Urgensi Pengembangan Keterampilan Belajar Abad 21 di Pendidikan Dasar

Bahasa indonesia

  • Hermansyah Hermansyah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Muslim Muslim Institut Agama Islam (IAI) Muhammadiyah Bima
  • Ihlas Ikhlas Institut Agama Islam (IAI) Muhammadiyah Bima
Kata kunci: Kata kunci: Pengembangan, Keterampilan, Belajar, Siswa, Abad 21

Abstrak

Penelitian ini membahas tentang bagaimana mempersiapkan generasi emas yang siap bersaing di tengah arus globalisasi dan kompetensi-kompetensi yang perlu dimiliki oleh siswa. Bagi seorang guru bahwa mendidik generasi yang tangguh itu butuh kematangan intelektual, konsep, metode, strategi dan tujuan yang jelas. Sehingga materi yang disampaikan dapat diserap oleh siswa dengan mudah.  Jenis penelitian yang digunakan dalam penulisan ini adalah penelitan kepustakaan (Library Research), yaitu serangkaian penelitian yang berkenaan dengan metode pengumpulan data pustaka, atau penelitian yang digali melalui beragam informasi  kepustakaan seperti buku, ensiklopedi, jurnal ilmiah, koran, majalah, dan penelitian terdahulu yang dianggap memiliki relevan dengan tema penelitian. Hasil analisis dalam penelitian ini  menunjukan bahwa arah pembelajaran harus digiring pada proses penguatan keterampilan dan kompetensi yang dibutuhkan. Kompetensi itu antara  lain, Critical Thinking, Communication, Collaboration dan Kreatif-inovatif. Selain kompetensi ini guru juga harus menguatkan dengan nila-nilai dasar dalam islam yaitu kepribadian seperti, kejujuran, amanah dan adil. Poin-poin ini sebagai perekat agar peserta didik tidak hilang kontrol, namun mereka sudah dibekali dengan pondasi agama yang kuat.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Referensi

Winda Marlina, Dhitsaha Jayanti, 2019. 4C dalam Pembelajaran Matematika Untuk Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0, (Prosiding Sendika: Vol 5, No 1
Eggen dan Kauchak, 2012, Strategi dan Model Pembelajaran, (Mengajarkan Konten dan Keterampilan Berpikir, Edisi 6,). Jakarta: Indeks
Etistika Yuni, Dwi Agus, 2016, Transformasi Pendidikan Abad 21 sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia di Era Global, Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika
Nana Syaodih, 2009, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Soemardjan, 2002, Pendidikan Keterampilan, Malang: Universitas Negeri Malang Press,
Tri Budiharto, 2008, Pendidikan Keterampilan, Surakarta: UNS Press,
Rasyada, Dede, 2017, Madrasah dan Profesionalisme Guru, (Dalam Arus Dinamika Pendidikan Islam Di Era Otonomi Daerah), Jakarta: Penerbit, Kencana
Ibad, Nurul, Muhamad, 2007, Suluk Jalan Terabas Gus Miek, Cet; I. Yogyakarta: Pustaka Pesantren
Suprihatiningsih, 2016, Perspektif Manajemen Pembelajaran Program Keterampilan, Cet; I. Yogyakarta: Deepublish.
Hikmawati, 2012, Jurnal Publikasi Pendidikan Yang Berjudul, Penggunaan Pendekatan Keterampilan Proses Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pesawat Sederhana Siswa di Kelas V Sdn 51 Lambari, Publikasi, Volume II No.1
Sound dan Trowbridge, 1973, Teaching Science by Inquiry in The Secondary School. Ohio: Charles E. Merril Publishing Company.
Van, Roekel, Dennis, 2012, Preparing 21st Century Student for a Global Society, an Educator’s Guide to the Four Cs. USJA: Nasional Education Association.
R. Lai, Emily, 2011, Critical Tinking: A literatur Review. Research Report, Pearson,
Sofyan S. Willis, 1981, Problema Remaja dan Pemecahannya, Bandung: Angkasa.
Diterbitkan
2021-10-16
Bentuk Sitasi
Hermansyah, Hermansyah, Muslim Muslim, and Ihlas Ikhlas. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 8, no. 2 (October 16, 2021): 215-226. Accessed December 6, 2021. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/847.
Section
Articles