Pengelolaan Pendidikan melalui Sosok Kepala Sekolah
Abstrak
Kondisi lembaga pendidikan di negara kita saat ini masih ada beberapa pemasalahan klasik yaitu kurangnya sarana prasarana sekolah, keadaan gedung sudah rusak, mutu tenaga pendidik belum memenuhi kompetensi dan kebijakan- kebijakan kurang produktif. Disisi lain sangat menggembirakan yaitu bahwa kesadaran masyarakat semakin meningkat akan pentingnya pendidikan yang bermutu. Pendidikan akan mencapai tujuaanya apabila semua syarat terkait komponen pendidikan terpenuhi. Dari beberapa komponen pendidikan, yang paling berperan adalah kepala sekolah. Kepala sekolah yang bermutu akan mampu menjawab tantangan perubahan zaman yang semakin cepat. Dimasa mendatang permasalahan pendidikan semakin kompleks, sehingga menuntut kepala sekolah untuk selalu melakukan berbagai upaya dalam meningkatkan kompetensi seluruh komponen sekolah. Pendidikan bermutu dihasilkan oleh kepemimpinan kepala sekolah yang bermutu, kepala sekolah bermutu adalah kepala sekolah yang profesional. Kepala sekolah profesional adalah yang mampu mengelola dan mengembangkan sekolah secara komprehensif (menyeluruh), oleh karena itu kepala sekolah mempunyai peran sangat penting dan strategis dalam mewujudkan visi, misi, dan tujuan sekolah.
Referensi
Kang, S. 2010, Multicultural education and the rights to education of migrant children in South Korea. Educational Review, 62(3), 287-300.
Amri, Sofan. 2013. Peningkatan Mutu Pendidikan Sekolah Dasar dan Menengah dalam Teori, Konsep, dan Analisis. Jakarta: Prestasi Pustakarya.
Aziz, Abdul. 2013. Memahami Organisasi Pendidikan: Budaya dan Reinventing Organisasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Arbangi. 2016. Manajemen Mutu Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Baharudin & Umiarso. 2012. Kepemimpinan Pendidikan Islam. Jakarta: Arruz Media Depok.
Barlian, Ikbal. 2014. Manajemen Berbasis Sekolah Menuju Sekolah Berprestasi. Jakarta: Esesi Erlangga Group.
Basri, Hasan. 2014. Kepemimpinan Kepala Sekolah. Bandung: Pustaka Setia.
Budi, Suhardiman. 2012. Studi Pengembangan Kepala Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Chairunnisa, Connie. 2016. Manajemen Pendidikan dalam Multi Perspektif. Jakarta : RajaGrafindo Persada.
Daryanto. 2005. Administrasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Dedy, Muliyasana. 2011. Pendidikan Bermutu dan Berdaya Saing. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Hadis, Abdul & Nurhayati. 2010. Manajemen Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Hidayah, Nurul. 2016. Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan.Yogyakarta:Ar-Ruzz Media.
Hutabarat, Wesly. 2015. Mengukur Kimerja Guru Profesional. Jakarta: Halaman Moeka Publishing.
Juni Priansa, Doni. 2014. Manajemen Supervisi dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Bandung: Alfabeta.
Lif Khoiru Amadi dkk. 2011. Strategi Pembelajaran Sekolah Terpadu. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.
Machali, Imam. 2010. Pengelolaan Pendidikan. Bandung: Pustaka Educa.
Maemunah, Muhamad Basyrul Muvid. 2022. Sistem Pendidikan Nasional Mengeksplorasi Madrasah. Jurnal Taujih: Jurnal Pendidikan Islam, Vol 4 No 2, 1-10. https://ejournal.iaiqi.ac.id/index.php/taujih/article/view/153
Maemunah, Heti Salama. 2022. Aktualisasi Media Whatsapp dalam Pembelajaran di SMP Negeri Selangit. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaan, Vol 2 No 3, 217-224. https://jurnal.stituwjombang.ac.id/index.php/irsyaduna/article/view/724/322
Mulyono. 2009. Manajemen Administrasi dan Organisasi Pendidikan. Yogyakarta: Arruzz Media.
Muhaimin. 2012. Pemikiran dan Aktualisasi Pengembangan Pendidikan Islam. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Muvid, Muhamad Basyrul. 2022. Modernization of Islamic Education Learning Ahmad Tafsir Perspective. Maharot: Journal of Islamic Education, 6 (2), 81-93. https://ejournal.idia.ac.id/index.php/maharot/article/view/861/638
Muvid, Muhammad Basyrul. 2021. Transformasi Keilmuan dan Pembelajaran di Perguruan Tinggi. Surabaya: Global Aksara Pers.
Ngatimin. 2021. Tinjauan Pelayanan Sekolah Administratif. Surabaya: Global Aksara Pers.
Nasution, M.N. 2004. Manajemen Mutu Terpadu. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Naway, Fory. 2016. Strategi Pengelolaan Pembelajaran. Gorontalo: Ideas Publishing.
Nurkolis. 2006. Manajemen Berbasis Sekolah. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.
Pidarta, Made. 2004. Manajemen Pendidikan Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.
Sarwono, Sarlito Wirawan. 2005. Teori-Teori Psikologi Sosial. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Soetopo, Hendiyat. 2002. Kepemimpinan dan Supervisi Pendidikan. Malang: Bina Aksara.
Syarafudin. 2002. Manajemen Mutu Terpadu Dalam Pendidikan. Jakarta: Grasindo.
Suparlan. 2008. Membangun Sekolah Efektif. Jakarta: Hikayat Publishing.
Taufik, A. 2020. Penguatan Pembelajaran Sistem Daring, El-Ghiroh : Jurnal Studi Keislaman, Vol 18 No 2, 195-207. https://jurnal.staibsllg.ac.id/index.php/el-ghiroh/article/view/244/164
Yunita, Siti Hana. 2022. Optimalisasi Pendidikan Neurosains Bagi Sekolah Dasar. Jurnal PGMI: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Vol 1 No 1. https://ejournal.iaingawi.ac.id/index.php/pgmi/authorDashboard/submission/761
Yunita. 2023. Interaksi Sosial Siswa Atas Lingkungan Sekolah di SDN 2 Sidoharjo. Dirasah : Jurnal Studi Ilmu Dan Manajemen Pendidikan Islam, 6(1), 71-80. https://doi.org/10.29062/dirasah.v6i1.776