Pembuatan Let’s Walk sebagai Media Pembelajaran Bidang Studi Fisika Materi Pemanasan Global Kelas XI SMAN 1 Gedeg

  • Dewi Nur Rohmawati SMA Negeri 1 Gedeg Kabupaten Mojokerto
Kata kunci: pemanasan global, media pembelajaran, let’s walk

Abstrak

Fenomena pemanasan global merupakan isu lingkungan yang sampai saat ini masih menjadi pokok permasalahan seluruh negara di dunia. Dalam proses mengurangi dampak pemanasan global, pemerintah Indonesia memasukkan isu ini dalam kurikulum pendidikan sekolah menengah atas sebagai salah satu kompetensi dasar. Tujuan pembuatan pengembangan media pembelajaran ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran yang interaktif berupa permainan yang dinamakan sebagai let’s walk pada materi pemanasan global untuk siswa SMA kelas XI semester 2. Pembuatan media ini diharapkan siswa lebih antusias dan terlibat langsung dalam permainan agar lebih memahami materi serta dapat berkontribusi dalam memberikan solusi pencegahan pemanasan global. Prosedur pembuatan media pembelajaran let’s walk  terdiri dari beberapa tahap, yaitu: (1) pembuatan desain papan ular tangga, (2) mencetak papan let’s walk di percetakan (3) pembuatan dadu, (4) pembuatan kartu pertanyaan, (5) pembuatan peraturan permainan dan penskoran. Pembuatan desain papan ular tangga menggunakan software CorelDRAW X7 dan dicetak pada banner berukuran 4 x 4 meter. Pertanyaan dibuat berdasarkan silabus kurikulum 2013 didesain menggunakan software Microsoft Word serta dicetak dan ditempel manual pada kertas karton. Pembuatan dadu dibuat secara manual dan aturan permainan di ketik menggunakan software Microsoft Word. Hasil pembuatan pengembangan media pembelajaran ini adalah permainan let’s walk sebagai media pembelajaran fisika pada materi pemanasan global untuk siswa kelas XI semester 2. Implikasi dari penerapan media ini dalam pembelajaran adalah siswa diharapkan dapat berpartisipasi aktif dalam mengurangi dampak pemanasan global dalam kehidupan sehari-hari.

Referensi

Foster, Bob. (2014). Akselerasi Fisika Jilid 2 untuk SMA/MA Kelas XI. Jakarta: Erlangga.
Hikmawati, dkk. (2013). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran dan Gaya Kognitif Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah. Tekno Pedagogi, Volume(3), 2088-205X. Diakses dari online-joural.unja.ac.id/index.php/pedagogi/article/view/2238
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2012). Kurikulum 2013. Diakses dari http://www.pendidikan- diy.go.id/file/mendiknas/kurikulum-2013-kompetensi-dasar-smp-ver-3-3-2013.pdf
Marpaung, A. Muzi. (2008). Pemanasan Global. Solo: Tiga Serangkai.
Nugroho, Aris P. (2013). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Permainan Ular Tangga
Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII Materi Gaya. Jurnal Pendidikan Fisika, Volume (1), 2338-
0691. Diakses dari download.portalgaruda.org/article.php?article=141246&val=5821
Wikipedia Bahasa Indonesia. (2016, Maret). CorelDRAW. Diakses dari https://id.wikipedia.org/wiki/CorelDRAW
Diterbitkan
2023-05-30
Bentuk Sitasi
Rohmawati, D. (2023, May 30). Pembuatan Let’s Walk sebagai Media Pembelajaran Bidang Studi Fisika Materi Pemanasan Global Kelas XI SMAN 1 Gedeg. SCHOLASTICA: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(1), 115-130. Retrieved from https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/scholastica/article/view/1881
Section
Articles