PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN SISWA DI ERA MODERN SINERGI ORANG TUA DAN GURU DI MI BRAWIJAYA II TROWULAN

  • sumartini rahayu Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nahdlatul Ulama Al Hikmah Mojokerto

Abstrak

Ada hubungan yang tidak bisa diabaikan antara sinergi orang tua dan guru dalam disiplin pendidikan karakter siswa. Hubungan keduanya terjadi dalam dua arah, di satu sisi sinergi orang tua dan guru berperan dalam membentuk perilaku karakter disiplin siswa. Di sisi lain, pandangan karakter disiplin ilmu tertentu juga menjadi katalisator munculnya karakter disiplin ilmu lainnya. Dalam konteks pendidikan karakter disiplin siswa di era modern, sinergi orang tua dan guru di Madrasah Ibtidaiyah Brawijaya II Kabupaten Trowulan menemukan adanya perluasan sinergi antara orang tua dan guru dengan fenomena pendidikan karakter disiplin siswa yang mengkhawatirkan. Sedangkan faktor penyebab rusaknya karakter siswa di MI Brawijaya II Kabupaten Trowulan adalah dipengaruhi oleh guru dan orang tua, serta sistem pendidikan yang diberlakukan di madrasah.

Diterbitkan
2021-05-31
Bentuk Sitasi
rahayu, sumartini. (2021, May 31). PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN SISWA DI ERA MODERN SINERGI ORANG TUA DAN GURU DI MI BRAWIJAYA II TROWULAN. SCHOLASTICA: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 3(1). Retrieved from https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/scholastica/article/view/946
Section
Articles