Hubungan antara Pelaksanaan Sholat Dhuha dengan Kedisplinan Siswa Kelas VII di SMP Bilingual Terpadu Krian Sidoarjo
Abstrak
Setiap muslim diwajibkan melaksanakan ibadah shalat karena shalat merupakan tiang agama dan sebagai sarana komunikasi antara hamba dengan Allah swt, selain itu juga dapat membentuk akhaq positif diantaranya kedisiplinan. Penelitian untuk mengetahui hubungan antara pelaksanaan shalat dhuha dengan kedisiplinan siswa kelas VII SMP Bilingual Terpadu Krian Sidoarjo.Penelitian menggunakan metode kuantitatif yang bersifar korelasional. Populasi penelitian adalah siswa SMP Bilingual Terpadu Sidoarjo kelas VII berjumlah 270 dan dibagi 20% dari 270 hingga diperoleh hasil sampel sejumlah 54 siswa. Tehnik pengambilan sampel menggunakan Simple Random Sampling karena pengambilan sampel secara acak dari anggota populasi tanpa melihat kedudukan, kepintaran dan lain lain yang ada dalam populasi.Analisis data hasil Uji korelasi menggunakan Uji Chi Square didapatkan nilai signifikan 0,000 < 0,05 artinya terdapat hubungan antara pelaksanaan Sholat Dhuha Dengan Kedisplinan Siswa Kelas VII di SMP Bilingual Terpadu Sidoarjo.
Referensi
Arikunto, Suharsimi (2014) Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, (Jakarta: Rineka Cipta)
Alled, Jane Elisabeth (2005) Disiplin Positif. (Jakarta: Anak Prestasi Pustaka).
Al Bari, Subhan Husain (2011) Agar Anak Rajin Shalat (Jogjakarta: DIVA Press)
Al Mahfani, M. Khalilurrahman, (2008) Berkah Shalat Dhuha. (Jakarta: Wahyu Media).
--------------------- (2018) Bertambah kaya & berkah dengan Shalat Dhuha. (Jakarta: Wahyu qolbu) cet. 1.
A’yuni (2014) The Power of Dhuha Kunci Memaksimalkan Shalat Dhuha dengan Doa-doa Mustajab (Jakarta: PT Gramedia Pustaka Umum).
Az Zaghabi, Muhammad Abdul Melih (2001) Malang Nian Orang yang Tidak Shalat (Jakarta: Pustaka al Kautsar)
Basyir, Abu Umar (2014) Kumpulan Salat Sunah dan Keutamaannya. (Jakarta: Darul Haq).
Alim, Zezen Zainal (2008) The Power of Salat dhuha. (Jakarta: Quantum Media).
Ash Shiddieqy, Tengku Muhammad Hasby (2000) Tafsir Al-Qur’anul Majid An-Nuur. (Semarang: Pustaka Rizki Putra).
Darmadi, Hamid (2011) Metode Penelitian Pendidikan (Bandung: A lfabeta)
Departemen Agama RI (2012) Al-Qur’an dan Terjemahannya. (Jakarta: Alfatih).
El Ma’ruf, Sabil (2009) Dahsyatnya Shalat Dhuha Pembuka Pintu Rezeki, (Bandung: Mizan Pustaka).
Fikra, Rausyan (2009) Di Balik Shalat Sunnah. (Sidoarjo: Mashun).
Fachrudin, Indra (1989) Administrasi Pendidikan , (Malang: IKIP Malang).
Echol, John dan Hasan Shadily (2005) Kamus Inggris-Indonesia. (Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama).
Gunarsah, Singgih D (2000) Pisikologi untuk Membimbing, (Jakarta: PT Gunung Mulia).
Huwaidah, Huriyah (2016) Penuntun Mengerjakan Shalat Dhuha.( Jakarta Selatan: PT Argo Media Pustaka).
Hakim, Tursan (2001) Belajar Secara Afektif, (Jakarta: Puspa Swara).
Hurlock (1993) Perkembangan Anak, Jakarta: Erlangga.
Khairiah. (2018) kesempatan mendapatkan pendidikan, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar).
Langgulung, Hasan (1995) Manusia dan Pendidikan, Suatu analisa psikoligi dan pendidikan, Jakarta: Mutiara Sumber Widya.
Martinus, Surawan (2008) Kamus Kata Serapan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Munawir, Ahmad Warson (1997) Al-Munawwir; Kamus Arab-Indonesia. Surabaya: Pustaka Progressif.
Mulyadi, Seto (2004) Membantu Anak Balita Mengelola Amarahnya, PT. Gelora aksara pratama
Moenir (2010) Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia, Jakarta: Bumi Aksara.
Makhdlori, Muhammad (2009) Menyingkap Mukjizat Shalat Dhuha, Jogjakarta: Diva Press.
Nazir, Muhammad (2014)Metode penelitian, Bogor: Ghelia Indonesia.
Nata, Abbbudin (2012) Manajemen Pendidikan Mengatasi Kelemahan Pendidikan Islam di Indonesia, Jakarta: Kencana, cet. 5.
Rahmat,Pauji(2019) Skripsi, IAI BBC Cirebon
Somayeh, Ghorbani dkk.(2013) Investigating the Effect of Positive Discipline on the Learning Process and its Achieving Strategies with Focusing on the Students’ Abilities. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences.Vol.3.No.5.
Soetjipto dan Raflis Kosasi (1999) Profesi Keguruan, Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Schaefer, Charles (1994) Cara Mendidik dan Mendisiplinkan Anak, Jakarta: Mitra Utama.
Sarwo, Jonathan (2006) Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Soewadji, Jusuf (2012) Pengantar Metodologi Penelitian. Jakarta: Mitra Wacana.
Sumara, Dadan.dkk (2017) Kenakalan remaja dan penangannya, Jakarta, PT. Rineka cipta
Sabiq, Sayyid (2015) Ringkasan Fiqih Sunnah , Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.
Thoifah, I’anatut (2015) Statistika Pendidikan dan metode penelitian kuantitatif, Malang madani
Tu’u Tulus (2008) Peranan Disiplin dan Perilaku dan prestasi belajar. Jakarta: PT Grasindo Anggota Ikapi
Tutuk, Ningsih (2014) Implementasi Pendidikan Karakter. Purwokerto: STAIN Press.
Tim Dosen FIP Ikip Malang (1981) Pengantar Dasar dasar Kependidikan, Surabaya: Usaha sosial
Umar, Husen (2010) Desain Penelitian MSDM dan Perilaku Karyawan. Jakarta: Rajagrafindo Persada
Sugiono (2015) Metode Penelitian Pendidikan (Pendidikan kuantitatif, kualitatif, R&D) Bandung, Alfabeta.
Ayuningtias, Asri (2020) Skripsi UIN Walisongo
Ayu, Fitria (2019) Skripsi IAIN Bengkulu
Hidayati, Maulina aulia (2016) UIN Malang