Pengaruh Metode Pembelajaran Simulasi Terhadap Hasil Belajar Tematik Tema 9 Subtema Kekayaan Sumber Energi di Indonesia Siswa Kelas IV MI Addiniyah Jiyu

  • Agung Purwono Institut Pesantren KH. Abdul Chalim, Mojokerto, Indonesia
  • Taufik Hidayat Institut Pesantren KH. Abdul Chalim, Mojokerto, Indonesia
Kata kunci: Hasil Belajar, Metode Pembelajaran Simulasi, Penelitian Kuantitatif

Abstrak

Penelitian skripsi ini membahas kurangnya pemahaman peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran yang telah diberikan guru sehingga mempengaruhi hasil belajar, sehingga peneliti tertarik menggunakan metode pembelajar simulasi terhadap hasil belajar siswa MI Addiniyah Jiyu, dengan tujuan penelitian sebagai berikut; Mengetahui apakah ada pengaruh penerapan metode simulasi terhadap hasil belajar tematik tema 9 subtema kekayaan sumber energi di Indonesia siswa kelas IV MI Addiniyah Jiyu, metode penelitian yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif. Rancangan penelitian yang digunakan skripsi ini adalah rancangan one group pretest postest design, dengan jumlah populasi yang diambil adalah peserta didik kelas IV MI Addiniyah Jiyu yang berjumlah 23. Teknik analisis data yang digunakan adalah tehnik deskriptif dan uji persyaratan analisis. Sehingga mendapatkan hasil penelitian dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa dari 61% menjadi 79%. Adapun uji Homogenitas dari data pretest dan postest peserta didik memperoleh nilai sig. 0,000 < 0,05. Sehingga  ditolak sedangkan    diterima, sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh penggunaan metode simulasi terhadap hasil belajar siswa.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Referensi

Afandi Muhamad, DKK, Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah, (Semarang: Unissula Press, 2013),
Bahri Saeful, Jurnal Pengkajian Al-Qur’an At-Turats, (Volume 01 Nomor 02 Oktober 2019)
Dr. Rusman, M. Pd, Pembelajaran Tematik Terpadu Teori, Praktik dan Penilaian, (Jakarta: Rajawali Pers, 2015)
Erlinda, Indonesian Journal of Basic Education Volume 2 Nomor 3 November 2019, 516.
Hidayat Rahmat & Abdillah, Ilmu Pendidikan “konsep teori dan aplikasinya (Medan: LPPPI, 2019)
Kadir Abdul, Pembelajaran Tematik, (Jakarta: Rajawali Pers, 2014)
Kesowo Bambang, UU tentang sistem pendidikan nasional (Jakarta: Legal Agency, 2003)
Majid Abdul, Strategi Pembelajaran (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2017)
Maryanto, Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan,2016)
Sanjaya Wina, Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi, (Jakarta, Kencana, 2011)
Siregar Eveline, Nara Hartini. Teori Belajar dan Pembelajaran (Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia. 2011)
Sudjana Nana, Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar, (Bandung: Sinar Baru Algensinda,2013)
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Bandung: Alfabeta, 2015)
Wahid Abdul, Undang-undang Tentang Guru dan Dosen (Jakarta: 30 desember 2005)
Diterbitkan
2021-09-28
Bentuk Sitasi
Purwono, Agung, and Taufik Hidayat. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 8, no. 2 (September 28, 2021): 190-201. Accessed October 23, 2021. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/937.
Section
Articles