Kreativitas Guru dalam Memanfaatkan Barang Bekas sebagai Media Pembelajaran Kelas V Mata Pelajaran IPA di MI Fityatul Ulum Pelepok Tahun Pelajaran 2023/2024
Abstrak
Kurangnya media pembelajaran yang mendorong guru memanfaatkan barang bekas untuk meningkatkan kreativitas dan pemahaman siswa kelas V. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kreativitas guru dalam memanfaatkan barang bekas sebagai media pembelajaran siswa kelas V mata pelajaran IPA di MI Fityatul Ulum Pelepok tahun pelajaran 2023/2024 dan menganalisis hambatan guru dalam memanfaatkan barang bekas sebagai media pembelajaran siswa kelas V di MI Fityatul Ulum Pelepok tahun pelajaran 2023/2024. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis studi kasus yang bertujuan untuk menggambarkan secara objektif keadaan ditempat penelitian dengan sumber data penelitiannya. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data (data display), penyajian data, (data conclusion), dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menemukan bahwa: (1) kreativitas guru kelas V dalam memanfaatkan barang bekas sebagai media pembelajaran IPA adalah: memilih jenis media pembelajaran terlebih dahulu yang disesuaikan dengan materi pembelajaran di kelas V, menentukan bahan yang akan digunakan dalam membuat media pembelajaran, membuat media pembelajaran dari barang bekas, dan menggunakan media pembelajaran tersebut pada proses pembelajaran. (2) hambatan yang dihadapi guru kelas V dalam memanfaatkan barang bekas sebagai media pembelajaran IPA adalah: (a) keterbatasan waktu, (b) keterbatasan sarana dan prasarana.
Downloads
Referensi
Yudhi Munadi. 2008. “Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru”, Jakarta: Gaung Persada Press.
Heri Gunawan. 2013. “Kurikulum dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam”, Bandung: Alfabeta.
Ike Malaya Sinta. 2019. “Manajemen Sarana dan Prasarana, Jurnal: Islamic Education Manajemen”, Vol. 4, No. 1
Ibnu Hikam, 2017. Peran Guru dalam Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa di MTs Negeri 12 Jakarta, Skripsi (Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
Prastowo Andi. “Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif”, (Yogyakarta: DIVA Press)
Widiastuti,2019. Mengatasi Keterbatasan Sarana dan Prasarana pada Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Jurnal Ilmiah: POLYGLOT, Vol. 15, No. 1.
Suyanto, E. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: Kencana
Hamdani, M. 2011. Strategi Pembelajaran Menyenankan. Bandung: Pustaka Setia.
Wina Sanjaya. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Purnomo, R. & Setyono, S. 2018. Pemanfaatan Barang Bekas sebagai Alat Peraga dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2).

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.