Pengembangan Media Lift The Flap Book untuk Meningkatkan Kemampuan Konsep Penjumlahan 1-5 pada Anak Usia Dini

  • Armia Vidatul Zummiasa Universitas Negeri Surabaya
  • Mas’udah Mas’udah Universitas Negeri Surabaya
  • Sri Widayati Universitas Negeri Surabaya
  • Muhammad Reza Universitas Negeri Surabaya
Kata kunci: Lift the Flap Book, Media Pembelajaran, Konsep Penjumlahan 1-5

Abstrak

Konsep penjumlahan merupakan bagian dari aritmetika dasar dan merupakan pembelajaran yang harus dipelajari oleh semua orang karena berkaitan dengan pemecahan permasalahan dalam kehidupan seharihari. Penelitian R&D ini bertujuan untuk mengembangkan media lift the flap book sebagai media untuk meningkatkan kemampuan operasi hitung penjumlahan 1-5 pada anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini menggunakan model 4-D : (Define, Design, Development, Disseminate). Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar angket dan observasi. Uji coba penggunaan media buku lift flap dilakukan pada anak usa 5-6 tahun dengan mengunakan metode One Group Pretest-Posttest Design yang didalamnya terdapat tahap Pretest-Treatment–Posttetst dan hanya dilakukan pada satu kelompok. Media lift the flap book  layak digunakan sebagai media pembelajaran yang dibuktikan dengan hasil validasi ahli materi dan media dengan perolehan presentase keseluruhan 89% dan dikategorikan sangat layak. Kepraktisan media lift the flap book mendapatkan presentase sebesar 95% dan berada pada kategori sangat praktis digunakan sebagai media pembelajaran. Adapun keefektifan media buku ini diperoleh melalui ujicoba kepada anak usia 5-6 tahun dengan analisis data mengunakan uji Wilcoxon. Hasil uji Wilcoxon menunjukkan perolehan signifikasi adalah 0,000. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan media lift the flap book terhadap peningkatan kemampuan konsep penjumlahan 1-5 pada anak usia 5-6 tahun. Pengembangan media lift the flap book untuk anak usia dini selanjutnya diharapkan dapat menyesuaikan dengan kebutuhan, kondisi, dan karakteristik peserta didik, sehingga dapat menciptakan pengembangan media pembelajaran yang layak, efektif, efisien, dan dapat mendukung terlaksananya proses pembelajaran yang optimal.

Referensi

Ade Hasendra. (2019). Penggunaan Balok Angka Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Di Taman Kanak-Kanak Pertiwi Kota Jambi. 2(2), 1–19.
Ahmad susanto. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini Pengantar dalam Berbagai Aspeknya. Kencana Perdana Media Group.
Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Remaja Rosda Karya.
Aqib, Z. (2013). Model - Model,Media,dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Yrama Widya.
Asmianti, N., & Hidayah, A. N. (2019). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Media Karpet Geometri. Jurnal Riset Golden Age Paud Uho, 2(2), 167. https://doi.org/10.36709/jrga.v2i2.8367
Kemendikbud. (2014). Permendikbud 137-2014 Standar Nasional PAUD. PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN REPUBLIK INDONESIA, 10(1), 6. https://doi.org/10.33578/jpsbe.v10i1.7699
Khirawati, U. F. (2017). Peningkatan Kemampuan Operasi Hitung Penjumlahan Melalui Penggunaan Media Papan Flanel Pada Murid Tunagrahita Ringan Kelas Dasar Iii Di Slb Somba Opu Kabupaten Gowa.
Lalanlangi, I. W. (2020). Peningkatan Kemampuan Operasi Penjumlahan Melalui Penggunaan Batang Cuisenaire Pada Murid Tunagrahita Kelas III Di SLB Negeri 1 Gowa. 2507(February), 1–9.
Masudah, M. T. A. (2020). Pengaruh Media Papan Flanel Angka Terhadap Kemampuan Berhitung Permulaan Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Kemala Bhayangkari 76 Babat – Lamongan. Jurnal PAUD Teratai, 9(1), 176–179.
Nasrullah, A. C., & Reza, M. (2020). Pengembangan Buku Panduan Kegiatan Pembelajaran Mitigasi Bencana Kebakaran Pada Anak Usia 5-6 Tahun. PAUD Teratai, 09(01), 1–12. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/34329
Oey, F. W., Dwi Waluyanto, H., & Zacky, A. (2013). Perancangan Buku Interaktif Pengenalan dan Pelestarian Sugar Glider di Indonesia Bagi Anak 7-12 Tahun. Jurnal Desain Komunikasi Visual Adiwarna, 1(2), 85921. http://www.irishislez.com/zoo.html
Pasaribu, M., & Ginting, M. B. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Sea And Land Dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Buah Hati, 6(2), 153–164.
Rekysika, N. S., & Haryanto, H. (2019). Media Pembelajaran Ular Tangga Bilangan Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 10(1), 56–61. https://doi.org/10.17509/cd.v10i1.16000
Renaissance, T. P., Are, H., Made, T., Prizes, M., Resources, F., & Labels, C. (2018). Once Upon A Pop-Up. The University Of British Columbia.
Riduwan. (2013). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Alfabeta.
Sanaky, H. A. (2013). Media Pembelajaran Interaktif dan Inovatif. Kaukaba Dipantara.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitaif,Kualitatif dan R&D. In Alfabeta (19th ed., Issue 465). Alfabeta.
Sutarti, H. T., & Irawan, E. (2017). Kiat Sukses Meraih Hibah Penelitian Pengembangan (Mulyadi (ed.)). Deepublish.
Suwarto. (2017). Strategi pembelajaran operasi bilangan dengan benda konkrit. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(3), 285–294.
Ulya Ulfah, K. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Lift The Flap Book Untuk Menstimulasi Kesiapsiagaan Anank Usia Dini Dalam Menghadapi Bencana. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Anak Usia Dini, 6(2), 10–19.
Uniati, T., Tumardi, & Astutui, W. (2019). Penerapan Permainan Dakon Sebagai Upaya untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Penambahan dan Pengurangan Pada Anak TK Kelompok B. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 132–140.
Utami, R. P., & Setyowati, S. (2018). Pengaruh Bermain Playdough Merah Terhadap Kemampuan Mengenal lambang bilangan pada anak kelompok A TK Aratisari Surabaya. Jurnal Mahasiswa Universitas Negri Surabaya, 7(3), 1–7.
Widayati, S., Simatupang, N. D., Saroinsong, W. P., & Rusdiyanti, A. (2021). Pengembangan Media Stekpan Untuk Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 4(1), 8. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v4i1.698
Wijayanti, M. P., & Mas’udah. (2019). Pengaruh Media Kotak Pintar Terhadap Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan 1-10 Kelompok A di TK Bahrul Ulum Dukuh Menanggal V-B/21Surabaya.JurnalPAUDTeratai,08(02),1–6. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/29515
Diterbitkan
2023-01-05
Bentuk Sitasi
Zummiasa, A., Mas’udah, M., Widayati, S., & Reza, M. (2023, January 5). Pengembangan Media Lift The Flap Book untuk Meningkatkan Kemampuan Konsep Penjumlahan 1-5 pada Anak Usia Dini. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 9(1), 66-78. https://doi.org/https://doi.org/10.29062/seling.v9i1.1512
Section
Articles