Pendidikan Dasar Islam Sebagai Fondasi Pembangunan Moral dan Sosial di Era Globalisasi
Abstrak
Pendidikan dasar Islam memegang peranan penting dalam membentuk moral dan sosial individu sejak usia dini. Di era globalisasi yang ditandai oleh perkembangan teknologi dan pergeseran nilai-nilai budaya, pendidikan berbasis nilai-nilai Islam menjadi instrumen strategis untuk menjaga identitas moral dan sosial masyarakat. Artikel ini membahas konsep pendidikan dasar Islam, pentingnya penerapannya dalam pembentukan karakter, serta tantangan yang dihadapi dalam dunia yang terus berubah. Dengan pendekatan literatur dan analisis konseptual, artikel ini menyoroti bagaimana pendidikan dasar Islam dapat menjadi fondasi pembangunan moral dan sosial di era globalisasi.
Downloads
Referensi
Al-Attas, S. N. (2005). Islam dan Pendidikan: Sebuah Pandangan Alam. Kuala Lumpur: International Institute of Islamic Thought and Civilization.
Al-Qur’an al-Karim. (n.d.). Terjemahan Al-Qur’an dan Tafsirnya. Jakarta: Pustaka Al-Hidayah.
Dewi, R. (2019). Peran Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Karakter Anak di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 12(3), 45-60.
Hamid, A. (2018). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Islam. Surabaya: Al-Ikhlas.
Hidayat, A. (2018). Globalisasi dan Tantangan Pendidikan Islam. Bandung: Media Dakwah.
Muhammad, A. (2020). Pendidikan Moral dalam Islam: Aplikasi di Sekolah Dasar. Jakarta: Rajawali Press.
Mulyasa, E. (2017). Manajemen Pendidikan Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nasution, S. (2019). Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Rajawali Pers.
Rahman, F. (2021). Metodologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Gramedia.
Sani, M. (2020). Pendidikan Islam di Era Globalisasi: Pendekatan dan Solusi. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga Press.
Supriyono, E. (2021). Tantangan Pendidikan Islam di Era Digital dan Globalisasi. Jurnal Pendidikan Islam, 15(2), 78-90.
Zain, I. (2016). Integrasi Nilai Islam dalam Kurikulum Pendidikan Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.