Strategi Implementasi Pendidikan Agama Islam Berbasis Karakter dalam Meningkatkan Kualitas Moral Siswa di MTs NWDI Rensing Bat

  • Nurul Hidayati IAI Hamzanwadi Pancor Lombok Timur, Indonesia
Kata kunci: Pendidikan Agama Islam Berbasis Karakter

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan hasil kajian terkait penerapan Pendidikan Agama Islam berbasis karakter di MTs NWDI Rensing Bat. Data diperoleh melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis melalui tiga tahap: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, serta diuji kredibilitasnya. Proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MTs NWDI Rensing Bat menitikberatkan pada pendidikan karakter yang diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Siswa di sekolah ini menunjukkan kesadaran, kedewasaan, dan kecerdasan dalam bertindak, dengan pemahaman bahwa teori semata tidak cukup jika tidak diimplementasikan dalam praktik nyata. Faktor pendukung utama penerapan Pendidikan Agama Islam berbasis karakter meliputi visi dan misi sekolah yang jelas, yang mendorong terbentuknya budaya sekolah yang berkarakter. Faktor lainnya mencakup pemanfaatan waktu secara optimal, pengelolaan finansial yang baik, ketersediaan fasilitas yang mendukung, serta keterlibatan seluruh tenaga pendidik dan karyawan dalam membangun karakter tidak hanya pada siswa tetapi juga pada lingkungan sekolah secara keseluruhan. Selain itu, jaringan sekolah yang luas, peningkatan kualitas sumber daya manusia, dan pengelolaan yang unggul menjadi kelebihan yang mendukung keberhasilan implementasi ini.

Downloads

Download data is not yet available.

Referensi

Abdul Majid Dan Dian Andayani, Pendidikan Karakter Persfektif Islam (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011), Hlm. Iv..
Arifin Nurdin, ‘Gagasan Dan Rancangan Pendidikan Agama Berwawasan Multikultural Di Sekolah Agama Dan Madrasah’, Dalam Http//Www.Pendidikan, Diambil Tanggal 20 Juli 2020 Pukul 22.21 WITA..
Departemen Agama RI, Al-Jumanatul Ali, Al-Qur’an Dan Terjemahannya (Bandung: CV. Penerbit J-ART, 2004).
Emzir, Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif Dan Kualtitatif, (Jakarta: Rajawali Press, 2010)..
Lexy J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: (Rosdakarya, 1988), n.d.
Masnur Muslich, Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional (Jakarta: PT Bumi Aksara, 2011),
Muh. Zakaria. “Kerangka Dasar Dan Struktur Kurikulum Standar Pendidikan Nasional (Analisis Struktur Fungsi).” Accessed December 18, 2024. https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/elhikmah/article/view/233/211.
Setyosari, Pengantar Metodologi Penelitian Pendidikan,( Jakarta: Rajawali Press, 2010),
Zakaria, Muh. “Dualisme Pendidikan Kegelisahan Akademik Profesi: Kajian Sistem Dan Kebijakan Pendidikan Di Indonesia.” Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam Dan Isu-Isu Sosial 20, no. 2 (December 6, 2022): 79–96. https://doi.org/10.37216/tadib.v20i2.724.
Zubaedi, Desain Pendidikan Karakter . . . (Jakarta: Kencana, Cet. I, 2011),.
Diterbitkan
2024-12-19
Bentuk Sitasi
Hidayati, Nurul. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 11, no. 4 (December 19, 2024): 250-259. Accessed February 17, 2025. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2664.
Section
Articles