Penerapan Model Pembelajaran Mordiscvein Berbantuan Media Kodular untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPAS di Kelas VI.2 MIM Unggulan Kota Gorontalo
Abstrak
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan rumusan masalah yaitu apakah model Mordiscvein berbantuan media Kodular dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS di kelas VI.2 MIM Unggulan Kota Gorontalo?. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS di kelas VI.2 MIM Unggulan Kota Gorontalo melalui penerapan model pembelajaran Mordiscvein berbantuan media Kodular. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam II siklus setiap siklus teridiri dari dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu persiapan (perencanaan), pelaksanaan tindakan, pemantauan dan evaluasi, serta analisis dan refleksi. Hasil belajar yang diperoleh dari pesertad didik yang dikenai tindakan pada siklus I dan siklus II berjumlah 26 peserta didik yang terdiri dari 13 peserta didik laki-laki dan 13 perempuan. Siklus I terdapat 3 peserta didik yang mencapai KKTP dengan persentase (11,54%) dan yang tidak memenuhi KKTP berjumlah 23 orang dengan persentase (88,64%). Pada siklus II, mengalami peningkatan yaitu sebanyak 24 peserta didik yang memenuhi KKTP (92,31%) dan yang tidak memenuhi KKTP 2 orang (7,69%). Berdasarkan kajian dari data siklus I dan siklus II maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Mordiscvein berbantuan media Kodular dapat meningkatkan hasil belajar peserta didikpada mata pelajaran IPAS di kelas VI MIM Unggulan Kota Gorontalo.
Downloads
Referensi
Hapudin, M. S. (2021). Teori Belajar dan Pembelajaran (Eko, Rendy, & Miya (eds.); Cetakan ke). Kencana.
Junaidi, Ach Bakir, A. (2023). Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Kodular di Sekolah Dasar dengan Metode Research Development (Studi Kasus SD Negeri Bangkes 04 Kadur). Jurnal Tiarsie, 20(4).
Nurdiana, L. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kontekstual Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas Iv Sekolah Dasar. PGSD FIP Universitas Negeri Surabaya, 1(1), 1–11. https://media.neliti.com/media/publications/246635-upaya-meningkatkan-hasil-belajar-siswa-d-f7328d5d.pdf
Safitri, M., & Aziz, M. R. (2022). Bahan Ajar Digital Matematika Berbantuan Kodular. Duconomics Sci-Meet (Education & Economics Science Meet), 2, 93–103. https://doi.org/10.37010/duconomics.v2.5913
Saleh, M., Pomalato, S. W. D., Kandowangko, N. Y., Rumape, O., Isa, I., Utina, R., & Yusuf, F. M. (2022). The Effectiveness of Mordiscvein Learning Model to Enhance Student Learning Outcomes in Science Subject of IV Grade in Primary School in Limboto District, Gorontalo Regency. Journal of Learning and Development Studies, 2(2), 05–09. https://doi.org/10.32996/jlds.2022.2.2.2

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.