Penerapan Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an di Era Pandemi dan Problematikanya

  • Mukhammad Bakhruddin Universitas Muhammadiyah Surabaya
Kata kunci: Inovasi, Pembelajaran, Pandemi Corona Virus Disease (COVID-19)

Abstrak

Beberapa tahun terakhir Indonesia dihadapkan pada permasalahan global yakni Pandemi. Pandemic Corona Virus Disease berdampak terhadap semua sektor termasuk sektor pendidikan. Sehingga banyak sekolah yang mengubah strategi pembelajaran dari offline menjadi online/daring (dalam jaringan) demi mencegah agar tidak terjadi kerumunan. Bencana non alam ini menimbulkan problem baru bagi lingkungan penyelenggara Pendidikan khususnya madrasah diniyah yang harus berupaya dalam beradaptasi dengan mengupayakan berbagai inovasi untuk menciptakan dan menerapkan pembelajaran baca tulis Al-Qur’an yang berkualitas sebagai wujud eksistensi lembaga di era Covid-19 agar proses pembelajaran dapat terus berjalan. Penelitian ini dirancang dengan metode Kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan mengumpulkan buku-buku atau referensi yang relevan dan akurat, serta membaca dan mempelajari untuk memperoleh sebuah data atau simpulan terkait dengan pembahasan. Sedangkan validitas dan realibilitas data penelitian ini menggunakan observasi dan analisis dokumen. Hasil penelitian ini yakni beberapa inovasi yang dapat diterapkan oleh guru selama konsep pembelajaran jarak jauh (daring): Learning from Home: Kolaborasi Antara Sekolah dengan Orang Tua, Pembelajaran daring Sebagai Peluang Sekaligus Tantangan dan Model Pembelajaran Blended Learning di Masa Pandemi Covid-19.

Downloads

Download data is not yet available.

Referensi

Abdul Khakim. 2018, Hak Asasi Manusia dalam Perspektif Pendidikan Islam, Journal EVALUASI 2, no. 1.
Ali Maksum, 2011. Pluralisme dan Multikulturalisme: Paradigma Baru Pendidikan Agama Islam di Indonesia. Malang: Aditya Media Pub.
B. Mahirah, 2017. Evaluasi Belajar Peserta Didik (Siswa) Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan 1, No. 2.
Baderiah, 2018 Buku Ajar Pengembangan Kurikulum, Palopo, IAIN Palopo.
Banks, J.A. 1994 . An Introduction to Multikultural Education. USA: Allyn and Bacon Ltd.
Bekti Yuni Maharani, 2017. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Benda Konkret Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA,” E-Jurnal Mitra Pendidikan 1, no. 5.
Casram Casram, 2016 .Membangun Sikap Toleransi Beragama Dalam Masyarakat Plural,” Wawasan: Jurnal Ilmiah Agama dan Sosial Budaya 1, no. 2.
Choirul Mahfud, 2006, Pendidikan Multikultural Cross-Cultural Understanding untuk Demokrasi dan Keadilan .Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Daryanto, 2009. Panduan Proses Pembelajaran Kreatif & Inovatif . Jakarta: AV Publisher.
Khotimah Khotimah, 2011. Dialog Dan Kerukunan Antar Umat Beragama. Jurnal Ushuluddin 17, no. 2
Diterbitkan
2021-10-04
Bentuk Sitasi
Bakhruddin, Mukhammad. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 8, no. 2 (October 4, 2021): 178-189. Accessed April 26, 2024. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/934.
Section
Articles