Upaya Meningkatkan Kesadaran Emosional Mata Pelajaran Bahasa Inggris Analytical Exposition Text melalui Model Pembelajaran yang Mendidik pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Gedeg Kabupaten Mojokerto Tahun Pelajaran 2022/2023
Abstrak
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini merupakan suatu upaya untuk meningkatkan kesadaran emosional siswa dalam pembelajaran bahasa Inggris analytical exposition text pada siswa kelas XI IPA 6 SMA Negeri 1 Gedeg Kabupaten Mojokerto. Penelitian sebagai jawaban dari kesulitan guru bahasa Inggris ketika membelajarkan materi analytical exposition text mengamati dan merasakan siswa tidak memiliki semangat dan motivasi serta ogah-ogahan mengingat materi ini memang sangat sulit. Penelitian menggunakan dua siklus dengan menggunakan model pendekatan Pembelajaran yang Mendidik. Hasil analisis data yang diperoleh dari proses pengamatan terhadap aktifitas guru dan siswa dan angket serta wawancara dengan siswa menunjukkan bahwa dengan menggunakan model Pembelajaran yang Mendidik dapat meningkatkan kesadaran emosional siswa sebagai berikut: a. terjadi peningkatan sebesar 6% perencanaan guru pada siklus I 80% menjadi 86% pada siklus II, b. mengalami peningkatan sebesar 14% pelaksanaan pembelajaran yang mendidik dari siklus I 76% menjadi 90% pada siklus II, dan c. terjadi peningkatan yang signifikan sebesar 18% aktifitas kesadaran emosional siswa pada siklus I 66% menjadi 84% pada siklus II. Hal yang demikian juga didukung oleh hasil pengamatan dan wawancara kepada siswa yang menunjukkan model Pembelajaran yang Mendidik mampu meningkatkan kesadaran emosional siswa.
Referensi
Cooper, R. K., dan Sawaf, A., (1997), Executive EQ: Kecerdasan Emosional dalam Kepemimpinan dan Organisasi, Alih bahasa: Alex Tri Kantono Widodo, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka
Curran, Charles, A., (1976), Counseling-Learning in Second Language, Apple River III: Apple River Press
Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Kurikulum 2004 Standart Kompetensi Mata Pelajaran Bahasa Inggris SMA. Jakarta: Depdiknas
Djuharie, O. Setiawan, Suherli. 2001. Panduan Membuat Karya Ilmiah. Bandung: CV. Yrama Widya
Elliot, S. N., Kratochwill, T. R., Littlefield, J., dan Travers, J. F., (2000), Educational Psychology:Effective Teaching, Effective Learning, Chicago:Brown & Benchmark
Gardner, H., (1993; 1999), Frame of Mind: The Theory of Multiple Intelligence, New York: Basic Books
Gohm, C. L., dan Clore, G. L., (2000), Individual Differences in Emotional Experience, Personality and Social Psychology Bulletin, Vol.12, Hal. 679-697
Goleman, D., (1995), Emotional Intelligence: Why it Can Matter More than IQ, New York: Bantam Books
Hurlock, E. B., (1994), Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan, Jakarta: Erlangga
Joni, T. R., (2000), Memicu Perbaikan Pendidikan Melalui Kurikulum, Basis: Edisi Khusus Pendidikan, No. 07-08, Tahun ke 49, Hal. 41-48
Joni, T. R., dan Lusianan, D. J., (2005), Pembelajaran yang Mendidik: Artikulasi Konse, Terapan Kontekstual dan Verifikasi Empirik, Seminar Paradigma Pembelajaran yang Mendidik, Malang: PPS
Joyce, Bruce, dan Weil, Marsha, (1992), Models of Teaching, Edisi ke Empat, Toronto: Allyn and Bacon
Melianawati, dkk., (2002), Hubungan Antara Kecerdasan Emosional dengan Kinerja Karyawan, Anima, Vol. 17, Hal. 57-62
Nasirudin, (2013), Sekolah Unggul Berorientasi Kecerdasan Emosional Siswa, Surabaya: UINSA Press
Patton, P., (1997), EQ (Kecerdasan Emosional) di Tempat Kerja, Alih Bahasa: Zaini Dahlan, Jakarta: Pustaka Delapratasa
Priyo, T. W., (2001), Tindakan Guru Atas Perilaku Emosional Siswa dalam Interaksi Pembelajaran di SD Kanisius Yogyakarta, Desertasi, Tidak dipublikasikan, Malang: PPS UM
Salovey P., dan Mayer, J. D., (1990), Emotional Intelligence: Imagination, Cognition, and Personality, Vol. 9, Hal. 185-211
UU RI nomor 20 tahun 2003, (2003), Sistem Pendidikan Nasional, Surabaya, Bina Ilmu
Wirawan, Sarlito, (2004), Kecerdasan Emosi, http://sarlito.blogspot.com/2004-10-17-sarlito-archive-html, Akses tanggal 15 Januari 2006
Wiratno, Tri. (2003), Kiat Menulis Karya Ilmiah Dalam Bahasa Inggris. Yogyakarta: Pustaka Pelajar