Efektifitas Bimbingan Konseling Islam dalam Mengatasi Permasalahan Siswa di MAN Dairi Sidikalang

  • Muslimah Berasa Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
  • Nefi Darmayanti Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
Kata kunci: Bimbingan dan konseling islami, masalah siswa, proses belajar

Abstrak

Pada dasarnya pendidikan merupakan proses untuk membantu manusia dalam mengembangkan dirinya sehingga mampu menghadapi setiap perubahan yang terjadi. keberadaan bimbingan konseling di lembaga pendidikan yang mengatasnamakan islam dalam menjalankan tugas bimbingannya tentu harus berpegang teguh pada ajaran islam sesuai dengan al-qur’an dan hadist. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas bimbingan konseling islam dalam mengatasi permasalahan siswa di sekolah MAN Dairi Sidikalang. metode Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data tersebut penulis menggunakan beberapa teknik wawancara mendalam dengan guru Bk, wali kelas dan salah satu siswa. serta melakukan observasi langsung ke lapangan atau di lokasi penelitian tepatnya di sekolah MAN Dairi. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa bimbingan konseling islam memberikan manfaat yang signifikan bagi permasalahan siswa. Efektivitas bimbingan konseling islam yang dilakukan oleh guru Bk di sekolah madrasah aliyah dairi (MAN Dairi) antara lain yaitu : pertama, melakukan bimbingan konseling islam di awali dengan Basmallah dan di akhiri dengan do'a. Kedua, memberikan pengarahan tentang sikap tawadhu kepada siswa. Ketiga, memberikan motivasi pemahaman tentang agama. Keempat, membimbing dan mengarahkan siswa. Program ini membantu siswa mengembangkan keterampilan menghadapi stres, mengatasi masalah, serta berinteraksi sosial sehat. Berdasarkan beberapa hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa bimbingan dan konseling islami efektif dalam menangani masalah yang dialami siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Referensi

Ermalianti, E. (2021). Pengembangan panduan konseling Islami berbasis model Gerald Corey. TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 4(3), 429–443. https://doi.org/ 10.26539/teraputik.43545
Asror, M. (2021). Studi Analisis Program Bimbingan Konseling Komprehensif Berbasis Islam Untuk Meningkatkan Resiliensi Siswa. Pamomong: Journal of Islamic Educational Counseling, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.18326/pamomong.v1i1.1-13
Carles, E., Hiptraspa, Z., Warsah, I., & Effendi, M. (2023). Peningkatan Kesejahteraan Mental Siswa melalui Bimbingan Konseling Islam. Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 7(1), 149–164.
El Fiah Rifdah, Bimbingan dan Konseling di Sekolah, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M): IAIN Raden Intan Lampung, 2020
Fahyuni Eni Fahriatul, Buku Ajar Bimbingan dan Konseling Islami di Sekolah, UMSIDA Press: Sidoarjo Jawa Timur, 2018
Lesmana Gusman, Kapita Selekta Pelayanan Konseling, Bahan Ajar Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UMSU: Sumatera Utara Medan, 2021
Dani, I. R. (2023). Analisa Peran Bimbingan Konseling Islam Dalam Memotivasi Belajar Siswa Di SMA N 1 Serba Jadi Kabupaten Serdang Bedagai. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Terapan, 13(2), 23–34.
Dewi Yati, T. (2022). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok. Jurnal Syntax Admiration, 3(4), 631–638. https://doi.org/10.46799/jsa.v3i4.429
Farid Muhajir, M. . R. (2020). Analisis prilaku konsumtif ditinjau dari kepercayaan diri siswa MTs Darussalam. Jurnal At-Taujih, 01(2).
Fatimatuzzahroh, Siti. A. M. (2021). Efektivitas Penerapan Bimbingan Konseling Islami Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Proses Belajar : Literature Review. Prosiding Seminar & Lokakarya Nasional Bimbingan Dan Konseling 2021 PD ABKIN JATIM & UNIPA SBY EFEKTIVITAS, 27–33.
Hj. Sitti Trinumi. (2019). Pendidikan Berbasis Bimbingan Dan Konseling Islam Dalam. Jurnal Bimbingan Penyuluhan Islam, 6, 81–88.
Ismah, I. (2022). Menarik Minat Siswa Pada Layanan Bimbingan Dan Konseling Islami Di Sekolah Menggunakan Layanan Informasi Dengan Teknik Modelling. Jurnal Konseling Gusjigang, 2(1), 12–19. https://doi.org/10.24176/jkg.v2i1.550
Kartika MR, G. N. (2018). Perspektif Bimbingan Konseling Dalam Pendidikan Islam. NALAR: Jurnal Peradaban Dan Pemikiran Islam, 1(2), 95. https://doi.org/10.23971/njppi.v1i2.906
Kuliyatun, K. (2020). Bimbingan Dan Konseling Islam Dalam Meningkatkan Religiusitas Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA). Jurnal Bimbingan Penyuluhan Islam, 2(1), 91. https://doi.org/10.32332/jbpi.v2i1.2064
Nursa, R. A., & Mufnizar, A. (2020). The development of al-Islam’s learn oriented higher order thinking skills (HOTS) is based on neurosains. Islam in World Perspectives Symposium“Nurturing Young Muslim in The Post-Truth Era: Islamic Studies Perspective,” 1(1), 109–122.
Oetami, P., & Yuniarti, K. W. (2020). Orientasi Kebahagiaan Siswa Sma, Tinjauan Psikologiindigenous Pada Siswa Laki-Laki Dan Perempuan. HUMANITAS: Indonesian Psychological Journal, 8(2), 105. https://doi.org/10.26555/humanitas.v8i2.458
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Alfabeta.
Tamami, B., & Mijianti, Y. (2023). Bimbingan Konseling Islam untuk Meningkatkan Spiritual Quotient Siswa SMP Islam Ambulu Jember. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 11(2), 258–269. https://doi.org/10.24269/dpp.v11i2.7224
Wahyuni, Y., & Iswari, M. (2022). Peran bimbingan dan konseling dalam meningkatkan motivasi belajar matematika pada siswa kelas vii smpn 3 pekanbaru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 8043–8050.
Diterbitkan
2024-12-31
Bentuk Sitasi
Berasa, Muslimah, and Nefi Darmayanti. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 11, no. 4 (December 31, 2024): 359-372. Accessed February 18, 2025. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2705.
Section
Articles