Pendidikan Multikultural dalam Konteks Global: Tantangan dan Peluang

  • Sonya Elsa Triyanda Pohan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Ismail Ismail Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Muhammad Rum Sitorus Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
  • Azizah Hanum OK Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
Kata kunci: Pendidikan Multikultural, Globalisasi, Tantangan dan Peluang

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mengkaji pendidikan multikultural dalam konteks global dengan fokus pada tantangan dan peluang yang dihadapi dalam implementasinya. Di era globalisasi, pendidikan multikultural menjadi semakin krusial sebagai instrumen untuk mempersiapkan generasi yang mampu hidup harmonis dalam masyarakat yang beragam. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan library research. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa tantangan utama pendidikan multikultural meliputi: (1) kesenjangan sosio-ekonomi, (2) ketidaksetaraan gender, (3) implementasi era digital, (4) homogenitas lingkungan sosial, (5) arus globalisasi. Sementara itu, peluang yang dapat dioptimalkan mencakup: (1) meningkatkan toleransi dan pemahaman diantara individu, (2) dialog dan toleransi agama, (3) mengurangi potensi konflik, (4) pemanfaatan teknologi digital. Kesimpulan penelitian mengindikasikan bahwa keberhasilan pendidikan multikultural memerlukan pendekatan holistik yang mengintegrasikan aspek kebijakan, kurikulum, dan praktik pembelajaran. Rekomendasi yang diajukan meliputi penguatan kebijakan pendidikan inklusif. Pengembangan kurikulum berbasis keragaman dan peningkatan kapasitas pendidik dalam manajemen kelas multikultural.

Downloads

Download data is not yet available.

Referensi

Asmawati, Y. (2020). Implementasi Pendidikan Multikultural di Indonesia dalam Perspektif Hukum. Indonesian Journal of Law and Society, 2(2), 126-140.
Ayu, D., Zahra, P., Rafiudin, M., Laila, N., & Santoso, G. (2022). Peran Multikulturalisme : Menghadapi Tantangan dan Membangun Kesetaraan Budaya. Jurnal Pendidikan Transformatif ( Jupetra ), 01(02), 165–173.
Fabela, Z. (2024). Dampak Kesenjangan Sosial Di Indonesia. Sentri: Jurnal Riset Ilmiah, 3(6), 3158–3164.
Fatha Pringgar, R., & Sujatmiko, B. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research) Modul Pembelajaran Berbasis Augmented Reality pada Pembelajaran Siswa. Jurnal IT-EDU, 05(01), 317–329.
Firdaus, M. (2023). Pendidikan Multikultural Kajian Histori. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 10(3), 326–340. https://doi.org/10.31571/sosial.v10i3.6885
Harahap, M. S. (2019). Sejarah Dinasti Bani Umaiyyah dan Pendidikan Islam. WARAQAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 4(2), 21.
Harahap, M. S. (2020). Boarding School Perguruan Tinggi Islam (Kajian Berbasis Data Penelitian Lapangan). PKBM AL-AMIN.
Harahap, M. S. (2023). The Role of the History of Islamic Education in Improving Morals in Adolescents. Ummaspul, 7 (2). https://ummaspul.e-journal.id/maspuljr/article/view/7928
Harahap, Muhammad Sapii, Salsa Ikhlasiyah, and Nunzairina Nunzairina. “Eksistensi Motivasi Dalam Meningkatkan Potensi Personal Dalam Perspektif Al-Qur’an Dan Hadis.” Al-Liqo: Jurnal Pendidikan Islam 7, no. 2 (2022): 128–41.
Harahap, Muhammad Sapii, Wahyudin Nur Nasution, Neliwati Neliwati, and Nunzairina Nunzairina. “History-Based Islamic Education Management at Madrasah Aliyah Private Islamic Boarding School Mawaridussalam, Batang District Quiz.(Learning Planning Study).” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam 12, no. 01 (2023).
Harahap, Muhammad Sapii. “Observing the Development of the As-Sunnah Islamic College.” WARAQAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman 7, no. 1 (2022): 134–49.
Jeni Danurahman, Danang Prasetyo, and H. H. (2021). “Kajian Pendidikan Multikultural Di Era Digital". Jurnal Kalacakra: Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 1, 8.
Muhammad Sapii Harahap. (2022). Sejarah Pendidikan Islam. As-Sunnah Press.
Nashihin, N. (2022). Pendidikan Multikultural di Indonesia dan Relevansinya dengan Konsep Islam. Ummul Qura: Jurnal Institut Pesantren Sunan Drajat (INSUD) Lamongan, 17(1), 11–25. https://doi.org/10.55352/uq.v17i1.562.
Ridho, A., Wardhana, K. E., Yuliana, A. S., & Qolby, I. N. (2022). Implementasi Pendidikan Multikutural Berbasis Teknologi Dalam Menghadapi Era Society 5 . 0. 7(3), 195–213.
Sakban, A. (2018). Multicultural & Keberagaman Sosial.
Sapii, Muhammad. “Islamic Education Educators during the Abbasid Dynasty (Analysis of Historical Studies of Islamic Education).” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam 12, no. 04 (2023).
Sari, M., & Asmendri. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA. Natural Science, 6(1), 41–53.
Sarnita, S., & Titi Andaryani, E. (2023). Pertimbangan Multikultural Dalam Pengembangan Kurikulum Untuk Menghadapi Keanekaragaman Siswa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(11), 1183–1193. https://doi.org/10.59141/japendi.v4i11.2233.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Sumardi, K. (2005). Pembelajaran berbasis multikultural. 207, 1–13.
Susanto, A., & Sari, D. P. (2017). Pendidikan multikultural di Indonesia: Sejarah, konsep, dan implementasi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(2), 263-272.
Unwanullah, A. (2021). Transformasi Pendidikan Untuk Mengatasi Konflik Masyarakat Dalam Perspektif Multikultural. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 45–57.
Widiatmaka, P., & Hidayat, M. Y. (2022). Pendidikan multikultural dan pembangunan karakter toleransi. 09(02), 119–133.
Diterbitkan
2024-12-31
Bentuk Sitasi
Pohan, Sonya Elsa Triyanda, Ismail Ismail, Muhammad Sitorus, and Azizah Hanum OK. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 11, no. 4 (December 31, 2024): 460-472. Accessed February 18, 2025. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2720.
Section
Articles