Pengembangan Materi Ajar Puisi Menggunakan Media Google Class Room di Tengah Pendemi Covid-19 di Sekolah Dasar
Abstrak
Penelitian ini dilatar belakangi oleh wabah covid-19 yang merambah ke berbagai negara hingga dikatakan sebagai pandemi global, pandemi ini berdampak di dunia pendidikan. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan materi ajar puisi melalui aplikasi google classroom, dalam mengembangkankan materi ajar puisi di SD bisa dilaksankan dengan dua cara, yang pertama bisa dengan penciptaan dan yang kedua dengan pengalihwahanaan. Penciptaan merupakan menciptakan puisi yang dahulunya tidak ada, dan pengalihwahanaan bisa diartikan menciptakan puisi dari sesuatu yang sebelumnya telah ada. pengembangan materi puisi ini dilakukan menggunakan Aplikasi google classrom untuk mempermudah guru dalam meyampaikan materi ajar puisi dan mengevaluasi hasil pembelajaran selama pembelajaran daring berlangsung. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kepustakaan, dengan adanya kajian mengenai perkembangan ini , dapat menjadi solusi bagi guru untuk mengatasi permasalahan dalam proses pembelajaran secara daring selama pendemi covid 19 ini dengan memanfaatkan google classroom dalam menyampaikan materi pembelajaran.
Downloads
Referensi
Damono, Sapardi Djoko. 2012. “Alih Wahanaâ€. Tanpa Kota: Editum
Pengembangan Materi Ajar Puisi di SD. Jurnal lingua. ISSN : 1829-9342 .
Fransiskus Ivan Gunawan, Stefani Geima Sunarman. “Pengembangan Kelas Virtual Dengan Google Classroom Dalam Keterampilan Pemecahan Masalah (Problem Solving) Topik Vektor Pada Siswa Smk Untuk Mendukung Pembelajaranâ€. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia Isbn: 978-602-6258-07-6.
Iqbal, Muhammad,. Sri Latifah, & Irwandani. 2019. “Pengembangan Video Blog (Vlog) Channel Youtube Dengan Pendekatan Stem Sebagai Media Alternatif Pembelajaran Daring, Inovasi Pembangunanâ€. Jurnal Kelit bangan. 7 (2). p-ISSN: 2354-5704. e-ISSN: 2622- 190X. 135-148.
Moleong, Lexy J. 2006. “Metode Penelitian Kualitatifâ€. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mu’alimah, Hikmah, & Ishafit. 2017. “Pembelajaran Inkuiri Kolaboratif Daring Dengan Media Social Whats App Pada Kemampuan Komunikasi Terhadap Materi Kalor Bagi Peserta Didik Di Abad 21â€. ISSN : 2527-6670. 200-205. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fisika Iii.
Sari, Dhany Efita. 2019. “Quizlet: Aplikasi Pembelajaran Berbasis Smartphone Era Generasi Mileniaâ€. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial (JPIS). 29(1). p-ISSN: 1412-3835. e-ISSN: 2541-4569. 9-15.
S. Iftakhar, “Google Classroom: What Works And How?,†Journal Of Education And Social Science, Vol. Iii, Pp. 12-18, 2016.
Teeuw, A. 1988. “Sastra dan Ilmu Sastra: Pengantar Teori Sastraâ€.
Yasmin, Puti. Berita dari detik News Asal Usul Virus Corona Berasal Dari Mana Sebenarnya. Di publish pada hari Senin, 06 April 2020 pukul 12:25 wib. Di unduh dari laman web https://news.detik.com/berita/d-4966701/asal-usul-viruscorona- berasal-dari-mana-sebenarnya pada hari Senin, 25 Mei April 2020 pukul 21.20 Wib.
Zeffry. 1998. “Manusia, Mitos, dan Mitologiâ€. Jakarta: Fakultas Sastra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.