Pendidikan Islam dan Peranannya dalam Manajemen Pendidikan

  • Ahmad Ahmad IAI Al Khoziny Buduran Sidoarjo
Kata kunci: Menejemen, Pendidikan Islam

Abstrak

Sebagai lembaga yang semakin kompleks sehingga lembaga pendidikan Islam membutuhkan organisasi yang tertata secara sistematis, baik dan benar. Kompleksitas lembaga pendidikan Islam terlihat dari kebutuhan dalam pengelolaan dan pelaksanaan pendidikan serta pendekatan majamen. Itulah mengapa kebutuhan untuk menggunakan pendekatan ilmu manajemen di lembaga pendidikan khususnya lembaga pendidikan Islam menjadi bagian yang menarik bagi kalangan praktisi dan ahli pendidikan sampai sekarang.

Referensi

Agus, Fakhruin, “Prinsip-Prinsip Manajemen Pendidikan Islam.” Jurnal Pendidikan Agama Islam -Ta’lim Vol. 9 No. 2, 2011.
Amri Sofan, Muhammad Rohman, Manajemen Pendidikan Analisis dan Solusi Terhadap Kinerja Manajemen Kelas dan Strategi Pengajaran yang Efektif (Jakarta: Prestasi Pustaka, 2012).
Aziz Abdul, Pengantar Manajemen dan Substansi Administrasi Pendidikan (Jember: Buku Pustaka Raja, 2017).
Kompri, Manajemen Pendidikan (Komponen-komponen Elementer Kemajuan Sekolah) (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2015)
Manab Abdul, Manajemen Kurikulum Pembelajaran di Madrasah (Yogyakara: Kalimedia, 2015)
M Faturrohman Sulistiyorini, Esensi Manajemen Pendidikan Islam (Yogyakarta: Teras, 2014)
Muhaimin, Manajemen Pendidikan Aplikasinya dalam Penyusunan Rencana Pengembangan Sekolah/Madrasah (Jakarta: Kencana, 2009)
Saefullah, Manajemen Pendidikan Islam (Bandung: CV Pustaka Setia, 2012).
Sulistiyorini, Manajemen Pendidikan Islam (Yogyakarta: Teras, 2009)
Diterbitkan
2021-09-15
Bentuk Sitasi
Ahmad, A. (2021, September 15). Pendidikan Islam dan Peranannya dalam Manajemen Pendidikan. SCHOLASTICA: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 3(1), 36-51. Retrieved from https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/scholastica/article/view/924
Section
Articles