Variasi Model Pembelajaran Guru MI pada di MI Miftahul Ulum Rowogempol Lekok Pasuruan

  • Didik Supriyanto Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nahdlatul Ulama Al Hikmah Mojokerto

Abstrak

Variasi mengajar Guru merupakan proses menantang ide- ide dan cara- cara melakukan hal- hal yang sudah diterima untuk menemukan solusi- solusi atau konsep-konsep baru. Pembelajaran tematik merupakan satu tujuan pengajaran yang penting untuk membantu murid memahami konsep utama dalam suatu objek. Pemahaman akan berkembang apabila guru dapat membantu murid untuk mengeksplorasikan topik secara mendalam dan memberi mereka contoh yang tepat dan menarik.

Penelitian ini dilaksanakan di MI Mifathul Ulum Rowogempul Lekok Pasuruan, dengan objek penelitian yaitu semua siswa Kelas III yang berjumlah 28 siswa. Adapun tujuan dilakukanya penelitian ini adalah mendeskripsikan: 1) untuk menjelaskan seberapa besar variasi guru di MI Mifathul Ulum Rowogempul Lekok Pasuruan, 2) Untuk menjelaskan seberapa besar pembelajaran tematik di MI Mifathul Ulum Rowogempul Lekok Pasuruan, 3) Untuk menjelaskan besarnya pengaruh variasi mengajar guru dalam pembelajaran tematik terhadap pembelajaran tematik di MI Mifathul Ulum Rowogempul Lekok Pasuruan.

Populasi dalam penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif kuantitatif dengan menggunakan regresi sederhana. Data yang diperoleh menggunakan kuisioner tertutup skala likert dan lima alternative jawaban. Subjek penelitian ini adalah MI Mifathul Ulum Rowogempul Lekok Pasuruan. Subjek penelitian ini sebanyak 28 responden. Dengan menggunakan teknik sampling insidental. Sumber data berupa data primer dan data sekunder. Sedangkan teknil analisis data yang digunakan regresi sederhana

Hasil analisis data dari penelitian ini diperoleh dari uji t adalah: Pengaruh variasi mengajar guru pada pembelajaran tematik di MI Mifathul Ulum Rowogempul Lekok Pasuruan. Dengan nilai signifikan dari hasil regresi sederhana diperoleh nilai= 0,000< 0,005.

Berdasarkan hasil penelitian yang didapat bahwa (1) tingkat variasi mengajar guru dalam pembelajaran tematik membuktikan bahwa variasi mengajar guru sangat tinggi (2) Tingkat pembelajaran tematik di MI Mifathul Ulum Rowogempul Lekok Pasuruan diketahui bahwa pembelajaran tematik tinggi (3) terdapat pengaruh variasi mengajar guru dalam pembelajaran tematik terhadap pemahaman belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Referensi

Abdul, Majid. 2007. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT. REMAJA ROSDAKARYA
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek.Yogyakarta: RINEKA CIPTA
Asmani, Ma’mur, Jamal. 2009. 7 Kompetensi Guru Menyenangkan dan Profesional. Jogjakarta POWER BOOKS (INDAH)
Azwar, Saifuddin MA. 2009. Metode Penelitian. Yogyakarta: PUSTAKA PELAJAR
Baharuddin. Wahyuni, Nur, Esa. 2007. Teori Belajar Dan Pembelajaran. Jogjakarta: AR-RUZZ MEDIA
Boulden, George P. 2006. Mengembangkan Kreativitas Anda. Jogjakarta: DOLPHIN BOOKS
Departemen Agama RI. 2005. Pedoman Pelaksanaan Pembelajaran Tematik. Jakarta: Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam.
Djamarah, Bahri, Syiful. 1994. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: USAHA NASIONAL
Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara
Makmun, Syamsuddin Abin. 1991. Psikologi Pendidikan.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: IKPAI
Supriyanto, Didik. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 5, No. 1 (September 26, 2018): 112-129.
Diterbitkan
2018-09-27
Bentuk Sitasi
Supriyanto, Didik. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 5, no. 2 (September 27, 2018): 247-254. Accessed April 24, 2024. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/411.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)