Rancang Bangun Pendidikan Bela Negara sebagai Wahana Pengembangan Sikap Nasionalisme Bagi Mahasiswa
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep serta implementasi Pendidikan Bela Negara sebagai wahana pengembangan sikap nasionalisme mahasiswa. Secara metodologis, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analitik. Peneliti memilih metode studi kasus untuk menganalisis secara mendalam berkaitan dengan Pendidikan Bela Negara (PBN) yang dilaksanakan di Universitas Siliwangi sebagai wahana untuk meningkatkan sikap nasionalisme mahasiswa. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah pelaksana PBN UNSIL yaitu Wakil Rektor III UNSIL, Pemateri PBN, Pelatih PBN, dan Peserta PBN UNSIL 2016. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Model PBN UNSIL 2016 berbeda dengan model pelatihan bela negara Lemhannas dan bukan merupakan adaptasi dari kegiatan Lemhannas. PBN UNSIL lebih bersifat semi militer. 2) Permasalahan pokok dalam penanaman sikap nasionalisme mahasiswa yaitu penanaman sikap nasionalisme hanya bersifat tentatif dan tidak berkelanjutan.3) Menyikapi permasalahan pokok dalam penanaman nasionalisme mahasiswa maka diperlukan kegiatan yang berkesinambungan yang menjadi rutinitas kampus, baik dalam kegiatan akademik, penelitian maupun pengabdian kepada masyarakat diantaranya: a) pengimplementasian nilai-nilai Pancasila, b) pengoptimalan Pendidikan Kewarganegaraan.
Downloads
Referensi
Adiwarman. (-------). Pancasila dalam Meningkatkan Ketahanan Nasional. Jurnal Vol.2 N0. 1
Budimansyah, D. (2010). Mari Berpartisipasi dalam Bela Negara. Bandung: Garasindo
Elhefni. (2011). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Dan Hasil Belajar di Sekolah. TA’DIB, Vol. XVI, No. 02, Edisi Nopember 2011, halaman 305
Ginting, Liasta. (2013). Ancaman Globalisasi dan Regionalisasi Terhadap Persatuan dan Kesatuan Bangsa. Kajian Moral dan Kewarganegaraan Nomor 1 Volume 3 Tahun 2013
Naiborhu, Murni.dkk. (2015). Pembudayaan Nilai-Nilai Luhur Pancasila Melalui Pendidikan Kewarganegaraan.Jurnal Darma Agung.
Tippe, Syarifudin. (2013). Implementasi Kebijakan Bela Negara Di Perbatasan : Studi Kasus di Provinsi Papua. Jurnal Sosioteknologi Edisi 29 Tahun 12, Agustus 2013
Wahab, A.A dan Sapriya. (2011). Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Alfabeta
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.