Analisis Reward and Punishment dalam Motivasi Belajar Anak Kelompok B di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 1 Kota Sukabumi Tahun Ajaran 2021/2022

  • Dhea Puspitasari Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Indra Zultiar Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Asep Munajat Universitas Muhammadiyah Sukabumi
Kata kunci: Reward, Punishment, Motivasi Belajar

Abstrak

               

Abstrak:  Penelitian ini berkenan mengetanai pemberian reward dan punishment terhadap motivasi belajar. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui proses dan hasil pemberian reward dan punishment dalam memotivasi belajar anak kelompok B di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 1 Kota Sukabumi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan desain penelitian studi kasus yang dimana peneliti mengambil subyek penelitian yaitu, guru, kepala sekolah, dan orangtua siswa kelompok B dengan pengambilan sampel yaitu Purposive Sampling. Teknik pengambilan data dilakukan melalui wawancara dengan guru, kepala sekolah dan orangtua siswa, observasi kegiatan peserta didik saat pembelajaran serta dokumentasi hasil catatan perkembangan, hasil karya ataupun catatan anekdot peserta didik. Hasil dari penelitian ini adalah pemberian Reward dan Punishment di kelompok B. Pemberian reward dilakukan ketika anak melakukan menjawab pertanyaan dan mengerjakan tugas dengan baik. Sebaliknya pemberian punishment dilakukan jika anak tidak fokus saat belajar atau tidak mengerjakan tugas dengan baik. Bentuk reward yang diberikan yaitu reward verbal dan non verbal berupa acungan jempol, tepuk tangan, hebat, dan simbol bintang. Bentuk punishment yaitu punishment verbal saja berupa pemberian simbol bulan.

Referensi

Novitasari, A. (2019). Pemberian Reward and Punishment dalam Membentuk Karakter Disiplin Anak pada Sekolah Madrasah Ibtidaiyah. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 27–33. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2113
Sabartiningsih, M., Muzakki, J. A., & Durtam, D. (2018). Implementasi Pemberian Reward Dan Punishment Dalam Membentuk Karakter Disiplin Anak Usia Dini. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 4(1), 60. https://doi.org/10.24235/awlady.v4i1.2468
Sugiyono. (2012). Metode Kuantitatif Kualitatif dan R&D (17 ed.). Alfabeta.
Surat Al-Isra’ Ayat 7. (n.d.). tafsirq.com
Ulfa, N. Z., Adam, & Handayani, A. M. S. (2021). Penerapan Reward dan Punishment Terhadap Pelaksanaan Shalat Subuh Pada Anak di Yayasan Panti Asuhan At-Tanwir Kabupaten Toli-toli. Nosipakabelo: Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam, 2(02), 51–56. https://doi.org/10.24239/nosipakabelo.v2i02.838
Diterbitkan
2022-07-28
Bentuk Sitasi
Puspitasari, D., Zultiar, I., & Munajat, A. (2022, July 28). Analisis Reward and Punishment dalam Motivasi Belajar Anak Kelompok B di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 1 Kota Sukabumi Tahun Ajaran 2021/2022. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 8(2), 124-130. https://doi.org/https://doi.org/10.29062/seling.v8i2.1221
Section
Articles