Model Manajemen Pendidikan Islam dalam Aktivitas Dakwah Tuan Guru Haji Muhammad Mutawalli Yahya Al-Kalimi di Lombok

  • Lalu Samcandra STIT Sibawaihi Mutawalli, NTB
  • Saeful Gani STIT Sibawaihi Mutawalli, NTB
Kata kunci: Manajemen Pendidikan Islam, Dakwah, Tuan Guru Mutawalli Nilai-Nilai Tasawuf

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan menganalisis model manajemen pendidikan Islam yang diterapkan dalam aktivitas dakwah Tuan Guru Haji Muhammad Mutawalli Yahya Al-Kalimi di Lombok. Sebagai salah satu tokoh berpengaruh dalam penyebaran Islam di Lombok, Tuan Guru Mutawalli mengintegrasikan prinsip-prinsip dakwah dengan strategi manajemen yang efektif untuk membangun pendidikan Islam berbasis nilai-nilai spiritual dan budaya lokal. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan analisis dokumen dari lembaga pendidikan yang didirikan atau dipengaruhi oleh beliau. Penelitian ini juga mengidentifikasi elemen-elemen penting dalam manajemen pendidikan Islam yang mencakup perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi kegiatan dakwah yang diarahkan pada pengembangan sistem pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model manajemen pendidikan Islam yang diterapkan oleh Tuan Guru Mutawalli mencakup tiga aspek utama: (1) Integrasi Dakwah dan Pendidikan, di mana dakwah tidak hanya sebagai aktivitas keagamaan tetapi juga sebagai sarana membangun pendidikan Islam yang holistik; (2) Penguatan Kelembagaan Pendidikan, dengan pendekatan berbasis komunitas yang melibatkan peran aktif masyarakat lokal; dan (3) Penerapan Nilai-Nilai Tasawuf, yang menekankan spiritualitas, akhlak mulia, dan kesadaran sosial dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menyimpulkan bahwa keberhasilan dakwah dan pendidikan Islam di bawah kepemimpinan Tuan Guru Mutawalli didukung oleh pendekatan manajemen yang sistematis dan kontekstual, yang relevan dengan kebutuhan masyarakat Lombok. Implikasi penelitian ini adalah pentingnya penerapan model manajemen berbasis dakwah untuk meningkatkan mutu pendidikan Islam di era kontemporer.

Downloads

Download data is not yet available.

Referensi

Al-Qur’an dan Terjemahan, Departemen Agama RI, (Surabaya: CV Pustaka Agung Harapan 2006)
Azhar Lalu Muhammad, Reramputan Pelajaran Basa Sasak, (GBPPL KML Provinsi Nusa Tenggara Barat 1994), Edisi kedua, bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga NTB: PT Intan Pariwara 2002
Dahlan Fahrurrozi, Sejarah Perjuangan dan Pergerakan Dakwah Tuan Guru Haji Muhammad Mutawalli di Pulau Lombok, (Jakarta: Sentra Media, 2006),
Muhiddin Asep, Dakwah Dalam Perspektif Islam, (Bandung: CV Pustaka Setia, 2002)
Nizar Samsul, Sejarah Sosial & Dinamika Intelektual Pendidikan Islam Nusantara, Edisi Pertama, (Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2013)
Bowen, Glenn A. “Document Analysis as a Qualitative Research Method.” Qualitative Research Journal 9, no. 2 (2009): 27–40.
Merriam, Sharan B, and Elizabeth J Tisdell. Qualitative Research: A Guide to Design and Implementation. John Wiley & Sons, 2015.
Yin, Robert K. Case Study Research: Design and Methods. Vol. 5. sage, 2009.
Diterbitkan
2024-12-31
Bentuk Sitasi
Samcandra, Lalu, and Saeful Gani. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 11, no. 4 (December 31, 2024): 410-427. Accessed February 18, 2025. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2730.
Section
Articles