Analisis Kesulitan Belajar Matematika pada Kurikulum 2013 (K-13) Materi Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) dan Faktor Persekutuan Terbesar (FPB) Kelas IV MI Yusuf Abdussatar Kediri Tahun Ajaran 2024/2025
Abstrak
Studi ini bertujuan untuk mengevaluasi berbagai tantangan yang dialami siswa dalam mempelajari materi KPK dan FPB kelas IV di MI Yusuf Abdussatar. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana bentuk kesulitan belajar matematika pada kurikulum 2013 (K-13) materi KPK dan FPB kelas IV MI Yusuf ABdussatar Kediri Tahun Ajaran 2024/2025. Jenis pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pendekatan kualitatif deskriptif yaitu data yang terkumpul berbentuk kata-kata, gambar bukan angka-angka. Peneliti berusaha untuk mendapatkan data penelitian yang bersifat kata-kata, serta penjelasan terkait judul penelitian. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesulitan belajar matematika pada kurikulum 2013 materi KPK dan FPB adalah sebagai berikut: Bentuk kesulitan ini mencakup 2 faktor, yakni 1) faktor Guru berupa (a) penjelasan konsep dasar yang kurang mendalam, (b) metode pengajaran yang kurang efektif. 2) Faktor Siswa berupa, (a) kesulitan memahami konsep, (b) kesulitan menghitung, (c) kesulitan menghitung rumus, (d) kesulitan mengatasi soal cerita, (e) kecemasan matematis, (f) Kurangnya motivasi, (g) keterampilan memecahkan masalah yang lemah, (h) kesulitan dalam memvisualisasikan.
Downloads
Referensi
(Discusses foundational concepts of least common multiple (LCM) and greatest common divisor (GCD) with applications in number theory.)
Burton, D. M. (2011). Elementary Number Theory. New York: McGraw-Hill.
(Covers the principles of number theory, including techniques for finding GCD and LCM using prime factorization.)
Hadi. Sutrisno. 1998. Metodologi Research, Jilid III. Yogyakarta: Andi Offset
Hartono, T. (2017). Strategi Pembelajaran Matematika: Konsep KPK dan FPB. Surabaya: Graha Ilmu.
Indrawati, S., & Kusumawati, D. (2018). Panduan Lengkap Aritmatika: FPB dan KPK. Yogyakarta: Media Edukasi.
Kusnadi, R. 2020. Faktor Prima dan Aplikasinya dalam KPK dan FPB. Bandung: Pustaka Matematika.
Lestari, M. 2016. Belajar Matematika Mudah dan Menyenangkan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mulyono, T. 2019. Praktikum Aritmatika: Konsep FPB dan KPK. Bogor: IPB Press.
Mulyono, Abdurrahman. 2012. Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Nasution. 2016. Metode Research. Jakarta: Bumi Aksara.
Nasution, A. 2021. Pengantar Matematika untuk Pemula. Medan: Universitas Sumatera Utara Press.
Puspita, A., & Ramadhan, E. 2018. Logika dan Teori Bilangan. Bandung: Alfabeta.
Putri, Febriana Mulyana “Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Etnomatematika Ukir Kayu Jepara Pada Materi Transformasi Geometri Kelas IX SMP/MTs,” Jurnal Pendidikan Dan Pengembangan Matematika 2, no. 1 (2022): 21–37.
Rahmawati, I. 2020. Pembelajaran Matematika Berbasis Kontekstual: FPB dan KPK. Malang: UB Press.
Rosen, K. H. (2019). Discrete Mathematics and Its Applications (8th ed.). New York: McGraw-Hill Education.
(Explores GCD, LCM, and their role in discrete structures, with practical problem-solving examples.)
Santoso, H. 2022. Pemahaman Matematika Dasar untuk Siswa Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara
Sudaryono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sukmadinata, Nana Syaodih. 1998. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.