Strategi dan Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam MI

  • Khoirul Budi Utomo Sekolah Tinggi Agama Islam Taruna Surabaya

Abstrak

Pendidikan Agama Islam memiliki peran yang amat penting dalam kehidupan umat manusia. Agama menjadi pemandu dalam dalam upaya mewujudkan suatu kehidupan yang bermakna, damai dan bermartabat. Menyadari betapa pentingnya peran Agama bagi kehidupan umat manusia maka nilai- nilai agama dalam kehidupan setiap pribadi menjadi sebuah kebutuhan yang harus ditempuh melalui pendidikan baik pendidikan keluarga, sekolah maupun masyarakat. Pendidikan Agama Islam dimaksudkan untuk membentuk peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia. Akhlak mulia mencakup etika, budi pakerti, moral sebagai perwujudan dari pendidikan Agama. Peningkatan potensi spiritual mencakup pengenalan, pemahaman dan penanaman nilai-nilai tersebut dalam kehidupan individu atau dalam masyarakat. Peningkatan potensi spiritual tersebut pada akhirnya bertujuan supaya manusia mempunya harkat dan martabat  sebagai makhluk Tuhan. Nilai nilai agama haruslah ditanamkan kepada anak anak sejak dini. Selain orang tuanya guru juga mempunyai peran yang sangat penting dalam menanamkan niai-nilai keagamaan sebagai pondasi sejak dini atau mulai Madrasah Ibtidaiyah (MI).

Downloads

Download data is not yet available.

Referensi

Ahmad Marimba, Pengantar Filsafat Pendidikan Islam, Bandung: PT. Al Ma’arif 1987.
Depdiknas, Penyelenggara School, Reform dalam Konteks MPBS Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah
Suharsimi Arikunto, Managemen Pengajaran secara Manusiawi, Jakarta: Rineka Cipta, 1993.
Munawir, Strategi Belajar Mengajar, Ponorogo: Lembaga Penerbitan Karya Ilmiah STAIN Ponorogo, 1999
Oemar Hamalik, Kurikulum dan Pembelajaran, Bandung: Bumi Aksara, 1994.
Muhaimin, Strategi Belajar Mengajar, Surabaya: Citra Media, 1996.
Nasution, Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar, Jakarta Bumi Aksara, 1995.
Muhibbin Syah, Psikologi Pendidikan, Bandung: Logos, 1995
Syaiful Bahri Jamaroh dan Azwan Zen, Strategi Belajar Menghafal, Jakarta: PT. Rineka Cipta, 1996
Rohali, Pengelolaan Pengajaran, Jakarta: Rineka Cipta, 1995
JJ Hasibran dan Moerdiono, Proses belajar Mengajar, Bandung: Remaja Rosda Karya 1995.
Sri Anita dan Nurhadi, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Universitas Terbuka, 1998.
Yusuf, Toyar dan Syaiful Anwar, Metodologi Pengajaran Agama, Jakarta: PT. Raya Grafindo Persada, 1995.
Sriyono, Tehnik Belajar Mengajar dalam KBSA, Jakarta: Melton Putra, 1992.
Nuraini, Buku Pintar Kamus Bahasa Indonesia, Surabaya: Karya Ilmu, 2000.
Roestiyah N.K, Majalah Pengajaran Sebagai Suatu Sistem, Jakarta: Rineka Cipta, 1994.
Soenarwan, Pendekatan Sistem dalam Pendidikan, Surakarta: University Press, 2001.
Dimyati dan Mujiono, Belajar dan Membelajarkan, Jakarta: Rineka Cipta, 1999.
Depdiknas, Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Puskesbank Depdiknas, 2001.
Zakiyah darajat, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 1992.
Mustofa Muslim, Mambait fi al Maudhui, Beirut: Dar Al Qalam, 1979.
Oemar Muhammad al Thoumy Al Syaibany, Filsafat Pendidikan Islam, Terjemah Season Langolong, Jakarta: Bulan Bintang, 1979.
E Mulyasa, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006.
F.J Monks, dkk. Psikologi Perkembangan, Yogyakarta: Gajah Mada Univesity Press, 1998.
Hamzah b. Uno, Perencanaan Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara, 2008.
Siti Sa’idah, Metode Pendidikan Bagi Pengembangan Rasa Agama Pada Anak Usia Awal, Jogjakarta, 2005.
Diterbitkan
2018-11-19
Bentuk Sitasi
Utomo, Khoirul. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 5, no. 2 (November 19, 2018): 145-156. Accessed April 26, 2024. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/331.
Section
Articles