dan. “Reformasi pendidikan islam di indonesia.” jurnal PAI raden fatah 1, no. 2 (2019).

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.