Pengaruh Gerak dan Lagu Terhadap Keserdasan Musikalitas Anak Kelompok B di RA Miftahul Huda Kejayan Pasuruan
Abstrak
Penelitian ini mengangkat tentang pengaruh gerak dan lagu terhadap kecerdasan musikalitas anak. Hasil observsi peneliti di lembaga RA Miftahul Huda Kejayan pasuruanĀ kegiatan gerak dan lagu belum di gunakan secara optimal dalam proses pembelajaran, padahal gerak dan lagu sangat baik untuk menunjang keberhasilan proses belajar anak dan membantu merangsang seluruh aspek kecerdasan, khususnya kecerdasan musikalitas.penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui apakah gerak dan lagu dapat mempengaruhi kecerdasan musikalitas anak,bagaimana cara gerak dan lagu mempengaruhi kecerdasan musikalitas anak dan seberapa besar pengaruh gerak dan lagu terhadap kecerdasan musikalitas anak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan jenis penelitian eksperimen. Dengan desainnya One Group-Pre Test-One Group Post Test ini dipilih karena penelitian ini tujuannya untuk mengetahui Pengaruh Gerak dan Lagu Terhadap Kecerdasan Musikalitas Anak sebelum dan sesudah perlakuan penelitian. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah 23 anak di RA Miftahul Huda Kejayan Pasuruan. Tehnik pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. setelah melakukan proses analisis data maka muncullah skor yang berbeda antara sebelum dan sesudah treatmen dilakukan. Yakni skor rata-rata 17.00 dan jumlah ranking positif sebesar 340.00. Berdasarkan skor tersebut maka peneliti menyimpulkan ada pengaruh yang sangat signifikan antara gerak dan lagu terhadap kecerdasan musikalitas anak usia dini.
Referensi
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta.
Amstrong, Thomas. 2013. Setiap Anak Cerdas (Panduan Membantu Anak Belajar dengan Memanfaatkan Multiple Intelligence). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Chatib, Munif, 2010. Sekolahnya Manusia, Bandung; Kaifa.
Desmita. 2005. Psikolagi Perkembangan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini Direktorat Pendidikan Non Formal Dan Informal Kementerian Pendidikan Nasional, 2010. Pedoman Teknis Penyelenggaraan Kelompok Bermain (Jakarta: Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini.
Hurlock, Elizabeth, 2010. Perkembangan Anak Jilid I Edisi Keenam. Jakarta: Erlangga.
Kartini & Husni, Wardi, Tanjung. 2005. Bermain Melalui Gerak dan Lagu di Taman Kanak-kanak Jakarta: Kencana
Lestari, Novita, Dwi. 2014. Mencerdaskan Kecerdasan Musikal Anak Usia Dini Dengan Bermain Alat Musik Angklung Di Sentra Bermain Alat Musik Angklung di Sentra Musik Kelompok B Pendidikan Anak Usia Dini Tunas Narapan Kota Bengkulu. Skripsi. Bengkulu: FKIP Universitas Bengkulu.
Miftahillah. 2017. Relasi Pendidikan Orang Tua dengan Perkembangan
Fisik Motorik Anak Usia 5-6 Tahun di RA Kabupaten
Pasuruan. Surabaya: UINSA Proceeding ANCOMS 2017.
Moedjiono & Moh. Dimyati. 1992. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Depdikbud.
Morrisan.2012. Metode Penelitian Survey. Jakarta: Kencana.
Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini
Rasyid, Harun, Mansyur Dan Suratno. 2009. Asesmen Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Diva Press
Roestiyah N.K. 2001. Strategi Belajar Mengajar, (Jakarta: PT. Rineka Cipta).
Sugioyono. 2003. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sujiono, Bambang, Dan Yuliani, Nurani. 2010. Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak, Jakarta: Indeks.
Siregar, Eveline dan Nara, Hartini. 2010. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.
Sujiono, Yuliani. 2009. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks.
Soetjiningsih. 2003. Intelegensia Multipel. Makalah disampaikan pada seminar menjadikan anak pintar sekaligus kreatif, Denpasar, 2 Agustus 2003
Syamsuddin Makmun. Abin, 2003. Psikologi Pendidikan. (Bandung: PT Rosda Karya Remaja)
Yaumi, Muhammad Dan Nurdin, Ibrahim. 2013. Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Majemuk (Multiple Intellegence). Jakarta: Kencana Prenamedia.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.