Efektivitas Penggunaan Media Flash Card Modifikasi terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah Anak Kelompok A di RA Al Ishlahiyyah Desa Sambisirah Kecamatan Wonorejo Kabupaten Pasuruan
Abstrak
Learning to recognize letters is very important for early childhood and needs to be taught with learning methods that are adapted to the child's developmental stage. One of the games that help make it easier for children to recognize hijaiyah letters is the Modified Flash Card game in the form of a bear's head. The results obtained from the pre-test and post-test were analyzed using non-parametric statistical tests. Based on the table of Wilxocon Signed Ranks test results, it is known that Asymp.Sig. (2-tailed) is 0.001 < 0.05. This shows a significant difference between the pretest and posttest of students in the ability to recognize the hijaiyah letters of group Children in RA Al Islahiyyah, Sambisirah Village, Wonorejo District, Pasuruan Regency.
Referensi
Azwar, Saifuddin. (2016). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Daryanto. (2012). Media Pembelajaran. Bandung: Satu Nusa
Djamarah, Syaiful Bahri dan Zain, Azwan. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta,
Hasan, Maemunah. (2009). PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini). Yogyakarta: Diva Press
Khaironi, Muhammad. (2018). Perkembangan Anak Usia Dini. 2(01). Diakses pada 17 November 2020, dari http://www.e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jga/article/view/739/590
Krisnaning. (2019). Efektivitas Penggunaan Metode Permainan Kartu Huruf Hijaiyah dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca al Qur’an di Bustanul Athfal Aisyiyah Purwosari Secang Kabupaten Magelang. Skripsi Program sarjana Universitas Muhammadiyah Magelang. Diakses pada 10 November 2020, dari https://media.neliti.com/media/publications/168711-ID-media-glenn-doman-sebagai-pengajaranmem.pdf
Kusumawati, Rita dan Mariono, Andi. (2016). Pengembangan Media Flashcard Tema Binatang Untuk Anak Kelompok B Di Taman Kanak-Kanak Asemjajar-Surabaya. 4(1), 24-32
Mardatilah, Ani. (2020). huruf hijaiyah dan cara membacanya yang benar. Diakses pada 5 Agustus 2020, dari https://www.merdeka.com/sumut/huruf-hijaiyah-dan-cara-membacanya-yang-benar-kln.html
Muyasharah, Arieza. (2017). Meningkatkan Hafalan Huruf Hijaiyah Melalui Alat Permainan Edukatif Jemuran Baju Kelompok A. Salatiga: IAIN Salatiga
Nisfiannoor, Muhammad. (2009). Pendekatan Statistik Modern untuk Ilmu Sosial. Jakarta: Salemba Humanika
Permendikbud. (2014). Permendikbud 146 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 PAUD. Diakses pada 18 Desember 2020, dari https://statmat.id/permendikbud-146-tahun-2014/
Ratnasari. (2018). Media Kartu Huruf. Diakses pada 5 Agustus 2020, dari https://agroedupolitan.blogspot. com/2017/02/media-kartu-huruf.html
Sarah, Putri. (2016). Upaya Meningkatan Membaca Huruf Hijaiyah Melalui Permainan Kartu Huruf Pada Anak Usia Dini Kelompok B. Medan: UIN Sumatera Utara
Sugiyono. (2011). Metode penelitian kuantiitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta
Tim Redaksi KBBI PB. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia (Edisi Keempat). Jakarta: Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional.
Zaman, Badru. (2009). Media Dan Sumber Belajar TK. Jakarta: Universitas Terbuka.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.