Pendidikan Islam dan Perkembangan Teknologi: Menggagas Harmoni dalam Era Digital
Abstrak
Pendidikan Islam merupakan salah satu aspek penting dalam kehidupan umat Muslim. Seiring dengan perkembangan zaman, pendidikan Islam juga mengalami perubahan dan penyesuaian untuk tetap relevan dengan tuntutan masyarakat modern. Salah satu faktor yang berperan penting dalam perubahan ini adalah teknologi. Dalam era revolusi industri saat ini, teknologi memiliki implikasi yang signifikan terhadap eksistensi pendidikan Islam. Memasuki era disrupsi ini, pendidikan Islam dituntut untuk lebih peka terhadap gejala- gejala perubahan sosial masyarakat. Pendidikan Islam harus mau mendisrupsi diri jika ingin memperkuat eksistensinya. Bersikukuh dengan cara dan sistem lama dan menutup diri dari perkembangan dunia, akan semakin membuat pendidikan Islam kian terpuruk dan usang (obsolet). Maka dari itu, terdapat tiga hal yang harus diupayakan oleh pendidikan Islam, yaitu mengubah mindset lama yang terkungkung aturan birokratis, menjadi mindset disruptif (disruptive mindset) yang mengedepankan cara-cara yang korporatif. Pendidikan Islam juga harus melakukan self-driving agar mampu melakukan inovasi-inovasi sesuai dengan tuntutan era 4.0. Selain itu, pendidikan Islam juga harus melakukan reshape or create terhadap segenap aspek di dalamnya agar selalu kontekstual terhadap tuntutan dan perubahan.
Referensi
Arifi, A. 2010. Politik Pendidikan Islam Menelusuri Ideologi dan Aktualisasi Pendidikan Islam di Tengah Arus Globalisasi. Yogyakarta: Teras.
Arifin, M. 1987. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Bina Aksara.
Arifin, M. 2003. Ilmu Pendidikan Islam: Tinjauan Teoritis dan Praktis Berdasarkan Pendekatan Interdisipliner. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Barizi, A. 2011. (Ed), Pendidikan Integratif Akar Tradisi & Integrasi Keilmuan Pendidikan Islam. Malang: UIN-Maliki Press.
Djazaman, M. 2009. Konsep Pendidikan Islam, Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, Volume 1.
Dwiningrum, S. I. A. 2011. Desentralisasi dan Partisipasi Masyarakat dalam Pendidikan: Suatu Kajian Teoritis dan Empirik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Hamid, E. S. 2017. Disruptive Innovation: Manfaat dan Kekurangan dalam Konteks Pembangunan Ekonomi. Retrieved Maret, 7, 2021.
Kasali, R.2017. Disruption “Tak Ada yang Tak Bisa Diubah Sebelum Dihadapi Motivasi Saja Tidak Cukup†Menghadapi Lawan-Lawan Tak Kelihatan dalam Peradaban Ube. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Ma’arif, S. 2007. Revitalisasi Pendidikan Islam. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Muhaiman. 2004. Paradigma Pendidikan Islam. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Muhroqib. 2009. Ilmu Pendidikan Islam. Yogyakarta: LkiS.
Rosidin, R. (2016). Problematika Pendidikan Islam Perspektif Maqâṣid Sharîʻah. Maraji: Jurnal Ilmu KeIslaman, 3(1), 185-210.
Suwardana, H. 2017. Revolusi Industri 4. 0 Berbasis Revolusi Mental, Jati Unik, Vol.1, No.2,
Zuhairini. 2015. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.