Implementasi Metode Gasing dalam Meningkatkan Konsep Pemahaman Materi Penjumlahan Siswa di Sekolah Dasar
Abstrak
Proses budaya untuk meningkatkan harkat dan martabat manusia, dan berlangsung sepanjang hayat yang dilaksanakan di lingkungan keluarga sekolah dan masyarakat merupakan istilah dari pendidikan. Keberadaan pendidikan diharapkan dapat mempersiapkan pembelajaran, melaksanakan dan menilai hasil belajar para siswa dengan baik, dapat memilih dan menggunakan model-model interaksi belajar mengajar yang tepat Salah satu tindakan yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah pemahaman konsep materi penjumlahan siswa di sekolah dasar yaitu dengan metode gasing (gampang asik dan menyenangkan). Tujuan skripsi ini adalah untuk menganalisis konsep darimetode gasing untuk pemahaman materi penjumlahan siswa di sekolah dasar. Metode penulisan skripsi ini menggunakan pendekatan pada penelitian kualitatif yaitu studi kasus. Hasil penelitian keterampilan berhitung penjumlahan menggunakan metode gasing, siswa mampu menyelesaikan soal dengan benar dan tepat sehingga pretasi belajar siswa meningkat, terampilkan menggunakan metode gasing dalam penjumlahan dalam hal ini siswa tidak mengalami kesulitan dalam pembelajaran berhitung dan belajar secara mandiri langsung mempraktekkan penggunaan media pembelajaran. Kesimpulan terdapat peningkatan pemahamanan materi penjumlahan yang signifikan pada siswa di sekolah dasar setelah di ajarkan menggunakan metode gasing. Studi kasus ini hanya dilakukan pada siswa dengan masalah pemahamanan materi penjumlahan, diharapkan peneliti selanjutnya dapat melakukan studi kasus yang mendalam dan menerapkan metode lain yang lebih efektif untuk meningkatkan konsep pemahaman materi penjumlahan di sekolah dasar.
Abstract
The cultural process to enhance human dignity and worth, which occurs throughout life within the family, school, and community, is referred to as education. Education is expected to prepare students for learning, implement, and assess their learning outcomes effectively, as well as to select and use appropriate teaching and learning interaction models. One of the actions that can be taken to address the issue of understanding the concept of addition in elementary school students is the use of the Gasing method (fun, easy, and enjoyable). The purpose of this thesis is to analyze theconcept of the Gasing method for understanding addition material in elementary school students. This thesis employs a qualitative research approach, specifically a case study. The results show that students' arithmetic skills in addition, using the Gasing method, enabled them to solve problems correctly and accurately, thus improving their learning outcomes. The Gasing method in addition helped students overcome difficulties in arithmetic learning, allowing them to learn independently and practice using learning media. In conclusion, there was a significant improvement in understanding addition material among elementary school students after being taught using the Gasing method. This case study was conducted only with students who faced difficulties in understanding addition concepts. It is hoped that future researchers will conduct more in-depth case studies and apply other more effective methods to enhance the understanding of addition concepts in elementary schools.
Downloads
Referensi
Alif. Wawancara dengan peserta didik kelas IV MI Miftahul Huda Bulung Kulon 16 Oktober 2019. Pukul 08.25 di depan kelas 4 Lampiran 5
Ani. Wawancara dengan peserta didik kelas IV MI Miftahul Huda Bulung Kulon14 Oktober 2019. Pukul 08.25 di depan kelas
Arsip dokumentasi MI Miftahul Huda Bulung Kulon Jekulo Kudus tahun 2019, dikutip tanggal 14 oktober 2019
Dimyati dan Mudjiono, Belajar dan Pembelajaran, (Jakarta: Rajawali Pers, 2016)
El Khuluqo, Belajar dan Pembelajaran (Konsep Dasar Metode dan Aplikasi Nilai-Nilai Spritualitas Dalam Proses Pembelajaran), (Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2017)
Fachrurrozi, A. Dan Erta Mahyudin, Pembelajaran Bahasa Asing Tradisional Dan Kontemporer, (Depok: Rajagrafindo Persada, 2016)
Faiz, M. Ragam Metode Mengajarkan Eksakta Pada Murid. (DIVA Press Anggota IKAPI. Jogjakarta. 2017)
Hamdani, Strategi Belajar Mengajar, (Bandung: Pustaka Setia, 2016), Hasil Wawancara Umroh selaku Wali Kelas MI Nu Miftahul Huda. 14 Oktober 2019. Transkrip wawancara
Hamzah, A. Evaluasi Pembelajaran Matematika, (Jakarta: Rajagrafindo Persada, 2014)
Listianah,Sri. (Selaku Kepala Sekolah). Wawancara Oleh Penulis. 14 Oktober 2019. Wawancara 1. Transkrip
Mahmud,Metode Penelitian Pendidikan, (Bandung: Pustaka Setia, 2016)
Majid, A. Pembelajaran Tematik Terpadu, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2016)
Mallory yang dikutip dalam buku Hasan Basri, paradigm baru system pembelajaran, (Bandung: Pustaka Setia. 2015)
Margono, S. Metodologi Penelitian Pendidikan, (Jakarta: Rineka Cipta. 2017)
Rulam, Ahmadi. Pengantar Pendidikan Asas & Filsafat Pendidikan. (Yogyakarta. Ar-Ruzz Media. 2016. Cet. 2.)
Sadiaman Dkk, Media Pendidikan: Pengertian Pengembangan Dan Pemanfaatannya, (Jakarta: Rajagrafindo Persada, 2016)
Sanjaya, Wina. Kurikulum dan Pembelajaran. Teori dan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), (Jakarta: Pernada Media Group, 2018)
Sardipan A.M, Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2016)
Sudijono, Anas. Pengantar Evaluasi Pendidikan, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2014)
Sudjana, N. Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2016)
Sumantri, Syarif. Strategi Pembelajaran, (Jakarta: Rajagrafindo Persada, 2015)
Susanto, A. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar, (Jakarta: Pranadamedia Group, 2016)
Sugiyono, Memahami Penelitian Kualitatif. (Bandung: Alfabeta, 2016)
Suyanto dan Asep Jihad. Menjadi Guru Profesional Strategi Untuk Meningkatkan Kualifikasi Dan Kualitas Guru Di Era Global. (Jakarta: Esensi, 2013)
Wahyudin. Pembelajaran dan model-model pembelajaran (pelengkap untuk meningkatkan kompetensi pedagogis para guru dan calon guru professional) seri 5. Jakarta: IPA Abong.(2018).40

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.