Pengaruh Game Edukasi (Huruf Hijaiyah) Android terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah Kelompok B RA. Darul Ulum Pacarkeling Kejayan Kabupaten Pasuruan
Abstrak
Game edukasi sangat menarik untuk dipilih sebagai media pembelajaran. Ada beberapa kelebihan dari game edukasi dibandingkan dengan metode edukasi konvensional. Salah satu kelebihan utama game edukasi adalah pada visualisasi dari permasalahan nyata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh game edukasi (huruf hijaiyah) android terhadap kemampuan mengenal huruf hijaiyah anak usia dini RA. Darul ulum pacarkeling kejayan pasuruan. Dalam peneltian ini sample sebanyak 18 anak dibagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok Eksperimen (dengan menggunakan game edukasi) dan kekompok kontrol (tanpa menggunakan game edukasi). Penilaian dilakukan 2 kali yaitu pre-test dan post-test. Dalam penelitian ini diperoleh data penilaian berdistribusi normal, sehingga digunakan analisis statistik Parametrik. Uji statistik parametik yang digunakan Paired t Test. dengan dibantu menggunakan aplikasi IBM SPSS 21.0. berdasarkan analisis data diketahui bahwa nilai sig Kelas Eksperiman sebesar 0.00 dan kelas Kontrol nilai sig Sebesar 0.05. Ho diterima karena nilai sig < 0.05. ini berarti bahwa game edukasi android berpengaruh terhadap kemampuan mengenal huruf hijaiyah anak usia dini di RA Darul Sromo barat Pacarkeling Kejayan Pasuruan.
Referensi
Pentiernitasari, Eka. 2017. Pengaruh Metode Bercerita dengan Media Gambar terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini di Raudhatul Islamiyah Kecamatan Bram Itam Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Skripsi
Guslinda, S.Pd, M.Pd dan Dr. Rita Kurnia, M.Ed. 2018. Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Surabaya: CV. Jakad Publishing Surabaya
Yuanita Kristiani Wahyu Widiastuti, Upik Elok Endang Rasmani, Siti Wahyuningsih.2021.” Mengkaji Penerapan E-Learning pada Anak Usia Dini” dalam Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini volume 5 Issue 2 (2021) Pages 1240-1247. Semarang: Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sebelas Maret.
Vitianingsih, Anik. 2016. “Game Edukasi Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini” dalam Jurnal INFORM Vol. 1, No. 1, (2016) ISSN: 2502-3470. Teknik Informatika, Fakultas Teknik Universitas Dr. Soetomo Surabaya
Arumsari, Dewi. 2019 “Media Flashcard untuk Mengenalkan Huruf Hijaiyah pada Anak Kelompok TK A” PG PAUD Universitas muhammadiyah Surakarta.
Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 792 Tahun 2018 Tentang Pedoman Implementasi Kurikulum Raudhatul Athfal.
Al Mubarokah, Zakiyatunnisa. 2014. Pembelajaran Membaca dan Menulis Huruf Hijriyah Bersambung pada Anak Usia Late Chilhood. Skripsi.
Sugiyono, (2008). “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D”. Bandung: Penerbit Albabeta.
Adriana, D. (2011). Tumbuh Kembang dan Terapi Bermain pada Anak. Jakarta: Salemba Medika.
Ismail, A. (2006). Education Games Menjadi Cerdas dan Ceria dengan Permainan Edukatif.
Yogyakarta: Pilar Media.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.